Pernah Dengan Istilah IP Public? Apasih Bedanya dengan IP Private? ~ PT. Network Data Sistem

Apakah Anda seringkali mendengar IP? Bagi Anda yang mungkin erat kaitan kesehariannya dengan jaringan komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya IP. Tapi, seperti yang diketahui untuk sekarang ini jika IP dapat dibedakan menjadi dua yaitu IP public dan IP private. Keduanya apakah memiliki kesamaan? Jika ada perbedaan, apa perbedaan antara kedua jenis IP tersebut?

Mengenai IP, mungkin Anda bisa mempelajari jaringan komputer dan juga IP address. Mulai dari pengertiannya, fungsinya, dan jenis-jenisnya sebelum agar Anda bisa memahami dengna jelas istilah IP public dan juga IP private.

Mengenal Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih sistem komputer yang saling berhubungan. Anda dapat membuat koneksi jaringan menggunakan media kabel atau nirkabel.

Setiap jaringan melibatkan perangkat keras dan perangkat lunak yang menghubungkan komputer dan peralatan.

Berbagai hardware yang ada di jaringan komputer saling berkaitan. Berikut ini adalah komponen yang ada di jaringan komputer:

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Dua arsitektur populer adalah ISO Open Systems Interconnection (OSI) dan IBM’s Systems Network Architecture (SNA).

Pada jaringan komputer, dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. jenis-jenis ini bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

PAN (Personal Area Network)

Ini merupakan jenis interkoneksi perangkat teknologi informasi dalam jangkauan individu, biasanya dalam jarak 10 meter. Misalnya, seseorang yang bepergian dengan laptop, personal digital assistance (PDA), dan printer portabel dapat menghubungkannya tanpa harus mencolokkan apa pun, menggunakan beberapa bentuk teknologi nirkabel. Biasanya, jenis jaringan area pribadi ini juga dapat saling berhubungan tanpa kabel ke Internet atau jaringan lain.

LAN (Local Area Network)

Jaringan komunikasi apa pun untuk menghubungkan komputer di dalam gedung atau sekelompok kecil gedung. LAN dapat dikonfigurasi sebagai (1) bus, saluran utama di mana node atau saluran sekunder terhubung dalam struktur percabangan, (2) cincin, di mana setiap komputer terhubung ke dua komputer tetangga untuk membentuk sirkuit tertutup, atau (3) sebuah bintang, di mana setiap komputer terhubung langsung ke komputer pusat dan hanya secara tidak langsung satu sama lain.

MAN (Metropolitan Area Network)

Ini adalah cakupan jaringan yang areanya lebih luas daripada LAN dan area yang lebih kecil dibandingkan dengan WAN. Ini menghubungkan dua atau lebih komputer yang terpisah tetapi berada di kota yang sama atau berbeda. Ini mencakup wilayah geografis yang luas dan dapat berfungsi sebagai ISP (Internet Service Provider).

WAN (Wide Area Network)

Jenis jaringan komunikasi komputer yang menjangkau kota, negara, dan dunia, umumnya menggunakan saluran telepon dan tautan satelit.

Internet

Dan yang paling besar dari berbagai jenis jaringan adalah internet. Ia juga merupakan komunitas virtual, lebih besar daripada banyak negara bagian, dengan aturan perilaku atau “netiket” sendiri. Ada beberapa jenis koneksi Internet dan berbagai cara untuk memperoleh koneksi.

Fungsi Jaringan Internet

Internet melakukan banyak pekerjaan dalam teknologi komunikasi. Ini menyediakan komunikasi yang efektif untuk satu orang ke orang lain. Orang dapat bertukar alamat email dan berkomunikasi melalui fasilitas chat yang sangat berguna untuk menghubungkan orang di dua tempat yang berbeda. Ini akan membuat pekerjaan lebih mudah dan produktivitas menjadi lebih tinggi.

Komunikasi yang efektif akan menghasilkan prestasi dan inovasi yang baik. Orang dapat mengeksekusi rencana mereka sesegera mungkin tanpa harus menunggu lebih lama lagi. Orang-orang dapat mencari informasi yang mereka butuhkan dan melakukan konferensi langsung untuk memastikan rencana mereka berjalan sesuai rencana. Komunikasi yang cepat dengan calon klien akan membuat proyek berjalan lancar dan tujuan dapat tercapai.

Internet menyediakan berbagai aplikasi dan fasilitas komunikasi yang dapat membantu masyarakat hidup dengan nyaman. Dengan banyaknya aplikasi komunikasi yang dapat diunduh secara gratis, orang tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk terhubung dengan orang lain.

Mengenal Apa Itu IP Address

Membahas tentang jaringan komputer tidak akan terlepas dengan yang namanya IP address. IP (Internet Protocol) erat kaitannya dengan jaringan komputer termasuk untuk internet pastinya Anda memasukkan sebuah IP untuk bisa mengakses suatu website bukan?

Pengertian IP Address

Ini adalah alamat unik yang mengidentifikasi perangkat di internet atau jaringan lokal. IP address merupakan seperangkat aturan yang mengatur format data yang dikirim melalui internet atau jaringan lokal.

Intinya, IP address adalah pengidentifikasi yang memungkinkan informasi dikirim antar perangkat di jaringan: alamat tersebut berisi informasi lokasi dan membuat perangkat dapat diakses untuk komunikasi. Internet membutuhkan cara untuk membedakan antara komputer, router, dan situs web yang berbeda. IP address menyediakan cara untuk melakukannya dan merupakan bagian penting dari cara kerja internet. 

Bagian IP Address

Alamat IP adalah serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. Alamat IP dinyatakan sebagai satu set empat angka — alamat contoh mungkin 192.158.1.38. Setiap angka dalam set dapat berkisar dari 0 hingga 255. Jadi, rentang pengalamatan IP lengkap berkisar dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

IP address terdiri dari dua bagian, yaitu host ID dan juga Network ID.

Host ID

Bagian pertama adalah host ID. Ini adalah bagian IP Address yang merujuk pada identitas perangkat dalam jaringan.

Network ID

Sedangkan untuk Network ID merupakan bagian dari IP Address yang dapat memberi informasi di mana jaringan tersebut aktif.

Kelas IP Address

Dalam address IP IPv4, ada lima kelas: A, B, C, D, dan E. Setiap kelas memiliki rentang alamat IP tertentu (dan pada akhirnya menentukan jumlah perangkat yang dapat Anda miliki di jaringan Anda). Terutama, kelas A, B, dan C digunakan oleh sebagian besar perangkat di Internet. Kelas D dan kelas E adalah untuk penggunaan khusus.

IP Address Kelas A

Alamat Kelas A adalah untuk jaringan dengan jumlah total host yang besar. Kelas A memungkinkan untuk 126 jaringan dengan menggunakan oktet pertama untuk ID jaringan. Bit pertama dalam oktet ini, selalu nol.

IP Address Kelas B

Alamat Kelas B adalah untuk jaringan berukuran sedang hingga besar. Kelas B memungkinkan untuk 16.384 jaringan dengan menggunakan dua oktet pertama untuk ID jaringan. Dua bit pertama dalam oktet pertama selalu 10.

IP Address Kelas C

Alamat kelas C digunakan di jaringan LAN. Kelas C memungkinkan untuk sekitar 2 juta jaringan dengan menggunakan tiga oktet pertama untuk ID jaringan. Dalam alamat IP kelas C, tiga bit pertama dari oktet pertama selalu 1 1 0.

IP Address Kelas D

Alamat IP Kelas D tidak dialokasikan untuk host dan digunakan untuk multicasting. Multicasting memungkinkan satu host untuk mengirim satu aliran data ke ribuan host di Internet pada waktu yang sama.

IP Address Kelas E

Alamat IP Kelas E tidak dialokasikan untuk host dan tidak tersedia untuk penggunaan umum. Ini dicadangkan untuk tujuan penelitian.

IP Address dengan Alamat Khusus

Rentang IP: 127.0.0.1 hingga 127.255.255.255 adalah alamat pengujian jaringan (juga disebut sebagai alamat loop-back). Ini adalah alamat IP virtual, karena tidak dapat ditetapkan ke perangkat. Secara khusus, IP 127.0.0.1 sering digunakan untuk memecahkan masalah konektivitas jaringan menggunakan perintah ping. 

Secara khusus, ini menguji driver perangkat lunak jaringan TCP/IP komputer untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Pelajari cara menggunakan ping 127.0.0.1 untuk menguji tumpukan jaringan TCP/IP komputer Anda.

Broadcast Address

Alamat broadcast adalah alamat IP yang digunakan untuk menargetkan semua sistem pada jaringan subnet tertentu, bukan host tunggal.

Dengan kata lain broadcast address memungkinkan informasi untuk dikirim ke semua mesin pada subnet tertentu daripada ke mesin tertentu.

Alamat broadcast dari setiap alamat IP dapat dihitung dengan mengambil sedikit pujian dari subnet mask, kadang-kadang disebut sebagai reverse mask dan kemudian menerapkannya dengan perhitungan bitwise OR ke alamat IP yang bersangkutan.

Loopback Address

Sederhananya saja, loopback address, juga disebut localhost, mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ini adalah alamat internal yang merutekan kembali ke sistem lokal. Alamat loopback di IPv4 adalah 127.0. 01.

Network Address

Alamat jaringan atau network address adalah komponen teknologi jaringan utama yang memfasilitasi identifikasi node/perangkat jaringan dan menjangkau perangkat melalui jaringan. Ini memiliki beberapa bentuk, termasuk alamat Internet Protocol (IP), media access control (MAC) dan alamat host.

Jenis-Jenis IP Address

Pada dasarnya ada empat jenis alamat IP:

  • Publik,
  • Pribadi,
  • Statis,
  • Dinamis.

Di antara mereka, public address dan private didasarkan pada lokasi jaringan pribadi mereka, yang harus digunakan di dalam jaringan sementara public address digunakan di luar jaringan.

Berikut ini adalah pembahasan yang lebih detail mengenai beberapa jenis IP address:

Private IP Address

Yang pertama adalah alamat IP pribadi atau private yang merupakan nomor IP unik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet rumah Anda, yang mencakup perangkat seperti komputer, tablet, ponsel cerdas, yang digunakan di rumah Anda.

Public IP Address

Selanjutnya adalah alamat IP public adalah alamat di mana satu alamat utama dikaitkan dengan seluruh jaringan Anda. Dalam jenis alamat IP ini, setiap perangkat yang terhubung memiliki alamat IP yang sama.

Dynamic IP Address

Alamat IP dinamis atau dynamic IP address selalu berubah. Ini bersifat sementara dan dialokasikan ke perangkat setiap kali terhubung ke web. IP dinamis dapat melacak asalnya ke kumpulan alamat IP yang digunakan bersama di banyak komputer.

Dedicated IP Address

Alamat IP khusus atau dedicated IP address adalah alamat Internet unik yang ditetapkan secara eksklusif untuk satu akun hosting. Alamat IP khusus memungkinkan Anda: Menggunakan FTP untuk mengakses akun Anda saat nama domain tidak dapat diakses, seperti selama periode propagasi nama domain.

Static IP Address

Alamat IP statis hanyalah alamat yang tidak berubah. Setelah perangkat Anda diberi alamat IP statis, nomor tersebut biasanya tetap sama hingga perangkat dinonaktifkan atau arsitektur jaringan Anda berubah. Static IP address umumnya digunakan oleh server atau peralatan penting lainnya.

Shared IP Address

Yang terakhir adalah shared IP address berarti alamat IP yang ditetapkan ke situs web atau akun hosting dibagi antara beberapa domain atau situs web. Sebaliknya, IP khusus adalah alamat IP yang ditetapkan hanya untuk satu domain.

Detail Mengenai Perbedaan IP Public dengan IP Private

Walaupun sudah disinggung diatas mengenai IP public dan juga IP private, tentunya ada perbedaan yang lebih mendasar daripada itu. 

IP address publik dan pribadi adalah dua bagian penting dari identitas perangkat Anda yang jarang dipikirkan kebanyakan orang. Tetapi dengan peningkatan besar pada karyawan yang bekerja dari rumah, dan kejahatan dunia maya yang meningkat, semakin penting untuk memahami bagaimana alamat IP perangkat Anda dapat mengungkapkan identitas Anda di internet.

IP Publik

Yang pertama dan menjadi IP yang sering digunakan untuk urusan perusahaan adalah IP publik, apa pengertian dan penjelasan lebih lengkapnya?

Pengertian IP Public

Public IP adalah alamat IP yang dapat diakses langsung melalui internet dan ditetapkan ke router jaringan Anda oleh ISP Anda. Perangkat pribadi Anda juga memiliki IP pribadi yang tetap tersembunyi saat Anda terhubung ke internet melalui IP publik router Anda.

Menggunakan alamat IP publik untuk terhubung ke internet seperti menggunakan P.O. kotak untuk surat siput Anda, daripada memberikan alamat rumah Anda. Ini sedikit lebih aman, tetapi lebih terlihat.

Range IP Public

Rentang alamat IP publik mencakup setiap nomor yang tidak dicadangkan untuk rentang IP pribadi. Karena alamat IP publik adalah pengidentifikasi unik untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet, alamat IP publik harus hanya itu: unik.

Contoh IP Public

Nomor apa pun yang tidak termasuk dalam rentang alamat IP pribadi yang dicadangkan.

  • 10.0.0.0 — 10.255.255.255;
  • 172.16.0.0 — 172.31.255.255;
  • 192.168.0.0 — 192.168.255.255

Contoh: 10.11.12.13

IP Private

Private IP address adalah alamat yang diberikan router jaringan Anda ke perangkat Anda. Setiap perangkat dalam jaringan yang sama diberi alamat IP pribadi yang unik (kadang-kadang disebut alamat jaringan pribadi) — beginilah cara perangkat di jaringan internal yang sama berbicara satu sama lain.

Pengertian IP Private

Alamat IP pribadi memungkinkan perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama berkomunikasi satu sama lain tanpa terhubung ke seluruh internet. Dengan mempersulit host atau pengguna eksternal untuk membuat koneksi, IP pribadi membantu meningkatkan keamanan dalam jaringan tertentu, seperti di rumah atau kantor Anda. 

Inilah sebabnya mengapa Anda dapat mencetak dokumen melalui koneksi nirkabel ke printer Anda di rumah, tetapi tetangga Anda tidak dapat mengirim file mereka ke printer Anda secara tidak sengaja.

Range IP Private

Rentang IP pribadi Anda ada dalam rentang alamat IP pribadi tertentu yang disediakan oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA) dan tidak boleh muncul di internet. Ada jutaan jaringan pribadi di seluruh dunia, yang semuanya mencakup perangkat yang diberi alamat IP pribadi dalam rentang berikut:

  • Kelas A: 10.0.0.0 — 10.255.255.255
  • Kelas B: 172.16.0.0 — 172.31.255.255
  • Kelas C: 192.168.0.0 — 192.168.255.255

Ini mungkin tidak tampak seperti rentang yang luas, tetapi sebenarnya tidak perlu demikian.

Contoh IP Private

Nomor apa pun yang tidak termasuk dalam rentang alamat IP private yang dicadangkan

Contoh: 8.8.8.8.

Perbedaan IP Public dan IP Private

Perbedaan utama antara alamat IP public dan IP private adalah seberapa jauh jangkauannya, dan dengan apa mereka terhubung. Alamat IP publik mengidentifikasi Anda ke internet yang lebih luas sehingga semua informasi yang Anda cari dapat menemukan Anda. 

Alamat IP private digunakan dalam jaringan pribadi untuk terhubung dengan aman ke perangkat lain dalam jaringan yang sama.

IP Publik

  • Jangkauan eksternal (global)
  • Digunakan untuk berkomunikasi di luar jaringan pribadi Anda, melalui internet
  • Kode numerik unik yang tidak pernah digunakan kembali oleh perangkat lain
  • Ditemukan oleh Googling: “Apa alamat IP saya?”
  • Ditugaskan dan dikendalikan oleh penyedia layanan internet Anda
  • Tidak gratis

IP Private

  • Jangkauan internal (lokal)
  • Digunakan untuk berkomunikasi dalam jaringan pribadi Anda, dengan perangkat lain di rumah atau kantor Anda
  • Kode numerik non-unik yang dapat digunakan kembali oleh perangkat lain di jaringan pribadi lainnya
  • Ditemukan melalui pengaturan internal perangkat Anda
  • Ditugaskan ke perangkat khusus Anda dalam jaringan pribadi

Kesimpulan

Saat Anda terhubung ke internet, alamat IP private Anda diganti dengan alamat IP public yang ditetapkan ISP Anda. Ini melindungi IP pribadi Anda dan perangkat lain di jaringan Anda, sekaligus memastikan Anda tetap dapat terhubung secara online. Kedua jenis alamat IP itu penting untuk koneksi perangkat Anda ke dunia luar.

Jadi, keduanya memang bisa berjalan dengan bersinergi walaupun juga bisa berjalan secara sendiri-sendiri.

Menarik bukan jika belajar tentang jaringan komputer? Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebigh mengenai jaringan komputer dan terkait dengan teknologi paling update, kunjungi sekarang juga NetData!

Leave a comment

Your email address will not be published.