Pernah Dengar Internet Of Things? Berikut Adalah Beberapa Manfaat IoT ~ PT. Network Data Sistem

Perkembangan jaman sekarang ini memang terbilang sangat massive. Perubahan tata cara kehidupan manusia sekarang ini juga sangat berbeda mungkin dibandinkan 10 atau 5 tahun yang lalu sudah berbeda. Apa penyebabnya? Tentu karena adanya teknologi, apalagi yang namanya internet yang bahkan bisa dikatakan setiap tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya adalah Internet of Things atau IoT dengan banyak sekali manfaat IoT.

Membahas tentang IoT memang tidak akan ada habisnya. Bahkan kecerdasan internet yang bisa membantu pekerjaan manusia ini akan semakin lama semakin berkembang dan berguna sekali dalam membantu aktivitas sehari-hari kita.

Perubahan Teknologi di Kehidupan Manusia

Membahas tentang IoT memang termasuk sangat perlu Anda mengehtahui jika perubahan teknologi di kehidupan manusia sekarang ini sangatlah pesat. Bayangkan saja seperti Anda yang mungkin mengalami jaman dimana Anda jika mencari informasi untuk tugas sekolah harus dengan buku, namun sekarang? Anda bisa menemukannya di internet.

Sangat banyak memang perubahan teknologi di kehidupan manusia di berbagai bidang, diantaranya adalah seperti sosial, Pendidikan, ekonomi dan bisnis, pertanian, bahkan kesehatan.

Bidang Perubahan Teknologi

Seperti yang sudah disinggung tadi, terdapat berbagai bidang yang terdampak positif dalam perubahan teknologi. Tak bisa dipungkiri memang perkembangan jaman harus bisa diterima dan juga harus bisa mengikutinya.

Berikut ini adalah berbagai bidang yang terdampak positif untuk perubahan teknologi:

Sosial

Untuk saat ini, teknologi memiliki beberapa dampak yang kurang diinginkan pada masyarakat secara keseluruhan, ada kemungkinan lebih banyak dampak positif pada masyarakat daripada dampak negatif. Dampak seperti itu telah membuat hidup lebih mudah bagi banyak orang, dan telah memberi banyak orang sumber daya, pendidikan, dan alat yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. 

Dampak tersebut sangat mempengaruhi sektor pertanian, transportasi, komunikasi, dan pendidikan dalam masyarakat secara global.

Pendidikan

Di dunia modern, semudah menggunakan pencarian Google, podcast, atau video YouTube untuk mempelajari hampir semua keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk berhasil, apakah itu bahasa baru, bahasa pemrograman, keterampilan teknis, atau bagian yang tidak jelas. sejarah. 

Berbeda dengan harus belajar dari buku kertas cetak, sekarang ebooks dan bahkan seminar online memungkinkan orang untuk belajar dengan cara yang lebih cepat, lebih efisien, dan dengan kenyamanan sistem/aplikasi komputer seluler. 

Ekonomi dan Bisnis

Kita hidup di masa inovasi teknologi yang menarik. Teknologi digital mendorong perubahan transformatif. Paradigma ekonomi sedang bergeser. Teknologi baru membentuk kembali produk dan pasar faktor dan sangat mengubah bisnis dan pekerjaan. Kemajuan terbaru dalam kecerdasan buatan dan inovasi terkait memperluas batas revolusi digital.

Tidak heran jika sekarang ini menghasilkan uang menjadi lebih mudah ketika ada teknologi, seperti Anda yang bisa menjual makanan yang Anda buat di rumah yang pemasarannya bisa di internet.

Pertanian

Praktek pertanian kuno telah melihat perubahan radikal dengan mekanisasi pertanian. Mekanisasi seperti itu berarti bahwa mesin dan sistem teknologi (termasuk robot) telah menggantikan sistem pertanian kuno seperti hewan pekerja dan tenaga kerja manual. Ini telah menghasilkan praktik pertanian yang lebih otomatis dan sangat efisien, menghasilkan sumber makanan yang jauh lebih berlimpah untuk lebih banyak orang.

Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, tentunya ini sangat membantu. Dengan kemajuan teknologi perawatan kesehatan digital, seperti AI, pencetakan 3D, VR/AR, nanoteknologi, dan robotika, masa depan kedokteran mulai terbentuk di depan mata kita. 

Kita harus terbiasa dengan kreasi terbaru untuk mengelola penguasaan teknologi, bukan sebaliknya. Masa depan kedokteran terletak pada kerja sama dengan teknologi dan dokter untuk merangkul perubahan dalam dunia perawatan kesehatan, memungkinkan kita untuk tetap relevan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Tahapan Perubahan Teknologi

Perubahan teknologi adalah perubahan proses produksi yang mengakibatkan peningkatan output. Ini melibatkan tiga tahap Penemuan, Inovasi, Difusi. Ketiga tahapan ini adalah tahapan yang harus urut, jika salah satu terhenti saja tidak akan ada yang namanya perubahan teknologi.

Berikut ini adalah penjelasan dari tahap perubahan teknologi yang perlu Anda ketahui:

Invensi

Penemuan atau invensi adalah tindakan menciptakan teknologi baru. Ini melibatkan ide ilmiah atau teknis baru, dan sarana perwujudan atau pencapaiannya. Agar dapat dipatenkan, sebuah penemuan harus baru dan memiliki kegunaan.

Inovasi

Setelah penemuan, tentunya jika ingin berkembang teknologi tersebut dan tetap eksis adalah dengan melakukan inovasi. 

Inovasi adalah sebagai ide, perilaku, atau produk yang tampak baru bagi calon pengadopsinya. Ada lima atribut utama dari teknologi inovatif: Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Trialability, dan Observability.

  • Keunggulan relatif berarti produk atau perilaku dianggap lebih baik daripada alternatif oleh orang yang mengadopsi inovasi. Lebih baik dapat berarti banyak hal yang berbeda. Ini bisa berupa perangkat yang dapat mengupas kentang lebih cepat sehingga menghemat waktu atau sabuk pengaman yang menawarkan keuntungan keamanan yang lebih besar.
  • Kompatibilitas mengacu pada bagaimana inovasi sejalan dengan gaya hidup pengadopsi.
  • Kompleksitas adalah seberapa mudah atau sulitnya inovasi untuk dipahami. Semakin mudah suatu inovasi untuk dipahami dan digunakan, semakin besar kemungkinan untuk diadopsi. Inovasi kompleks menghadapi tantangan tambahan untuk pengadopsian arus utama.
  • Trialability mengacu pada proses pengujian inovasi untuk melihat apakah, atau seberapa baik, itu bekerja. Pengujian ekstensif biasanya terjadi sebelum suatu inovasi diadopsi atau dibawa ke pasar.
  • Observability melibatkan melihat produk atau perilaku dalam tindakan. Hal ini dapat menunjukkan bagaimana hal itu dapat digunakan. Lebih mudah untuk mendapatkan pengadopsi potensial untuk hanya mengamati produk mahal seperti mobil daripada mendapatkan semuanya dalam satu untuk test drive.

Selain itu, semakin banyak orang di sekitar Anda yang Anda lihat menggunakan suatu produk, semakin besar kemungkinan Anda ingin membeli produk itu juga.

Difusi

Selanjutnya adalah difusi yang berkaitan dengan penyebaran teknologi ke seluruh masyarakat atau industri. Ini adalah proses di mana ide, produk, atau perilaku baru diterima oleh pasar. Difusi teknologi berarti penyebaran penggunaan/aplikasi teknologi baru dari pengguna saat ini kepada pengguna lain.

Teori difusi inovasi, yang diperkenalkan oleh Everett Rogers, menjelaskan bagaimana kelompok orang yang berbeda mengadopsi inovasi dengan cara yang berbeda, agar sesuai dengan kebutuhan atau keinginan mereka sendiri.

Beberapa Dampak Positif Perubahan Teknologi

Perubahan teknologi membawa berbagai dampak positif yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari manusia. Berbagai sektor sudah merasakan dampak positif dari perubahan teknologi, diantaranya adalah sebagai berikut:

Serba Mudah

Perubahan teknologi membuat semua hal terasa lebih mudah. Sementara sebagian besar teknologi telah dibuat untuk meningkatkan operasi perusahaan, itu juga menguntungkan individu. Di luar bisnis, teknologi telah membuat hidup kita lebih sederhana dalam banyak hal, termasuk:

  • Peningkatan transportasi
  • Penghapusan tugas-tugas rutin, misalnya, mesin cuci dan mesin pencuci piring
  • Konektivitas yang lebih baik berkat Internet of Things. Saat ini, Anda dapat menghubungkan hampir semua perangkat di rumah ke satu perangkat dan mengontrolnya di mana pun Anda berada.
  • Manajemen waktu yang lebih baik berkat aplikasi produktivitas.
  • Peningkatan kesehatan berkat akses mudah ke rutinitas kebugaran, perangkat biometrik, dan perangkat lunak manajemen diet.
  • Komunikasi yang lebih mudah dan lebih murah dengan teman dan keluarga.
  • Peningkatan kesempatan kerja karena pengenalan kerja jarak jauh.

Meningkatkan Geliat Ekonomi

Geliat ekonomi semakin maju dengan adanya teknologi. Perekonomian menjadi lebih baik dengan adanya perubahan teknologi. Tentunya ini menjadi salah satu hal yang sangat sering dirasakan jika Anda memang menggunakan teknologi untuk peningkatan ekonomi pribadi Anda.

Misalnya saja, Anda sekarang ini bisa bekerja di dunia digital creative tentunya dengan adanya bantuan dari perubahan teknologi bukan? Dengan bantuan internet, teknologi seperti komputer yang semakin cerdas, software yang semakin menunjang pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Semakin Efektif dan Efisien

Semua hal bisa dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Ini adalah salah satu dampak yang sangat bisa Anda rasakan sekarang ini, antara lain adalah:

  • Pertukaran sebuah informasi yang menjadi lebih mudah dan cepat
  • Memudahkan pekerjaan
  • Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh satu orang menjadi lebih efektif dan efisien
  • Sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online tanpa harus melakukan tatap muka

Meningkatkan Inovasi dan Daya Kreativitas

Kreativitas dan inovasi dapat hadir melewati rasa mau tahu yang membuat kita banyak mencoba hal yang baru atau yang berbeda. Banyak metode untuk menumbuhkan kreativitas dan penemuan.

Inovasi dapat didapatkan dengan adanya perubahan teknologi, Anda bisa mencarinya di internet jika Anda memerlukannya. Mengamati dunia yang lebih luas dapat menambah daya kreativitas juga bukan?

Dampak Negatif Perubahan Teknologi

Perubahan teknologi juga membawa dampak negatif. Tidak bisa dipungkiri jika perubahan teknologipun membawa dampak negatif yang mungkin saja Anda tahu sendiri, atau mungkin Anda bahkan mengalami dampak negatif dari perubahan teknologi?

Mempengaruhi Kehidupan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial dan telah lebih dari ribuan tahun, hidup dalam kelompok sosial. Pertapaan sosial selalu menjadi pengecualian daripada norma, sampai munculnya Internet dan media sosial, yang awalnya dimaksudkan untuk menyatukan orang, secara fisik telah mengisolasi kita dari satu sama lain.

Hal ini tampak terutama pada populasi muda. Sebuah studi tahun 2017 terhadap orang dewasa muda dalam kelompok usia 19-32 tahun menemukan bahwa orang dengan penggunaan media sosial yang lebih tinggi lebih dari tiga kali lebih mungkin untuk merasa terisolasi secara sosial daripada mereka yang tidak sering menggunakan media sosial. “Jejaring sosial” pada kenyataannya adalah “isolasi sosial”.

Menciptakan Ketergantungan

Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan banyak waktu di media sosial, video game, dan aktivitas lain di layar. Tetapi kecanduan internet bukanlah diagnosis kesehatan mental klinis. Itu karena layar tidak mempengaruhi otak anak-anak dengan cara yang sama seperti obat-obatan atau alkohol. Mereka mungkin merasa tidak bisa berhenti menggunakan internet, tetapi mereka tidak bergantung secara kimiawi dengan cara yang sama.

Namun, menghabiskan banyak waktu online menjadi masalah ketika mengganggu kemampuan anak untuk memiliki kehidupan normal.

Membatasi Gerak Fisik Manusia

Seringkali perubahan teknologi membuat manusia menjadi malas bergerak. Karena semua hal serba dimudahkan. Anda bisa memesan makanan secara online tanpa harus berjalan ke warung, Anda bisa mencari informasi tanpa pergi ke perpustakaan hanya mencarinya sambil tidur di internet pada smartphone Anda, dan masih banyak lagi.

Akibatnya? Tentunya mempengaruhi kesehatan seperti obesitas dan juga penyakit jantung karena seringkali malas bergerak.

Mengerti Tentang Internet Of Things

Ada banyak informasi yang bersliweran saat ini tentang Internet of Things (atau IoT) dan dampaknya pada segala hal mulai dari cara Anda bepergian, Anda mencari informasi, berbelanja hingga manfaat IoT yang lebih banyak lagi. Tapi apa itu Internet of Things? Apa saja manfaat IoT? Dan apakah itu benar-benar penting?

Apa itu IoT

Jadi, Internet of Things adalah konsep menghubungkan perangkat apa pun (asalkan memiliki tombol on/off) ke Internet dan ke perangkat lain yang terhubung. IoT adalah jaringan raksasa dari hal-hal dan orang-orang yang terhubung – yang semuanya mengumpulkan dan berbagi data tentang cara mereka digunakan dan tentang lingkungan di sekitar mereka.

Itu termasuk jumlah objek yang luar biasa dari segala bentuk dan ukuran – mulai dari microwave pintar, yang secara otomatis memasak makanan Anda untuk jangka waktu yang tepat, hingga mobil yang dapat mengemudi sendiri, yang sensor kompleksnya mendeteksi objek di jalurnya. 

Ada juga perangkat kebugaran yang dapat dikenakan yang mengukur detak jantung Anda dan jumlah langkah yang Anda ambil hari itu, kemudian gunakan informasi itu untuk menyarankan rencana latihan yang disesuaikan untuk Anda.

Cara Kerja IoT

Perangkat dan objek dengan sensor bawaan terhubung ke platform Internet of Things, yang mengintegrasikan data dari perangkat yang berbeda dan menerapkan analitik untuk berbagi informasi paling berharga dengan aplikasi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan spesifik.

Platform IoT yang kuat ini dapat menunjukkan dengan tepat informasi apa yang berguna dan apa yang dapat diabaikan dengan aman. Informasi ini dapat digunakan untuk mendeteksi pola, membuat rekomendasi, dan mendeteksi kemungkinan masalah sebelum terjadi.

Unsur-Unsur dalam IoT

Sistem IoT Internet of Things ini terbuat dari empat unsur yang bekerja sama dalam menciptakan output skema yang dinginkan antara lain. 

Cloud

Cloud sendiri adalah server untuk menyimpan dan memproses data berdasarkan kebutuhan dari si pengguna IoT. Contohnya pada saat ingin menscan data dari barcode sebuah barang yang terekam dalam sebuah sensor yang diolah untuk menjadi harga barang yang akan ditampilkan dalam bentuk teks dilayar komputer. Selain itu juga dapat melihat data riwayat dari pembelian melalui QR Code yang dapat di oleh menjadi data preferensi konsumen.

Sensor

Sensor adalah unsur IoT yang terdapat pada mesin utamanya. Fungsi dari sensor sendiri bermacam-macam ada yang untuk mengumpulkan hingga menentukan data dari lingkungan sekitar. 

Data ini dapat dikumpulan dalam berbagai isi seperti waktu, lokasi geografis, persediaan, hingga yang paling kompleks adalah keadaan dari kesehatan pasien di rumah sakit. 

Dalam memperhatikan perubahan kecil dalam sebuah data, maka perangkat ini juga dapat terdiri dari beberapa sensor sekaligus yang mampu lebih dari sekedar pengumpulan data. Misalnya pada smartphone yang mana menyediakan banyak fungsi lain hingga mengelola data.

Konektivitas

Setelah mengumpulkan data di sekitarnya, adapun perangkat IoT Internet of Thing yang perlu diproses pada suatu tempat dan disinilah konektivitas emmainkan peran utama. Dalam manfaat IoT data yang dikumpulkan lalu akan di kirim ke platform IoT dengan bantuan media transmisi seperti WiFi, ethernet, bluetooth, jaringan seluler, dan jenis jaringan lainnya dalam proses transfer data ke cloud.

Artificial Intelligence

Teknologi AI dapat membuat sistem komputer dapat berpikir seperti layaknya otak manusia yang disebut dengan istilah Artificial Intelligence. 

AI ini mampu mengolah data dengan bantuan machine learning, yakni sebuah mesin yang mampu mempelajari data secara otomatis walaupun tanpa pemrograman tertentu.

User Interface

Kemudian langkah terakhir dari proses IoT yakni memberi tahu pengguna utama. Hal ini juga dapat dilakukan melalui berbagai tindakan, seperti peringatan, notifikasi, pesan teks, pengingat atau email. Tindakan ini juga dapat bergantung pada fungsionalitas sistem itu sendiri.

Sistem IoT yang canggih bisa mengontrol seluruh lingkungan rumah atau bahkan lebih dari itu. Antarmuka pengguna ini dapat memungkinkan pengguna dalam melakukan berbagai tindakan baik itu untuk mengatur pencahayaan, suhu, penyejuk udara, dan lain sebagainya.

Penerapan Manfaat IoT di Berbagai Industri

Adapun beberapa manfaat IoT yang diterapkan dalam kehidupan manusia tak terkecuali untuk meningkatkan kinerja produksi dari sebuah industri maupun perusahaan. 

Berikut ini adalah beberapa aspek antara lain sebagai berikut :

Bidang Kesehatan

Banyak inovasi yang dapat memungkinkan manusia untuk mendapatkan teknologi canggih di bidang kesehatan dalam mengatasi gangguan pada tubuh manusia. Sampai saat ini banyak ahli terus menggali serta menggunakan teknologi di bidang kesehatan.

Sensor terbaru dalam IoT adalah dimana dokter dapat mengakses secara langsung status kesehatan pasien yang dapat dipergunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan data pasien di cloud. 

Teknologi ini dalam kedokteran dapat secara signifikan mengurangi waktu prosedur biasanya, menyederhanakan proses sekaligus mengurangi resiko penyakit, dan dapat meningkatkan penggunaan dan ketersediaan hardware. 

Contoh pengaplikasianya sepertei pada sensor pada tempat tidur rumah sakit yang mampu mengamati tanda-tanda vital, tekanan darah, oksimeter dan suhu tubuh.

Bidang Transportasi

IoT ini sangat berguna dalam mengelola lalu lintas kendaraan di Kota besar yang menggunakan konsep smart city.

Saat manfaatkan Waze atau Google Maps, sensor pada ponsel akan menyatukan dan membagikan data ke cloud untuk diproses dan sesudah itu pada saat yang sama memantau selanjutnya lintas, perlihatkan suasana rute alternatif beserta jarak serta perkiraan saat yang diperlukan untuk sampai ke tujuan.

Contoh lainnya adalah penemuan mobil yang mampu berlangsung sendiri (autopilot), tetapi ini tetap dalam langkah pengembangan dan uji coba.

Bidang Pertanian

Kebutuhan pangan dari manusia sendiri sangat tercukupi dengan adanya peralatan yang canggih dalam membantu bidang pertanian. 

Perubahan ini dapat dirasakan dengan semakin pendeknya waktu yang dapat dibutuhkan para petani yang dapat memperoleh hasil maksimal.

Bidang Bisnis

Seiring berkembangnya teknologi berdampak pada para pelaku bisnis dan ekonomi. Dengan kemunculan teknologi, ruang dan waktu ini dapat dipersempit dalam mencapai tujuan perusahaan.

Manfaat IoT

IoT dapat berkembang cukup pesat dalam berbagai bidang yang menimbang manfaat yang diberikannya sangat besar dalam merubah kehidupan yang lebih baik dan lebih efisien. Adapun beberapa manfaat IoT antara lain :

Memangkas Biaya Operasional

IoT dapat menghubungkan berbagai data perangkat dalam satu antar muka saja. Termasuk juga interface smartphone Anda. Sehingga Anda dapat melakukan monitoring data dan akses perangkat dari mana saja.

Dengan teknologi ini Anda dapat memangkat biaya operasional. Contohnya saja data penggunaan daya AC melebihi kapasitas sehingga Anda dapat mematikan AC dari perangkat mobile seperti ponsel.

Dengan begitu Anda dapat mematikan perangkat untuk memangkas penggunaan listrik. Biaya operasional Anda akan lebih hemat. 

Meningkatkan Efisiensi Kerja

Salah satu manfaat IoT yang lain adalah dapat mengotomatiasi perangkat. Misalnya alat penyiram tanaman dan pemberian pupuk otomatis.

Otomatisasi ini membuat pemilik bisnis atau lahan pertanian dapat meningkatkan efisiensi kerja. Karena pekerjaan ini berulang-ualng dan memakan waktu yang dapat dilakukan oleh perangkat otomatis. Sehingga karyawan yang dapat beralih mengerjakan pekerjaan yang lebih penting.

Menyediakan Insight Data untuk Pengambilan Keputusan Bisnis

IoT bersama pertolongan Artificial Intelligence bakal mengolah knowledge pelanggan menjadi sebuah insight yang berfaedah untuk keputusan bisnis. Apa saja contohnya?

Pertama, Anda mampu mempromosikan product terhadap pelanggan spesifik. Data yang masuk dari QR Code bakal diolah menjadi knowledge pola pembelian product dari pelanggan berusia 20 hingga 35 tahun. Menggunakan knowledge tersebut, Anda mampu mengetahui product favorit pelanggan yang nanti mampu dipromosikan ulang.

Kedua, Anda mampu mengetahui fitur product apa yang kudu Anda perbaiki atau hilangkan. Sebab, keluhan yang masuk lewat chatbot website bakal diolah menjadi knowledge sebagai bahan pertimbangan.  

Meningkatkan Customer Experience

Manfaat IoT lain adalah meningkatkan customer experience. Bahwa IoT ini dapat mempercepat proses pelayanan para pelanggan.

Misalnya yakni menggunakan chatbot. Chatbot ini secara otomatis dapat menjawab keluhan pelanggan dengan solusi, sehingga pelanggan dapat mendapatkan solusi menjadi lebih cepat tanpa perlu menunggu pegawai untuk membalasnya.

Meningkatkan cara pemantauan dan pemeliharaan

Manfaat IoT dapat memberikan kemampuan dalam mengelola jaringan objek fisik. Misalnya Anda melakukan pemantauan di berbagai lapisan jaringan dan infrastruktur yang digunaekan oleh perusahaan, karyawan, ataupun pelanggan. 

Semisal Anda tidak perlu memeriksa peralatan saat berhenti bekerja, IoT akan melakukan pemelihraan perangklat dengan cara memprediksi kondisi kerjanya. Selain itu sensor khusus dapat digunakan utnuk menjaga fungsi alat.

Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan

Semua perangkat IoT memberikan peluang dalam meningkatkan tingkat dialog dan interasksi dengan para pelanggan. Pertimbangan tagihan utlitias yang diterima setiap bulan. 

Menyempurnakan layanan dan produk

Industri dapat menggunakan IoT untuk meningkatkan dan menyempurnakan layanan dan produksi mereka. Anda dapat mencari celah dan gangguan data relatif terhadap proses yang menggunakan pelanggan Anda.

Sedangkan salah satu solusi yang dapat Anda lakukan untuk menyesuaikan dan menutup celah ayng dialami pelanggan adalah dengan menggunakan teknologi IoT.

Aliran pendapatan baru

Kemampuan IoT ini dapat memungkinan untuk menyiapkan dan meluncurkan produk dan layanan yang baru dengan efisiensi yang lebih cepat. 

Dengan menggunakan data yang dikumpulan oleh perangkat IoT ini dapat membantu untuk mengembangkan prediksi apa yang dibutuhkan pelanggan dan mempercepat perencanaan dan eksekusinya.

Meningkatkan kontrol proses operasi

Untuk mempertimbangkan kemampuan IoT dapat meningkatkan dan meningkatkan pengelolaan. Misalnya dapat berkisar dari visibilitas baru ke dalam data hingga mengotomatisasi kontrol yang menggabungkan data IoT, kecerdasan buatan, dan machine learning.

Kesimpulan

Itulah bahasan kita seputar IoT dengan mengetahui apa saja manfaat IoT yang berguna dalam kehidupan manusia.

Kesimpulannya adalah IoT dirancang untuk mempermudah pekerjaan dan memberikan efisiensi yang lebih baik dalam proses pekerjaan sehingga menjadi lebih cepat dan mudah.

Jika Anda ingin mengetahui pengetahuian seputar teknologi terbaru Anda dapat melihat postingan artikel dati NetData di nds.id.

Leave a comment

Your email address will not be published.