Seperti Apa Pemanfaatan VSAT? ~ PT. Network Data Sistem

Perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi berkembang dengan sangat pesat. Pemanfaatan VSAT di dunia industri memang mempermudah koordinasi pekerjaan sehingga tercipta sebuah ekosistem yang lebih baik.

Penjelasan Singkat VSAT

Untuk memahami pemanfaatan VSAT kita perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. VSAT adalah kependekan dari Very Small Aperture Terminal yang merupakan terminal untuk menerima sekaligus mengirimkan seinyal ebrupa stasiun bumi satelit kecil yang memiliki ukuran diameter antara 0,9 hingga 3,8 meter yang digunakan untuk melakukan pengiriman data, gambar serta suara via satelit.

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan di awal tahun 1980 di Amerika Serikat. Teknologi ini sendiri masuk ke Indonesia pertama kali di tahun 1989 yang disertai dengan kemunculan bank-bank swasta yang membuthukan sistem komunikasi online seperti ATM atau (Automated Teller Machine).

Manfaat VSAT

Dengan teknologi yang semakin maju, komunikasi antar pulau di Indonesia akan menjadi semakin mudah, murah dan efisien. Mudah, karena tidak terhalangi lautan maupun topografi bumi. Murah, karena jauh atau dekat biayanya sama. Pemanfaatan untuk Internet dan ISDN (Integrated Services Digital Network) juga akan menjadi lebih optimal dan murah.

Kelebihannya dibandingkan saluran kabel, selain lebih murah biayanya, juga andal, dengan bandwidth lebar dan sistem transmisi paket data. Teknologi ini juga berfungsi sebagai substitusi atau pengganti line telepon dan gelombang mikro (microwave). Kemampuan dalam transfer data, suara dan video sangat bagus karena bandwidth yang lebar. Dengan memanfaatkan teknik kompresi yang baik, gambar dan suara semakin mudah ditransfer dengan biaya murah.

Teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah telekomunikasi di banyak industri dan bisnis. Bidang bisnis yang sangat membutuhkan antara lain perbankan (misalnya komputerisasi online), perusahaan pengeboran minyak, penerbangan, distribusi barang dan jasa, bisnis perkayuan dan lain-lain.

Bagaimana VSAT bekerja

Bagi masyarakat yang mempunyai TV satelit berlangganan, mungkin tidak asing dengan perangkat yang biasanya disediakan oleh operator TV berlangganan dan dipasang di perumahan.

 

Perangkat VSAT biasanya terdiri dari Outdoor Unit, yang biasanya terdiri dari piringan satelit dengan diameter kurang dari 1 meter serta perangkat penerima gelombang (BUC dan LNB), bagian kedua adalah koneksi antara Outdoor Unit dan Indoor Unit yang biasanya berupa kabel fiber atau kabel coaxial, serta bagian ketiga adalah Indoor Unit yang biasanya terdiri dari perangkat ethernet, modem, atau yang lainnya.

 

Secara umum, cara bekerjanya adalah dengan mengkonfigurasikan data melalui hub sebelum ditransmisikan ke satelit geospasial. Bagian satelit akan bekerja sebagai repeater frekuensi. Informasi yang diterima akan dikuatkan dan dikirimkan kembali dengan frekuensi yang lebih tinggi (retransmisi) kembali ke beberapa panel VSAT di Bumi, atau ke hub VSAT. Setelah informasi ditransmisikan, hub di bumi mengontrol seluruh operasi dari jaringan komunikasi tersebut.

Pembagian VSAT

Pembagian VSAT sendiri ada tiga yang dibedakan berdasarkan band spektrum, layanan, dan hardware.

Berdasarkan Band Spektrum

Untuk pemanfaatan VSAT bagian band spektrum sendiri juga dibagi menjadi dua yakni VSAT C-Band, dan VSAT Ku-Band.

  1. VSAT C-Band

VSAT C-band sendirei memiliki banyak kelebihan ketimbang VSAT Ku-band yang memiliki kehandalan dan ketahanan di perubahan cuaca dan service level agreement SLA yang cukup tinggi. Serta sering diterapkan dibidang perbankan, layanan darurat, dan ERP.

  1. KU-Band

VSAT jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang VSAT cband serta memiliki harga yang lebih terjangkau. Teknologi jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan internet rumahan, sekolah, kantor desa, klinik, usaha kecil menengah, dan berbagai jenis usaha lain.

Berdasarkan Layanan

Pemanfaatan VSAT berdasarkan layanan layanan juga dibagi menjadi VPN dan layanan internet.

VSAT VPN

VSAT VPN memberikan layanan yang digunakan untuk perkantoran atau situs sebuah organisasi yang terhubung lewat sebuah jaringan yang tertutup. VPN ini digunakan oleh perbankan, pemerintah ataupun institusi yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi.

VSA Internet

VSAT internet ini adalah layanan yang umum digunakan. Layanan ini memungkin daerah atau lokasi yang tidak terjangkau jaringan kabel, fiber ataupun seluler untuk mendapatkan layanan internet. Teknologi ini digunakan apabila lokasinya cukup jauh dari pusat Kota atau pusat sinyal.

Berdasarkan Hardware

Adalagi pemanfaatan VSAT yang dibedakan berdasarkan hardware yang dibagi menjadi dua antara lain:

MVSAT  (Mobile VSAT)

Perangkat merupakan inovasi VSAT terkini yang menggunakan sistem antena dengan fitur auto pointing yang dapat dipasangkan diatas kendaraan bergerak, salah satu contoh yakni kendaraan perbankan yang biasanya ada di lingkungan sekitar kita.

Tracking VSAT (auto track) 

VSAT jenis ini menjadi stasiun pemancar yang ada dibumi, dan sering kali posisi dimiliki oleh satelit tidak selalu berada di dalam kondisi stabil.

VSAT tracking ini akan selalu menyebaerkan sinyal yang sesuai dengan posisi satelit tersebut berada, sehingga koneksi internet akan selalu stabil.

Komponen VSAT, terdiri dari:

Komponen VSAT juga penting untuk kita dalam memahami pemanfaatan Teknologi ini. Komponen VSAT adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol seluruh sistem jaringan komunikasi yang ada.

Disebuah hub terdapat sebuah server Network management system atau NMS yang mengizinkan akses jaringan untuk memantau dan mengontrol jaringan komunikasi lewat integrase.

Unit Luar (Outdoor Unit (ODU)):

Radio Frequency Transmitter RFT yang perangkat ini merupakan perangkat yang dipasang di bingkai antena dan dihubungkan ke feedhorn secara internal.

  1. Low Noise Amplifier atau LNA berfungsi untuk memperkuat sinyal dari satelit via antena dengan noise yang cukup rendah dan bandwidth yang lebar.
  2. Solid State Power Amplifier (SSPA) berfungsi memperkuat daya sehingga dapat memancarkan sinyal pada jarak jauh.
  3. UP/Down Converter perangkat yang berfungsi untuk mengkonversi sinyal intermediate Frequensi atau IF.
  4. LNB (Low Noise Block) dapat menerima sinyal satelit yang lemat yang dikumpul pada titik fokus antena.
  5. BUC (Block Up Converter) berfungsi sebagai transmitter yang dapat dalam mengantarkan sinyal informasi ke satelit.

Unit Dalam (Indoor Unit (IDU)):

Komponen VSAT yang ada di dalam posisi indoor juga dikenal sebagai IDU, IDU ini merupakan modem atau modulator demodulator yang berfungsi sebagai:

  1. Merubah atau memodulasikan sinyal baseband ke sinyal IF dan sebaliknya merubah sinyal IF ke sinyal baseband.
  2. Mampu menjalankan fungsi error correction dengan proses pengkodean yang disesuaikan.
  3. Menyediakan antarmuka DCE dan DTE yang menggunakan interface data standar misalnya V.35, RS232.

Bentuk Bentuk Konfigurasi VSAT

Pemilihan topologi/konfigurasi didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan berikut:

struktur aliran informasi di dalam jaringan

kualitas link dan kapasitas yang diperlukan

delay transmisi

VSAT Point-to-Point

VSAT Point-to-Point menggunakan teknologi Single Channel per Carrier. Konfigurasi ini umumnya digunakan untuk aplikasi yang menggunakan kanal yang relatif besar dan transmission delay yang relatif kecil. SCPC biasa digunakan sebagai backbone pada komunikasi antar kantor pusat dan pabrik atau kantor cabang besar. Di samping untuk data komunikasi juga digunakan untuk saluran telepon. Contoh penggunaan konfigurasi ini adalah backbone pada jaringan selular, perusahaan minyak, pertambangan dan lain lain.

VSAT Point-to-Multipoint

VSAT Point-to-Multipoint menggunakan teknologi TDM/TDMA. Teknologi ini pada umumnya digunakan pada korporasi yang mempunyai data center terpusat, dengan karakteristik aplikasi mempunyai outbound data yang besar (dari Kantor Pusat) dan inbound data yang kecil. Pengiriman data harus melalui Hub atau stasiun pusat pengendali. Contoh pengguna teknologi ini adalah perbankan, pemerintah, perusahaan pembiayaan, kantor pos dan lain-lain.

Konfigurasi Mesh

Konfigurasi Mesh menggunakan teknologi DAMA/TDMA. Konfigurasi ini memungkinkan komunikasi secara langsung dari satu titik ke titik lainnya. Digunakan untuk telephony dan saluran data.

Konfigurasi STAR

Konfigurasi STAR merupakan pengembangan dari teknologi TDM/TDMA dengan outbound channel yang mencapai 40 Mbps. Aplikasinya membutuhkan bandwidth besar yaitu asimetrikal. Teknologi andal dan mampu mengurangi waktu keterlambatan pengiriman. Biasa digunakan untuk Internet.

Aplikasi Apa Saja yang Dapat Menggunakan VSAT ?

Pemanfaatan VSAT dapat diaplikasikan dalam beberapa aplikasi yang bermanfaat diberbagai bidang khususnya industri yang membutuhkan teknologi komunikasi dan konektivitas internet. Adapun berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan pemanfaatan VSAT :

Kelebihan VSAT

Kelebihan Teknologi ini dalam dunia industri memang sangat beragam antara lain.

Infrastruktur Instran

Teknologi ini sendiri mudah diimplementasikan, dengan investasi biaya yang rendah, biaya operasional per unit yang rendah serta memungkinkan penyediaan layanan VSAT untuk menawarkan tarif yang terjangkau.

Manajemen Jaringan Mudah

Teknologi ini memudahkan manajemen jaringan dengan mudah. Apabila situs baru perlu ditambahkan atau situs yang harus dipindahkan, pemasangan akan dilakukan secara mandiri sehingga mampu mengurangi terjadinya kesalahan ataupun penundaan.

Akses System Recovery

Dengan teknologi yang memiliki arsitektur yang dapat diandalkan untuk membangun jaringan pemulihan. Hal ini juga dapat membuat solusi pemulihan segera tersedia apabila jaringan terestrial terjadi kelumpuhan.

Cakupan Luas

Pemanfaatan teknologi ini dapat mencakup satelit yang luas untuk mengurangi biaya jaringan yang mahal, hal ini memungkinkan transmisi informasi digital menjadi lebih efektif baik dalam segi biaya maupun sistem yang lebih kuat.

Keamanan

Pemanfaat teknologi ini juga berpengaruh ke sistem keamanan di jaringan pribadi. Jenis teknologi ini berjenis VPN yang menumbuhkan komunikasi yang aman.

Biaya Terjangkau

Biaya yang terjangkau ini juga berpengaruh akibat biaya overhead minimal untuk jaringan provider. Arsitektur VSAT memungkinkan penyedia layanan internet menyajikan konten yang sama ke ribuan lokasi dengan berbeda tanpa investasi dalam infrastruktur tambahan.

Pemanfaatan VSAT

Dalam pemanfaatan VSAT dapat diimplementasikan di berbagai bidang misalnya untuk bidang perkebunan, pertambangan, Perusahaan Minyak dan Gas. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

VSAT pada Perusahaan Perkebunan

Pemanfaatan teknologi ini dalam bidang perkebunan juga dapat memajukan perekonomian nasional. Misalnya saja di bidang perkebunan kelapa sawit. Berdasarkan data dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bahwa produksi kelapa sawit per bulan Mei tahun 2020 mencapai 4.24 juta ton.

Dengan peningkatan produksi kelapa sawit ini juga didukung oleh sarana dan infrastruktur yang berteknologi tinggi yang mumpuni. 

Memperlancar komunikasi di wilayah terpencil

Komunikasi di Indonesia saat ini menggunakan koneksi terestrial. Koneksi ini mengandalkan 3G, 4G, dan 5G dengan menggunakan jaringan fiber optik yang didistribusikan sinyal kepada para penggunanya. Namun begitu koneksi ini masih hanya terjangkau di beberap wilayah saja seperti di perkotaan besar atau daerah khusus Indonesia. 

Biasanya perusahaan perkebunan terletak di daerah yang sedikit terpencil misalnya di daerah perbukitan ataupun perkebunan yang membutuhkan jaringan yang dapat menjangkaunya. Maka dari itu layanan IP VSAT dengan broadband satelit DVB-S dalam hal ini dapat memperlancar komunikasi.

Dapat diandalkan untuk monitoring

Tidak hanya masalah komunikasi antar kantor cabang dan karyawan, namun teknologi ini juga dapat dapat digunakan untuk memonitoring perusahaan. Semua pengecekan lewat mobile phone akan membuatnya menjadi lebih praktis menggunakan VSAT.

Membantu dalam hal pengembangan

Pemanfaatan VSAT juga dapat meningkatkan performa dan pengembangan perusahaan perkebunan.

Contohnya perusahaan menggunakan aplikasi ERP atau Enterprise Resources Planning untuk membantu perusahaan, khususnya untuk integrasi proses bisnis antara lain untuk membuat laporan keuangan, laporan sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

VSAT pada Perusahaan Pertambangan

Adapun pemanfaatan VSAT juga dapat dilakukan di bidang pertambangan. Berikut ini adalah berbagai manfaat teknologi ini dibidang pertambangan:

Eksplorasi

Eksplorasi merupakan salah satu tahap yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan. Kegiatan ini harus dilakukan untuk mengetahui geometri, posisi, kualitas serta kuantitas dari endapan. Tujuannya yakni untuk melakukan evaluasi terhadap endapan yang ditemukan.

Teknologi ini bermanfaat untuk menydiakan sistem telekomunikasi yang dibutuhkan. Apalagi lokasi-lokasi penambangan sangat mungkin kesulitan untuk menangkap sinyal internet. Teknologi ini digunakan sebagai sarana telekomunikasi yang dapat diandalkan di daerah pertambangan.

Komunikasi

Teknologi ini juga dapat memberikan sarana komunikasi serta jaringan yang mandiri yang mana dapat menghubungkan berbagai lokasi yang terpisah jarak jauh yang mana membuat dampak besar bagi kelancaran tahapan-tahapan yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan.

VSAT mampu memberikan layanan akses komunikasi digital dengan bir rate yang cukup untuk memenuhi kebutuhan perusahaan pertambangan komunikasi yang memadai.

Keamanan dan pemantauan

Salam proses penambangan keamanan adalah salah satu hal yang sangat penting yang perlu di lakukan. Apalagi jika kita lihat lokasi pertambangan cukup berbahaya. Dengan adana teknologi ini maka komunikasi point to multipoint pia lebar dapat bermanfaat dalam proses pertambangan.

Selain keamanan, pemantauan juga merupakan hal yang sangat penting dalam proses penambangan. Pemantauan dengan teknologi ini maka komunikasi dan pengecekan proses penambangan menjadi lancar.

Pemanfaatan VSAT pada Perusahaan Minyak dan Gas

Pemanfaatan teknologi ini pada perusahaan minyak dan gas yang mana dapat memberikan kelancaran dalam komunikasi dan transmisi informasi data melalui satelit.

Dengan memanfaatkan teknologi ini untuk perusahaan minyak dan gas memenuhi kebutuhan konektivitas yang memadai, termasuk melakukan pengiriman data dengan pusat atau antar cabang.

Teknologi ini juga menawarkan keamanan dan privasi yang sangat baik. Apalagi perusahaan minyak dan gas biasanya terletak di daerah terpencil yang membuat peran teknologi ini sangatlah penting. Yang mana dapat mengirimkan informasi ke pekerja yang ada dilapangan dengan lebih aman.

VSAT pada pemerintahan

Pemanfaatan VSAT untuk pemerintahan meliputi :

Dipermudahkan komunikasi antar kantor dan cabang pemerintah. Pemerintahan pastinya memiliki kantor yang sangat banyak serta memerlukan komunikasi yang tepat. Dengan begitu teknologi ini, yang mana komunikasi antar kantor cabang yang berjauhan hingga berbeda Kota bahkan pulau dengan mudah.

Menjaga kestabilan komunikasi. Dengan layanan ini sangat penting untuk memerlukan untuk frekuensi yang sama yang dapat menyediakan dedicated bandwidth VSAT dapat memberikan layanan komunikasi yang baik dan memberikan jaringan komunikasi yang stabil, lancar, dan aman.

Leave a comment

Your email address will not be published.