Pernah Dengar Smart Office Building? Berikut Penjelasannya! ~ PT. Network Data Sistem

Smart Office Building – Smart Office atau bahasa Indonesianya kantor cerdas merupakan teknlogi modern yang sangat membantu aktivitas operasional kantor.

Banyak perusahaan besar yang sudah memulai menerapkan Smart Office ini untuk menyambut era digitalisasi saat ini. Aktivitas manusia terutama dalam hal bekerja sudah terintegrasi berbagai macam media elektronik, serta kebutuhan dari jaringan internet.

Sehingga ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan secara online yang dapat dilakukan menggunakan perangkat modern seperti sistem aplikasi secara terpusat. 

Smart Office atau kantor pintar adalah gabungan antara teknologi cerdas dan Internet of Things yang diimplementasikan pada lingkungan kerja.

Smart Office hingga saat ini semakin berkembang dengan fase yang cukup cepat. Smart Office biasanya mencakup rangkaian teknologi gedung, keamanan, ruang meeting, front desk, dan berbagai teknologi office lainnya.

Untuk pemahaman lebih dalam seputar Smart Office maka dari itu di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam apa sih itu Smart Office, apa saja peralatan pendukung Smart Office dan apa manfaat dari Smart Office berikut ini.

Internet Of Things

Smart Office cukup erat kaitannya dengan Internet of Things, selama beberapa tahun belakangan IoT di era transformasi digital saat ini sangat dibutuhkan oleh bisnis di sektor industri.

Semakin banyak bisnis dapat berevolusi dengan sukses yang mana menciptakan inovasi dan layanan canggih serta teknologi yang terintegrasi dan cerdas.

Internet of Things ini merupakan teknologi yuang memungkinkan satu objek dapat mengirimkan data lewat koneksi tanpa bantuan komputer dan manusia.

Sejarah IoT ini disebut pertama kali oleh seorang ahli di bidang IT asal Inggris Kevin Ashtone yang mengartikan teknologi sebagai mata dan telinga dari komputer.

Menariknya IoT sebelumnya sudah disebut oleh John Romkey yang telah pertama kali lebih dulu menciptakan sebuah perangkat pintar IoT pertama di dunia pada tahun 1990.

Perangkat IoT pertama yang dibuat adalah alat pemanggang roti yang dapat dioperasikan lewat komputer milik Romkey.

Unsur – Unsur Internet Of Things

Adapun beberapa unsur-unsur komponen teknologi pendukung yang IoT untuk dapat bekerja secara maksimal berikut ini.

Artificial Intelligence

Artificial intelligence atau kecerdasaran buatan adalah salah satu komponen yang paling penting dalam IoT.

Dengan menggunakan AI maka perangkat dapat berkomunikasi secara pintar atau otomatis sesuai dengan program yang dibuat. Maka setiap perangkat IoT tentu akan di bekali AI yang akan dilaukan kemampuan analisis yang lebih kompleks, seperti mengatur jaringan, mengirim data, mengembangkan algoritma yang sudah dibuat.

Dengan AI maka memungkinkan IoT untuk dapat bekerja secara otomatis dan mandiri tanpa banyak pengaturan atau instruksi dari pengguna.

Konektivitas

Konektivitas dalam IoT juga sangat mendukung aktivitas IoT untuk dapat membantu perangkat untuk saling berkomunikasi secara lancar.

Konektivitas juga perlu sejati harus berjalan stabil namun tidak perlu menggunakan load yang ukurannya besar.

Perangkat Ukuran Kecil

Perangkat mikro atau perangkat ukuran kecil dapat meningkatkan fleksibilitas performa IoT, ketepatan, dan skalabilitas.

Dan juga dengan perangkat mikro mampu memangkas biaya pembuatan perangkat yang semakin murah.

Dengan ukuran perangkat yang kecil maka akan mudah untuk digunakan serta meringankan beban perangkat yang tidak terlalu berat.

Sensor

Unsur IoT yang terakhir yakni sensor, sensor mampu mengubah perangkat IoT yang tadinya menggunakan sistem pasif menjadi sistem aktif dan dapat terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

Contoh Internet Of Things

IoT sudah banyak diterapkan di kehidupan kita, diantaranya mungkin tidak kita sadari penggunaannya yang sangat membantu akvitias sehari-hari, berikut ulasannya.

Transportasi

IoT dalam bidang transformasi contohnya adalah kendaraan otonomos. Pengguna dapat menjalankan kendaraannya khususnya mobil tanpa memegang stir alias otomatis. 

Adapun contoh kendaraan otonomos yang terkenal saat ini adalah Tesla milik Elon Musk yang terkenal akan kendaranya yang otomatis. Di mobil Tesla, Anda akan menemukan sebuah fitur auto pilot yang membantu Anda dalam menyetir secara otomatis menggunakan AI. 

Namun begitu teknologi ini masih terbilang sangat baru sehingga masih banyak kekurangan-kekurangan yang akan diperbaharui.

Bidang Energi

Dalam bidang energi IoT mampu mengendalikan polusi, pemborosan sumber daya, masih banyak lagi.

Contoh IoT dibidang energi dapat menciptakan sensor cahaya yang dapat mengurangi penggunaan energi listrik. Selain itu IoT juga mampu melakukan penjadwalan di perangkat smart home seperti mesin cuci, TV, kulkas, dan microwave.

Bidang Kesehatan

Industri kesehatan adalah salah satu bidang yang sangat cocok untuk menerapkan IoT. Inovasi IoT di bidang kesehatan dapat diterpkan untuk mendukung proses pengobatan pasien agar dapat berjalan dengan aman dan efektif, contohnya dalam pengukuran kadar gula dalam darah, pengecekan detak jantung, dapat melakukan MRI, bahkan pembedahan.

Lingkungan Umum

IoT juga sering dilakukan dalam lingkungan umum, khususnya dalam memonitor dan mengelola lingkungan sekitar secara realtime, seperti memantau trafik lalu lintas, banjir, kondisi debit air di waduk, memantau kondisi laut untuk mitigasi bencana ke pelaut dan nelayan.

Manfaat Internet Of Things

Adapun tiga manfaat Internet of Things yang dapat kita manfaatkan di kehidupan sehari-hari antara lain:

Memudahkan Proses Konektivitas

IoT memiliki manfaat untuk memudahkan proses konektivitas agar menjadi lebih mudah. Dengan koneksi antar jaringan yang berjalan, maka sistem IoT akan lebih efektif serta bekerja lebih cepat.

Ketercapaian Efisiensi

IoT juga dapat meningkatkan efisiensi kerja dan aktivitas sehari-hari, yang mana banyaknya jenis koneksi yang diciptakan maka semakin sedikit jumlah waktu yang menyelesaikan pekerjaan. Dengan IoT maka dapat meningkatkan efisiensi kegiatan Anda.

Meningkatkan Efektivitas Monitoring Kegiatan

IoT juga dapat membantu Anda dalam mengontrol serta memonitor semua kegiatan agar menjadi lebih mudah. IoT sangat direkomendasikan alternatif kegiatan atau pekerjaan yang menjadi lebih mudah.

Smart Office Building

Membuat kantor dengan berbagai fitur yang cerdas memang sangat menguntungkan. Inilah yang dinamakan dengan smart office building. Dengan adanya smart office ini, tentunya berbagai pekerjaan yang ada di kantor menjadi lebih mudah dan juga bisa terkontrol secara real time. Mungkin masih banyak yang bingung dengan mengapa sekarang ini smart office atau smart building menjadi sebuah hal yang sangat bermanfaat.

Teknologi pintar semakin banyak digunakan di semua bidang untuk meningkatkan kehidupan kita. Internet of Things (IoT) merevolusi cara kita hidup dan bekerja. Smart office atau kantor pintar menggabungkan perangkat cerdas dan solusi konektivitas untuk meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan manajemen ruang.

Apa Itu Smart Office

Apa itu smart office? Ini adalah tempat kerja berteknologi tinggi yang menggunakan analitik dan teknologi terhubung untuk membantu orang bekerja lebih efisien dan produktif. Di smart office, analitik digunakan untuk memahami bagaimana lingkungan dapat melayani orang-orangnya dengan baik dan menginformasikan proses kerja yang lebih baik. Teknologi terhubung digunakan untuk memungkinkan konektivitas dan kolaborasi antara individu dan tim di kantor dan jarak jauh.

Smart office memanfaatkan berbagai teknologi dan alat yang berbeda. Ini membantu mendukung proses kerja yang lebih produktif, lancar, dan otomatis. Alat yang digunakan di smart orffice building dapat mencakup perangkat lunak konferensi video, perangkat lunak ruang rapat, perangkat lunak reservasi meja, alat perangkat keras, dan alat analitik, memberikan wawasan tentang bagaimana berbagai ruang digunakan.

Fungsi Smart Office

Untuk sekarang ini masih ada banyak manfaat dan juga fungsi untuk menerapkan teknologi pintar dalam lingkungan kantor. Pertama, membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas di antara staff. Ini karena itu membuat tugas jauh lebih mudah. Ini juga dapat membantu mengotomatiskan banyak proses, membebaskan orang untuk mengerjakan tugas yang bernilai lebih tinggi daripada tugas yang berulang dan kasar.

Ini, pada gilirannya, memungkinkan orang-orang di dalam ruang kerja untuk mencapai tujuan profesional mereka lebih cepat dan fokus pada pengembangan keterampilan tingkat yang lebih tinggi, yang cocok untuk organisasi dan individu yang bekerja di dalamnya.

Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah beberapa fungsi dan juga manfaat dari smart office:

Meningkatkan Hubungan

Seperti yang sudah disinggung diatas, salah satu manfaat dari smart office adalah untuk meningkatkan hubungan. Hubungan yang dimaksud adalah hubungan pekerjaan antara pekerja satu dengan pekerja lain. Dengan adanya manfaat ini, maka pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan juga bisa dikerjakan secara bersamaan walaupun ada salah satu yang WFH (Work From Home) secara real time.

Meningkatkan Produktivitas

Yang selanjutnya, masih berkaitan dengan fungsi dan manfaat smart office adalah untuk peningkatan produktivitas. Pekerja yang bisa terhubung satu sama lain dengan mudah akan dapat meningkatkan produktivitas pekerjaannya. Entah itu pekerjaan yang lebih mudah karena koneksi internet yang cepat, transfer data yang mudah, dan masih banyak hal lainnya yang dapat meningkatkan pengalaman bekerja yang nyaman dan juga cepat.

Keamanan yang Terjamin

Alasan ini karena perangkat keamanan seperti sensor WiFi dan kamera keamanan dapat digabungkan. Data dari ini mudah diakses secara real-time bagi mereka yang membutuhkannya. Selain itu, solusi berbasis cloud dapat membantu meningkatkan keamanan dan kepatuhan di tempat kerja karena dikelola oleh perusahaan spesialis yang berinvestasi besar dalam keamanan.

Memberikan Kenyaman yang Lebih

Terakhir adalah berbicara tentang kenyaman. Smart office dapat membuat ruang lebih dapat disesuaikan dan nyaman. Ini karena teknologi pintar dapat memungkinkan staff untuk mengontrol aspek lingkungan kerja mereka, seperti kontrol suhu dan pemesanan ruang kerja tingkat lanjut.

Macam Opsi di Smart Office

Berbicara tentang smart office, sebenarnya ada berapa opsi untuk bisa membuat kantor yang Anda kelola atau ruangan kerja yang Anda kelola bisa dikatakan sebagai smart office? Berikut ini beberapa macam opsi di smart office yang sekiranya bisa menjadikan kantor Anda lebih terstruktur.

Modern Video Monitoring

Monitor video modern memiliki tampilan sudut lebar, kemampuan cahaya rendah, dan fitur zoom yang mengesankan. Mereka juga memungkinkan pengguna memantau beberapa lokasi sekaligus dengan tampilan layar terpisah dan akses dari ponsel pintar atau desktop pengguna. Gambar biasanya disimpan di cloud dan dapat diunduh ke desktop kapan pun diperlukan. Mereka mudah untuk mencari berdasarkan tanggal dan waktu.

Indoor Maps

Pemetaan dalam ruangan atau indoor maps menggabungkan data GIS (Geographic Information System) dengan visualisasi 3D untuk membantu perusahaan memberikan pengalaman penghuni terbaik bagi karyawan, pengunjung, dan pelanggan, sambil mengelola sumber daya semaksimal mungkin.

Voice Control

Sistem smart office dengan menggunakan voice control memungkinkan pengguna untuk mengontrol peralatan kantorseperti lampu, AC, CCTV, dll. melalui aplikasi smartphone, halaman web, dan panel kontrol.

Smart Desk

Smart desk dapat dicari dan dipesan melalui platform pemesanan online. Ini adalah harus dimiliki untuk kantor dengan meja berbagi, meja panas, dan meja hotelling. Sistem pemesanan smart desk tidak hanya membantu karyawan menemukan meja terbuka untuk hari itu, tetapi juga melacak siapa yang telah memesan setiap ruang, sehingga karyawan yang berada di dalam gedung dapat dengan mudah melacak rekan kerja (atau tidak, tergantung pada privasi mereka. mode).

Contoh Smart Office Building

Apakah Anda berminat untuk membuat kantor Anda bisa menjadi “Smart Office”? dan apakah sudah ada kantor yang menggunakan teknologi smart office yang sudah sangat terkenal dan juga sukses?

Beberapa contoh smart office building ini bisa dijamin sangat bisa menjadikan motivasi Anda untuk membuat smart office Anda sendiri.

The Bullitt Center | Seattle, Washington

Bullitt Center adalah gedung perkantoran komersial di persimpangan lingkungan Distrik Pusat, dan Capitol Hill, Seattle, Washington.

smart office building

Secara resmi dibuka pada Hari Bumi, 22 April 2013. Bullitt Center dirancang untuk menjadi bangunan komersial terhijau di dunia, dan disertifikasi sebagai “Living Building” oleh International Living Future Institute pada April 2015.

RBC Waterpark Place | Toronto, Canada

Kantor Waterpark Place III sangat modern. Ini telah menerima peringkat LEED Core dan Shell Platinum. Bangunan ini memiliki dua lantai yang didedikasikan untuk ritel dan makan kelas atas. Pusat ini dilengkapi dengan perabotan modern dan WiFi berkecepatan tinggi. Ruang kerja Anda siap digunakan sejak hari pertama.

smart office building

Pusat bisnis Waterpark Place terletak di 88 Queens Quay West. Pusat kantornya ada di lantai 25 memberi Anda ruang kerja di salah satu area paling bergengsi di Toronto.

The Crystal | London, United Kingdom

The Crystal adalah bangunan yang sangat modern dan tempat acara yang unik. Crystal menetapkan tolok ukur untuk desain bangunan modern, mencapai akreditasi BREEAM Luar Biasa dan akreditasi Platinum LEED, yaitu merupakan standar paling ketat untuk desain berkelanjutan.

smart office building

 

Crystal membentuk pintu gerbang ke Royal Docks, tepi laut yang unik dan rumah yang berkembang untuk bisnis dan budaya di Newham, London Timur.

Intel SRR3 | Bengaluru, India

Intel Technology India Pvt. Ltd. baru-baru ini menyelesaikan pembangunan Sarjapur Ring Road Building 3 (SRR3) Intel, gedung perkantoran baru di Bangalore, India. SRR3, terletak di kampus Intel yang ada dengan lebih dari 3.500 karyawan Intel, adalah salah satu gedung perkantoran paling unik di situs Intel.

Smart office dan efisien yang sekarang disertifikasi LEED Platinum untuk konstruksi baru ini dirancang dan dibangun dengan bantuan tim Intel kecil yang berdedikasi.

The Edge | Amsterdam, The Netherlands

Terletak di pusat kawasan bisnis Zuidas Amsterdam, The Edge adalah gedung perkantoran yang membuka diri ke kota dengan atrium 15 lantainya.

Atrium bertindak sebagai jendela antara dunia kerja dan dunia luar, serta menyediakan jantung sosial untuk bangunan, dan berfungsi sebagai penyangga lingkungan untuk mengurangi penggunaan energi.

Leave a comment

Your email address will not be published.