Pentingnya Update Lisensi Fortinet Sebelum Waktu Habis ~ PT. Network Data Sistem

Lisensi Fortinet – Fortinet sebagai perusahaan yang mengembangkan perangkat firewall generasi baru tentu ingin terus berinovasi dalam menciptakan teknologi terbaru dengan membatasi penggunanya dengan adannya lisensi Fortinet yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa itu lisensi Fortinet? Mari kita bahas lebih lanjut tentang apa itu lisensi dan juga jenis-jenisnya yang lebih lengkap dan lebih mudah dipahami.

Menggunakan Lisensi

Sebelum membahas langsung tentang apa itu lisensi Fortinet alangkah baiknya kita mengetahui apa sih itu lisensi terlebih dahulu.

Lisensi merupakan pemberian izin dalam menggunakan atau melakukan sebuah produksi sebuah produk yang mana produk tersebut telah dipatenkan oleh yang menciptakannya pertama kali.

Seringkali lisensi juga diartikan sebagai kunci yang diberikan kepada pengguna agar bisa menggunakan sebuah produk dengan fitur dan kegunaan yang penuh.

Hala ini biasanya berkaitan dengan produk perangkat lunak yang menggunakan lisensi sebagai kunci untuk menggunakan perangkat lunak tersebut secara penuh.

Macam-Macam Lisensi Pada Software

Kelebihan dan kekurangan lisensi memang tidak bisa dibandingkan secara teknis saja namun juga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengapa menggunakan lisensi, pertanyaan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda apakah Anda membutuhkan semua fitur dalam software tersebut atau hanya cukup dengan fitur yang disediakan tanpa menggunakan lisensi saja.

Setiap lisensi juga ada yang perlu diupdate, pentingnya update lisensi juga berlaku untuk Anda yang selalu dapat menggunakan fitur yang penuh serta mendukung pengembangan dari pengembang untuk dapat menghadirkan fitur yang lebih baik.

Dari sekian banyak lisensi pada software, Anda juga perlu mengetahui beberapa macam jenis lisensi software yang ada yang cukup populer berikut ini:

Lisensi Commercial

Lisensi commercial adalah lisensi yang suatu software yang digunakan untuk tujuan komersial. Yang mana dapat menggunakan software dengan lisensi tersebut Anda harus memiliki izin dari pemilik lisensi software atau pembelian software dari pemiliknya. Misalnya lisensi commercial adalah sistem operasi Windows dari Microsoft.

Lisensi Non-commercial

Lisensi non commercial merupakan kebalikan dari lisensi commercial. Lisensi jenis ini murni tidak mencari laba. Biasanya aplikasi dengan lisensi non commercial dipakai di software yang digunakan untuk umum misalnya aplikasi rumah sakit, sekolah atau yayasan.

Lisensi Trial

Software dengan lisensi trial merupakan lisensi yang hanya diberikan secara sementara atau dengan jangka waktu yang tertentu. 

Software jenisnya yang sifatnya uji coba atau berupa demo yang bisa Anda dapatkan dengan gratis namun tidak selamanya Anda gunakan.

Contohnya software yang menggunakan lisensi trial adalah antivirus, sistem operasi, aplikasi download manager dan lain sebagainya.

Lisensi Open Source

Lisensi open source merupakan salah satu software yang bebas digunakan, mengubahnya, dan menyebarluaskan secara gratis. Biasanya software open source ini digunakan secara umum seperti Linux, Ubuntu dan notepad++.

Lisensi Freeware

Lisensi freeware adalah software dengan lisensi gratis alias Anda bisa menggunakan software ini secara penuh secara Cuma-Cuma. Selain itu juga plugin yang diperoleh juga dapat digunakan dan diunduh secara Cuma-Cuma lewat website resminya. Software yang digunakan biasanya adalah Mozilla, Opera dan Google Chrome. Aplikasi chat seperti Line dan Whatsapp juga termasuk dalam lisensi ini.

Jenis-Jenis Lisensi

Untuk jenis lisensi sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa bentuk antara lain :

Lisensi HKI

Jenis lisensi hak atas kekayaan intelektual adalah lisensi yang terdapat pada perangkat lunak komputer seperti lisensi Fortinet.

Dengan lisensi jenis ini pengguna diberikan hak oleh pemilik software baik dalam hal fitur, lamanya penggunaan, dan sebagainya.

Lisensi Massal

Lisensi massal dalam lisensi komputer adalah lisensi yang diberikan kepada organisasi untuk menggunakan software komputer tersebut dalam banyak komputer.

Lisensi Merek Barang Atau Jasa

Lisensi merek barang atau jasa ini merupakan lisensi yang diberikan kepada seseorang atau organisasi untuk menjual produk dan jasa dibawah pemilik lisensi merek dagang tersebut.

Dengan adanya lisensi ini maka pemakaian lisensi juga dapat menggunakan merek dagang atau jasa pemilik lisensi, tanpa khawatir untuk dituntut secara hukum oleh pemilik lisensi sebab sebelumnya telah memperoleh persetujuan oleh si pemilik lisensi.

Lisensi Hasil Karya Seni Dan Karakter

Pemilik lisensi juga memberikan izin kepada seseorang atau perusahaan yang menggunakannya untuk menyalin dan menjual hak cipta yang mengandung material seni dan karakter.

Lisensi Bidang Pendidikan

Lisensi bidang pendidikan berupa gelar akademis. Suatu perguruan tinggi atau universitas merupakan sebagai pemilik lisensi maka dapat memberikan gelar terhadap seseorang yang kuliah di kampus tersebut.

Apa Sih Manfaat Lisensi

Sekarang kita berbicara tentang manfaat lisensi adalah orang yang menggunakan lisensi maka akan dengan tenang menggunakan produk atau jasa tersebut dengan aman dan legal.

Sehingga jika merek yang digunakan sudah sangat terkenal atau memiliki reputasi yang bagus maka pengguna lisensi akan merasakan banyak keuntungan dalam menjalankan usahanya.

Sedangkan si pemilik lisensi maka akan mendapatkan keuntungan mendapatkan royalti sesuai dengan kesepakatan.

Kelebihan Dan Kekurangan Lisensi

Kelebihan

Jika Anda memiliki merek dagang tertentu maka selanjutnya Anda bisa menerima off lump sum untuk mendapatkan kembali biaya pendaftaran. Hal ini memungkinkan Anda dapat menegosiasikan harga untuk tanda Anda dengan pihak yang lain.

Tugas merek dagan juga dapat melepaskan Anda dari tanggung jawab yang sedang berlangsung dari manajemen yang terus berkelanjutan dan juga menggunakan merek dagang dan juga tidak bertanggung jawab disaat hal ini sedang berlangsung.

Anda dapat mempertahankan kontrol terhadap merek dagang Anda sebagaimana digunakan orang lain.

Mendapatkan royalti penggunaan merek dagang orang pemegang lisensi.

Dapat mengeksploitasi dalam wilayah, barang, atau jasa serta volume penjualan.

Kerugian

Dalam menjual merek dagang Anda maka harus melepas semua kontrol atasnya.

Ada kemungkinan pemegang lisensi bisa menjadi pesaing merek dagang kita jika kesepakatan rusak.

Penegakan lisensi merek dagang harus tetap dilakukan karena tak jarang hak-hak atas nama lisensi seperti penegakan pelanggaran merek dagang.

Mengapa Menggunakan Lisensi

Ada beberapa alasan mengapa menggunakan software dengan lisensi adalah hal yang sangat menguntungkan. Selain menguntungkan untuk diri Anda sendiri, Anda juga bisa setidaknya menghargai karya yang membuat software tersebut.

Lisensi Fortinet sangatlah menguntungkan, dengan beberapa alasan, Anda menjadi tidak akan rugi jika membeli lisensi Fortinet secara resmi dan juga legal.

Renewal Fortinet

Bentuk Dukungan Terhadap Pengembang

Seperti yang sudah disinggung diatas, salah satu alasan mengapa Anda harus menggunakan lisensi Fortinet secara resmi adalah bukan alasan pribadi, namun adalah alasan moral. Tentunya dengan membeli lisensi secara resmi, itu merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pengembang oleh apa yang sudah dibuatnya yang sudah menguntungkan Anda.

Walaupun memang sebenarnya ada beberapa cara untuk memberikan dukungan terhadap pengembang aplikasi, salah satu yang sangat penting adalah membeli aplikasi tersebut secara legal dan selalu memperpanjang lisensi aplikasi tersebut jikalau sudah melewati masa berlaku.

Jaminan Bebas dari Virus dan Malware

Menggunakan aplikasi secara legal adalah sebuah keuntungan bagi Anda karena aplikasi yang Anda gunakan dijamin benas dari viru dan malware. Bayangkan saja, ketika Anda menggunakan aplikasi secara illegal, tentunya tidak ada perlindungan secara langsung dari pihak pengembang aplikasi.

Aplikasi yang digunakan tanpa adanya perlindungan dari pihak pengembang akan sangat rentan diserang oleh malware dan juga tidak adanya proteksi terhadap virus yang mampu merugikan terhadap device Anda.

Jaminan Upgrade dan Update

Dengan adanya jaminan upgrade dan update, maka aplikasi yang Anda gunakan akan selalu mendapatkan update secara real time dan juga dengan adanya upgrade, sangat memungkinkan aplikasi yang Anda beli secara legal menggunakan lisensi bisa mendapatkan fitur yang baru atau adanya perbaikan terhadap aplikasi tersebut.

Performa Lebih Stabil dan Gesit

Percaya atau tidak, aplikasi yang Anda beli menggunakan lisensi secara resmi dapat membuat aplikasi tersebut bisa berjalan dengan stabil dan juga gesit. Aplikasi yang stabil ini dikarenakan tidak adanya sistem yang di crack dari aplikasi tersebut yang dimana ada beberapa fitur yang tidak dapat diakses.

Pentingnya Melakukan Update Lisensi Fortinet

Fortinet merupakan aplikasi yang mengembangkan dan menjual solusi keamanan cyber, termasuk namun tidak terbatas pada produk fisik seperti firewall. Firewall adalah hal yang sangat penting bagi keamanan jaringan yang bisa merugikan Anda jika Anda masih menggunakan aplikasi Fortinet tanpa dengan menggunakan lisensi.

Alasan mengapa Anda harus melakukan update lisensi Fortinet diantaranya adalah:

Meningkatkan Kecepatan

Fortinet akan sangat bisa meningkatkan kecepatan jika Anda selalu melakukan update secara berkala. Peningkatan kecepatan ini sangat penting jikalau Anda menginginkan firewall modern dengan konsep yang lebih berkualitas dan juga sebagai solusi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan Anda.

Menikmati Fitur Terbaru

Fortinet akan selalu memberikan fitur terbaru jika ada update. Fitur yang baru ini merupakan fitur yang pastinya akan sangat membantu. Update yang satu ini akan memberikan kepada Anda keamanan yang lebih ekstra dengan fitur tersebut. Bisa saja fitur yang baru ini merupakan solusi bagi Anda yang menginginkan pekerjaan yang lebih cepat dan juga mudah.

Mempercantik Tampilan Antarmuka Sistem 

Interface yang menarik akan membuat Anda merasa nyaman dalam menggunakannya. Selain berbicara tentang fungsi, tentunya sebuah aplikasi harus tak lepas dengan interface yang lebih menarik dan juga mudah pengoperasiannya.

Meningkatkan Keamanan Perangkat

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam sistem keamanan cyber, tentunya update yang diberikan kepada Fortinet selalu mengedepankan keamanan perangkat. Walaupun memang sudah dianggap aman, Fortinet akan selalu berpikir selangkah lebih maju dengan mengantisipasi adanya ancaman-ancaman kejahatan cyber yang mampu merugikan perangkat Anda.

Mengenal Network Security

Network security atau keamanan jaringan merupakan istilah dalam dunia jaringan, teknologi, dan perangkat. Secara singkat Network security ini adalah sebuah aturan dan konfigurasi yang dibuatr sedemikian rupa untuk dapat melindungi integritas.

Kerahasiaan serta ketersediaan aksesibilitas jaringan komputer dan data baik menggunakan perangkat lunak ataupun teknologi perangkat keras. 

Konsep Network Security

Dalam menerapkan Network security dalam jaringan diperlukan beberapa konsep atau hukup dasar yang terdiri dari confidentiality, integrity, dan availability.

Confidentiality (kerahasiaan)

Confidentiality (kerahasiaan) adalah konfigurasi atau aturan diciptakan untuk membatasi pihak ketiga untuk mengakses informasi, konsep ini dirancang untuk mencegah informasi sensitif yang dapat diakses orang yang tidak bertanggung jawab.

Integrity (integritas)

Integrity (integritas) yakni untuk menjamin informasi yang didapatkan akurat dan dapat dipercaya. Konsep ini juga melibatkan akurasi, penjagaan konsistensi, dan kepercayaan data.

Menurut konsep ini, data juga dapat sebuah jaringan yang tidak dapat diubah oleh pihak mana saja misalnya enkripsi data sebuah jaringan.

Availability (ketersediaan) 

Availability (ketersediaan) merupakan jenis konsep yang mampu memastikan informasi yang ada didalam jaringan yang selalu tersedia pada saat orang membutuhkannya. Konsep ini termasuk juga dalam pemeliharaan dan perbaikan perangkat keras, perangkat lunak, ataupun sistem operasi yang digunakan.

Bagian Penting Network Security

Keamanan jaringan terdiri dari 3 bagian penting yakni fisik, teknis, dan administratif, berikut penjelasannya:

Fisik Network Security

Fisik Network security merupakan kontrol yang dapat diakses melalui perangkat fisik yang dapat mencegah orang yang tidak memiliki akses maupun otoritas untuk mendapatkan akses melalui perangkat jaringan fisik seperti router, switch, dan perangkat Network lainnya. Akses kontrol seperti ruang yang terkunci, fingerprint akses pintu ruangan, dan lain sebagainya yang ada pada perusahaan.

Teknis Network Security

Teknis Network Security yang diterapkan untuk melindungi data yang disimpan lewat jaringan yang sedang transit, masuk atau keluar jaringan. Ada dua jenis perlindungan yang diperlukan yakni melindungi data dan sistem dari orang yang tidak memiliki otoritas terhadap data tersebut dan melindungi aktifitas berbahaya yang dilakukan karyawan atau personel.

Administratif Network Security

Administratif Network Security yakni merupakan kontrol yang terdiri dari kebijakan serta proses keamanan yang mengontrol perilaku dari pengguna. Termasuk juga penggunae yang memiliki otoritas dan autentikasi sepereti staff dengan tingkat akses yang berbeda.

Jenis-jenis Network Security

Adapun beberapa aplikasi dan sistem yang dapat dibagi menjadi beberapa jenis Network security. Beriut ini adalah beberapa jenis keamanan jaringan yang cukup populer di dunia teknologi informasi:

Firewall

Adapun salah satu contoh Network security yang paling sering digunakan yakni firewall. Firewall merupakan sistem keamanan jaringan yang dapat mengatur lalu lintas jaringan berdasarkan protokol atau aturan yang sudah dibuat. Firewall ini merupakan pembatas yang ada dalam jaringan internal yang dapat dipercaya dan internet.

Firewall bisa berbentuk perangkat lunak maupun perangkat keras, firewall yang berbasis hardware juga menyediakan fungsi lain yakni sebagai server Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) pada jaringan tersebut.

Namun sebagian besar komputer pribadi pasti menggunakan firewall jenis perangkat lunak atau software sebagai pengamanan data dari jaringan luar. Adapun beberapa jenis perangkat keras seperti router yang sudah menyediakan fitur firewall, dan sebaliknya firewall yang memiliki fungsi routing dasar.

Firewall biasanya dapat digunakan untuk jaringan pribadi yang dapat mencegah akses yang tidak sah dari internet. 

Setiap ada pesan yang masuk maupun keluar dari internet maka harus melewati firewall untuk hal pengamanan.

Konfigurasi firewall yang terbaik adalah dengna perangkat berbasis hardware dan software. Firewall yang juga dapat membantu menyediakan akses jarak jauh ke jaringan pribadi melalui sertifikat otentikasi dan login yang aman. 

Hardware firewall dapat disebut dengan produk yang berdiri sendiri yang ditemukan di router broadband. Biasa sebagian besar firewall hardware dapat ditemukan minimal empat Network ports yang terhubung dengan komputer lain. 

Sedangkan untuk firewall software biasanya terpasang pada komputer untuk melindungi komputer dari ancaman internet.

Antivirus & Antimalware

Antivirus merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi serta menghapus perangkat lunak yang dianggap berbahaya. Antivirus awalnya dirancang untuk mendeteksi dan menghapus virus pada komputer.

Virus ini jenisnya ada banyak termasuk juga malware. Malware merupakan singkatan dari Malicious Software yang termasuk didalamnya yakni virus, worm, trojan ransomware dan spyware.

Malware dapat menginfeksi perangkat yang tidak lama aktif selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Aplikasi antimalware ini juga tidak mencegah masuk akan tetapi juga dapat membuka data-data dan mengubah integritas dan menemukan anomali, menghapus malware dan memperbaiki kerusakan tersebut.

Content Filtering

Perangkat filtering disaring ini menyaring halaman web atau email yang tidak menyenangkan dan juga menyinggung. Content filtering ini dapat digunakan sebagai bagian dari firewall di perusahaan ataupun komputer pribadi. Perangkat ini biasanya akan memunculkan pesan access denied pada saat mencoba mengakses halaman web atau email yang tidak memiliki otoritas. Konten yang disaring adalah konten yang mengandung kekerasan, kebencian, hingga pornografi.

Intrusion Detection Systems

Intrusion Detection Systems, atau biasa disebut sebagai Intrusion Detection dan Prevention Systems merupakan peralatan yang memantau aktivitas berbahaya yang ada didalam jaringan, mencatat informasi tentang aktivitas tersebut, menghentikan, dan melaporkannya.

Email Security

Seperti yang kita ketahui bahwa email juga menjadi sasaran hacker untuk meretasnya yang berusaha mencuri data rahasia dan data-data pribadi pengguna. Informasi pribadi ini juga dapat digunakan untuk penipuan berkedok sosial media ataupun phising yang berisikan email berbahaya.

Maka dari itu jaringan email juga harus memiliki Network security yang kuat dan bagus namun biasanya email dilengkapi dengan perangkat lunak antispam untuk pengamanannya.

Mengapa Menggunakan Layanan Fortinet

Mengapa menggunakan layanan Fortinet? Pertanyaan ini tentu bergantung dari kebutuhan Anda dalam dunia IT.

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa Fortinet memberikan solusi firewall terbaiknya yakni FortiGate yang merupakan solusi terbaik dalam masalah firewall.

FortiGate mampu memberikan solusi pengurangan kompleksitas dan peningkatan keamanan jaringan secara keseluruhan melalui konfigurasi penuh ke aplikasi, perangkat, pengguna dan ancamaan dan jaringan. 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka kita perlu mengoptimalkan lisensi Fortinet sesuai dengan fitur dan kebutuhan yang kita butuhkan.

Pentingnya Fungsi Firewall Pada Jaringan Kantor

Berbicara soal perangkat keras dan perangkat lunak, sebenarnya setiap komputer pasti terinstall perangkat lunak firewall bawaan. Namun sayangnya keamanan ini tidaklah cukup untuk menangkal ancaman cyber dari luar.

Singkatnya firewall bertugas untuk mencegah konten dengan kriteria tautan, file yang tidak dikenal dan berbahaya untuk komputer. Sehingga firewall menjadi media gerbang utama sebelum daya yang direquest masuk ke browser yang digunakan.

Fleksibilitas Manajemen Yang Ditawarkan

Perangkat manajemen yang ditawarkan firewall terutama dari FortiGate memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi.

Fleksibilitas manajemen ini dapat membantu dalam proses pembaharuan perangkat yang ada dalam proses pembaharuan perangkat yang ada dalam kantor.

Hal ini akan meningkatkan efisiensi waktu namun tanpa harus melakuan pembaharuan perangkat satu persatu.

Walaupun tetap melakukan konfigurasi keamanan perangkat saat pertama kali, FortiGate menjamin keamanan jaringan perangkat secara menyeluruh baik sebagai gateway, VPN, router firewall, antivirus, dan lainnya. Selain itu FortiGate juga mampu memberikan akses pemantau atau monitoring perangkat melalui internet browser atau baris command.

UTM Fortinet Yang Diberikan

Fitur UTM di Fortinet adalah sebagai fasilitas penanganan masalah jaringan. Fitur yang diberikan adalah web filtering, firewall, antivirus, dan routing, intrusion prevention system atau IPS dalam satu perangkat FortiGate.

Saat ini menggunakan perangkat FortiGate maka sistem akan berjalan secara bersamaan namun tidak harus melakukan pengaturan yang rumit. 

jangan khawatir, Fortigate menambahkan preferensi fleksibilitas sarana yang dapat digunakan. Jadi Anda sanggup menentukan sarana apa saja yang mengidamkan digunakan cocok bersama kebutuhan.

Fitur Virtual Domain (VDoms)

Fitur VDoms yang di tawarkan oleh fortinet merupakan fleksibilitas akses. Maksudnya layaknya apa? Fortinet memberi tambahan akses ke begitu banyak ragam perusahaan lewat administrator yang berbeda, dan perlu Anda ketahui bahwa ini memanfaatkan unit fisik yang sama.

Tujuan dari fitur ini untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap konfigurasi yang tertentu terjaga dan tidak memiliki ancaman keamanan.

Proteksi FortiGuard

Fortiguard merupakan jenis jasa dukungan yang disediakan khusus untuk memberikan dukungan lanjutan terhadap keamanan jaringan komputer Anda.

Fasilitas support ini mempunyai database jutaan web site yang dikelompokkan secara berbeda. Biasanya, staf yang bertugas terhadap support fortiguard ini punyai wewenang penuh didalam lakukan monitoring dan pemblokiran web site yang diakui sebagai ancaman.

FortiGuard bisa digunakan untuk mengontrol penggunaan bandwidth internet, pengaturan penggunaan akses internet yang bisa sesuai bersama dengan kebijakan perusahaan.

Itulah lebih dari satu alasan mengapa sebuah perusahaan kudu mengfungsikan firewall fortinet sebagai keamanan utama jaringan. Perlindungan jaringan merupakan hal utama yang kudu dimiliki, sebagai investasi awal keamanan Info data perusahaan.

Hal yang Tepat Dilakukan untuk Mengoptimalkan Lisensi Fortinet

Setelah Anda mengehtahui betapa menguntungkannya untuk melakukan update lisensi Fortinet, sekarang adalah bagaimana cara menyelesaikan kebingunan Anda terkait dengan “bagaimana cara untuk update lisensi Fortinet yang legal dan juga aman”. Karena Anda pasti sudah tahu bahwa melakukan update berarti mampu mengoptimalkan device Fortinet yang Anda miliki.

NetData bisa menjadi solusi dimana Anda bisa melakukan update lisensi Fortinet 3 bulan sebelum masa berlakunya habis. Tentunya ini sangat menguntungkan karena Anda tidak terlalu gugup saat sudah hampir habis masa lisensinya.

Anda dapat membeli lisensi Fortinet di NetData dengan harga yang jauh lebih murah daripada Anda membelinya ditempat lain. NetData tentunya merupakan solusi yang sangat tepat Anda bisa membeli lisensi Fortinet secara legal karena NetData merupakan partner resmi Fortinet Indonesia yang sudah diakui banyak perusahaan besar. Hubungi CS kami disini dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Leave a comment

Your email address will not be published.