Mengenal Profesi Security Consultant dan Apa Saja Tugasnya ~ PT. Network Data Sistem

Security Consultant – Semakin hari dunia semakin modern, hal ini ditandai dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih yang berdampak positif sekaligus negatif bagi kehidupan manusia.

Hampir semua aktivitas sehari-hari kita tidak lepas dari adanya teknologi contohnya saja teknologi jaringan dari internet yang digunakan untuk media hiburan, pendidikan, kesehatan, bisnis, dan masih banyak lagi kegunaan jaringan.

Namun semakin canggihnya teknologi jaringan tentu makin tinggi pula risiko ancaman keamanan cyber. Oleh karena itu bagi perusahaan yang berjalan di dunia bisnis akan membutuhkan keamanan cyber seperti Security Consultant.

Nah di artikel kali ini kita akan lebih banyak membahas apa itu Security Consultant, apa saja manfaatnya, dan seberapa pentingkan Security Consultant ini untuk perkembangan bisnis. Mari kita simak beberapa ulasan berikut ini.

Mengenal Sistem Keamanan Jaringan

Dalam memahami apa itu Security Consultant, kita perlu memahami terlebih dahulu apa sih iutu sistem keamanan jaringan yang ada pada perusahaan dan juga industri.

Apa Itu Keamanan Jaringan

Tugas Security Consultant tentu memiliki tanggung jawab tentang keamanan jaringan dalam sebuah perusahaan. 

Keamanan jaringan ini adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menentukan sebuah sistem, alat-alat keamanan, ataupun kebijakan keamanan yang dirancang demi memantau, mencegah, serta merespon gangguan jaringan yang tidak sah. Sistem keamanan jaringan juga akan melindungi aset digital yang termasuk didalamnya yakni Network traffic.

Keamanan jaringan dapat berbentuk dalam software ataupun hardware yang didesain untuk merespon berbagai potensi ancamana serangan cyber yang menyasar ke jaringan internal perusahaan.

Jenis-Jenis Keamanan jaringan

Dalam prakteknya keamanan jaringan ini memiliki jenis yang beragam. Hal ini dikarenakan penyerang memiliki banyak metode yang semakin hari semakin bervariasi. Berikut ini adalah beberapa keamanan jaringan yang diperlukan untuk pertahanan jaringan yang maksimal:

Access control

Jaringan internal dirancang memang hanya untuk digunakan oleh pengguna di lingkungan perusahaan saja. Maka dari itu hendaknya Anda memiliki akses kontrol dalam memblokir pengguna yang tidak berwenang di dalam jaringan Anda.

Pengguna yang tidak sah bisa saja merupakan penyerang yang ingin merusak jaringan ataupun mencuri data rahasia perusahaan sehingga dapat merugikan perusahaan dalam segi kredibilitas hingga finansial.

Antimalware software

Perangkat lunak berupa antimalware adalah perangkat lunak yang melindungi perusahaan Anda dari berbagai perangkat lunak yang berbahaya seperti virus, ransomware, worm, serta trojan. Maka Anda hendaknya menggunakan anti malware yang dapat terus memindai dan terus melacak data berbahaya yang ada dalam jaringan.

Application security

Aplikasi yang tidak memiliki sistem keamanan ini seringkali digunakan oleh penyerang untuk menyisipkan virus atau malware dalam mengakses jaringan Anda. Dengan menerapkan keamanan aplikasi Anda dapat melindungi aplikasi apapun yang berkaitan dengan keamanan jaringan.

Behavioral analytics

Inilah salah satu tugas Security Consultant yang mana menganalisis adanya perilaku jaringan yang tidak normal sehingga dapat mengidentifikasi serta mencegah adanya anomali jaringan di lingkungan perusahaan Anda. 

Data loss prevention

Setiap data yang ada didalam perusahaan adalah data yang penting dan bersifat rahasia. Maka dari itu hendaknya data ini disimpan di tempat penyimpanan yang mengedepankan keamanan data loss prevention. 

Data loss prevention ini adalah tools yang dapat mencegah hilangnya data yang sensitif rusak maupun hilang maupun disalah gunakan oleh pengguna yang tidak sah.

Email security

Email security digunakan untuk mencegah adanya email yang disadap dari jaringan internal perusahaan. Dalam prakteknnya email yang dikirimkan melewati jaringan internal terlebih dahulu baru di kirim lewat internet sehingga dibutuhkan email security di jaringan internal Anda untuk meningkatkan kualitas keamanan email tersebut.

Firewall

Firewall bertindak sebagai pembatas sekaligus penghalang adanya jaringan eksternal yang tidak dipercaya untuk masuk ke jaringan internal Anda. 

Security Consultant biasanya melakukan konfigurasi aturan yang menentukan pemblokiran ataupun mengizinkan lalu lintas ke dalam jaringan.

Intrusion prevention systems

Intrusion prevention systems ini bertugas untuk menganalisa lalu lintas dan paket data sehingga berbagai macam serangan dapat diidentifikasi dengan mudah.

Virtual Private Networks (VPN)

VPN adalah alat yang dapat mengautentikasi komunikasi antara perangkat dan jaringan. VPN ini menciptakan sebuah terowongan atau tunnel yang terenkripsi dalam menghubungkan perangkat Anda ke jaringan internet. Dengan VPN Anda akan terlindungi dari hacker dan serangan dari jaringan eksternal.

Web Security

Web security membantu mencegah serangan berbasis website yang menggunakan browser yang merupakan gerbang utama akses jaringan internal Anda.

Security information and event management (SIEM)

SIEM ini berfungsi sebagai alat yang dapat membantu Security Consultant dalam memberikan informasi mengenai track record atau aktivitas yang terjadi di dalam lingkungan IT perusahaan. SIEM dapat mengidentifikasi dan menganggapi berbagai ancaman yang ada dalam jaringan Anda.

Endpoint security

Tak hanya jaringan internal perusahaan saja yang perlu diberi keamanan jaringan. Namun perangkat pribadi Anda juga rentan terhadap serangan ketika pengguna dalam mengakses jaringan bisnis. Endpoint security diperlukan untuk melindungi jaringan pada saat terhubung dengna perangkat remote.

Wireless security

Teknologi wireless sebenarnya kurang aman jika dibandingkan dengan jaringan kabel. Maka dari itu perlu meningkatkan keamanan untuk memastikan bahwa peretas supaya tidak mudah mengaksesnya.

Network segmentation

Jenis-jenis Network traffic memiliki ancaman resiko yang bermacam-macam. Maka Network segmentation dapat meningkatkan sistem keamanan jaringan. 

Jenis Gangguan Keamanan Jaringan

Ada beberapa jenis gangguan keamanan jaringan yang perlu di ketahui, maka dari itu Security Consultant akan menghimbau Anda akan beberapa ancaman berikut ini :

Hacking

Hacking ini merupakan perusakan pada infrastruktur jaringan internal yang ada.

Carding

Carding merupakan metode pencurian data tentang identitas perbankan seseorang. Biasanya carding dilakukan pada pencurian data kartu kredit seseorang untuk dimanfaatkan dalam berbelanja online.

Deface

Deface adalah metode hacking yang merubah bentuk dari website yang ia retas.

Physing

Physing ini adalah metode hacking yang memalsukan data resmi sehingga terlihat seolah-olah pengguna menggunakan website yang resmi sehingga dapat mencuri semua data rahasia pengguna yang diinput ke website palsu tersebut.

Klasifikasi Serangan Komputer

Membahas tentang serangan komputer, ini bisa dibagi lagi menjadi berbagai macam bagian termasuk dalam hal mengklasifikasikannya. Mengapa harus concern dengan serangan komputer ini? 

Faktanya saja, pelanggaran keamanan siber menjadi lebih umum daripada sebelumnya. Dengan pelanggaran rata-rata yang menelan biaya kerusakan $ 3,62 juta, tidak mengherankan jika perusahaan global berebut untuk mengamankan jaringan mereka dan mencegah penyerang mendapatkan akses ke aset digital mereka.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa klasifikasi serangan komputer yang perlu Anda ketahui:

Keamanan Fisik (Physical Security)

Serangan keamanan siber menjadi lebih canggih setiap hari, dengan penyerang yang dapat meretas, menguping, menipu, dan merekayasa secara sosial jalan mereka ke dalam data perusahaan dan pelanggan yang berharga. Sementara insiden peretasan digital sedang meningkat, banyak profesional IT telah kehilangan fokus pada metode serangan keamanan fisik yang dicoba dan benar. 

Sebuah organisasi dapat mengimplementasikan semua IDS, SIEM, dan antivirus yang mereka inginkan, tetapi firewall tidak akan menghentikan seseorang untuk mendobrak pintu Anda.

Serangan keamanan fisik dapat membahayakan karena membongkat keamanan cyber dan juga kontrol digital.

Keamanan Data dan Media

Pengamanan data dan media sangat penting. Pada keamanan ini penyerang akan memanfaatkan kelemahan yang ada pada software yang diterapkan untuk mengolah data. Lazimnya penyerang akan menyisipkan virus pada komputer sasaran lewat attachment pada e-mail. Cara lainnya ialah dengan memasang backdoor atau trojan horse pada sistem sasaran. Trojan horse memang menjadi momok paling tidak menyenangkan ketika Anda sudah terkena dengan virus tersebut yang menyebabkan beberapa dan dan media Anda bisa dikunci atau dicuri.

Tujuannya untuk mendapatkan dan mengumpulkan kabar berupa password administrator. Kunci hal yang demikian nantinya diterapkan untuk masuk pada account administrator.

Keamanan Dari Pihak Luar

Memanfaatkan elemen kelemahan atau kecerobohan dari orang yang berakibat (mempunyai hak jalan masuk) adalah salah satu perbuatan yang diambli oleh seorang hacker ataupun cracker untuk bisa masuk pada cara yang menjadi sasarannya. Hal ini biasa disebut social engineering. Social engineering adalah jenjang tertinggi dalam dunia hacking ataupun cracking.

Umumnya orang yang melakukan social engineering akan menyamar sebagai orang yang menerapkan cara dan lupa kata kunci, sehingga akan minta terhadap orang yang mempunyai hak jalan masuk pada cara untuk mengubah atau mengganti kata kunci yang akan diaplikasikan untuk memasuki cara tersebut.

Keamanan dalam Operasi

Yang terakhir adalah keamanan dalam operasi. Yaitu salah satu prosedur untuk membatasi semua sesuatu yang berkaitan dengan cara keamanan pasca serangan. Dengan demikian, cara hal yang demikian bisa berjalan bagus atau menjadi normal kembali. Lazimnya para penyerang akan menghapus semua log-log yang ketinggalan pada cara target (log cleaning) setelah menjalankan serangan.

Tips Cara Menjaga Keamanan Jaringan

Ketika sudah mengehtahui berbagai macam serangan kejahatan di dunia maya, sekarang adalah saatnya Anda untuk lebih concern lagi terkait dengan keamanan jaringan. Keamanan jaringan yang bagus tentunya akan membuat Anda bisa tenang dengan data yang Anda miliki yang bisa setidaknya meminimalisir adanya kejahatan cyber. Dengan demikian, mengamankan sistem Anda harus berada di bagian atas daftar teknisi keamanan informasi Anda.

Gunakan Enkripsi Pada Akses Nirkabel

Dengan kredensial curian yang menjadi biang keladi empat dari lima pelanggaran keamanan, jelas nama pengguna dan kata sandi tradisional tidak aman dan tidak cocok untuk peretas canggih saat ini. Otentikasi yang kuat juga disebut sebagai otentikasi dua faktor karena Anda harus menggunakan dua hal yang berbeda untuk membuktikan identitas Anda. Ini menggabungkan sesuatu yang Anda miliki, autentikator (token, kartu pintar, aplikasi seluler), dengan sesuatu yang Anda ketahui, ID masuk dan kata sandi Anda.

Penggunaan password dan ID sangat penting agar tidak sembarang orang bisa terhubung dengan akses nirkabel jaringan yang Anda miliki.

Ganti Alamat SSID

SSID WiFi, atau Service Set Identifier WiFi, adalah istilah teknis untuk nama jaringan nirkabel Anda yang akan Anda lihat saat menghubungkan perangkat ke jaringan rumah nirkabel Anda. Peretas dapat menggunakan alat peretas kata sandi, yang menggunakan SSID WiFi default dan paling umum, untuk dengan mudah menemukan dan mengambil alih jaringan nirkabel Anda untuk mencuri data sensitive.

Gunakan SSID WiFi unik untuk membedakan jaringan rumah Anda dari jaringan lain. Semakin unik, semakin baik.

Matikan Fitur Antarmuka Router

Matikan akses masuk untuk manajemen router supaya tidak dapat diakses dari luar. Apabila ada yang dapat masuk ke dashboard router ini, infiltran akan dengan gampang membaca file log yang ada pada router, untuk amannya matikan saja fitur ini.

Gunakan Antivirus 

Bagaimana Anda agar tidak terserang oleh virus? Tentunya memperketat jaringan Anda dengan menggunakan antivirus. Sangat banyak software antivirus yang ada sekarang ini, namun untuk lebih baiknya memang Anda beli lisensinya agar keamanan bisa lebih menyeluruh.

Lakukan Backup

Selain itu, rutin lakukan backup data penting Anda agar sewaktu-waktu jika ada masalah maka data masih tetap ada di cadangan. Tidak akan tahu apakah jaringan Anda akan terserah oleh virus atau tidak, jika memang terserah oleh virus, maka setidaknya Anda masih punya data yang sudah Anda backup.

Profesi Security Consultant

Secara, memang tidak semua pemilik jaringan komputer paham tentang sistem keamanan jaringan. Walaupun memang seperti itu, tapi mau bagaimanapun jika jaringan komputer tersebut sangat penting bagi usahanya maka mau tidak mau harus ada cara untuk memahami semua tentang jaringan komputer termasuk masalah keamanan.

Profesi security consultant bisa menjadi pihak ke 3 yang bisa dipercaya untuk menangani berbagai masalah tentang keamanan jaringan.

Profesi Spesialis Security Consultant

Seorang security consultant, juga kadang-kadang disebut analis keamanan, menunjukkan kerentanan dalam sistem komputer, jaringan, dan program perangkat lunak dan bekerja menuju solusi untuk memperkuat mereka terhadap peretas. Peran konsultan ini adalah contoh kuat dari pekerjaan TI yang sangat terspesialisasi.

Sementara banyak pekerjaan TI khusus untuk departemen dalam perusahaan, pekerjaan security consultant biasanya mencakup beberapa departemen karena banyaknya data yang harus mereka lindungi.

Security Engineer

Sebagai security engineer, tugasnya adalah menjaga dan menjalankan sistem keamanan perusahaan. Ini mungkin melibatkan penerapan dan pengujian fitur keamanan baru, merencanakan peningkatan komputer dan jaringan, pemecahan masalah, dan menanggapi insiden keamanan.

Security Architect

Seorang security architect adalah individu tingkat manajemen yang mengawasi keamanan jaringan organisasi. Para profesional ini dibutuhkan ketika jaringan pertama kali dirancang, dibangun, dan diimplementasikan, serta sepanjang masa pakai jaringan.

Security Analyst

Tugasnya adalah untuk memantau jaringan organisasi mereka dari pelanggaran keamanan dan selidiki jika terjadi. Menggunakan dan memelihara perangkat lunak, seperti firewall dan program enkripsi data, untuk melindungi informasi sensitif. Periksa kerentanan dalam sistem komputer dan jaringan.

Developer Software Security

Sebagai developer software security, tugasnya adalah membuat teknologi keamanan baru dan membuat perubahan pada aplikasi dan program yang ada. Mereka juga dapat mengintegrasikan protokol keamanan ke dalam aplikasi dan program perangkat lunak yang ada.

Auditor Security

Sebagai profesional keamanan informasi khusus, auditor security melakukan audit sistem keamanan komputer. Mereka memiliki pengetahuan tentang komputer dan teknologi informasi, ditambah keahlian dalam keamanan siber, pengujian penetrasi, dan pengembangan kebijakan.

Chief Information Security Officer

Chief information security officer (CISO) adalah eksekutif tingkat senior dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk menetapkan dan memelihara visi, strategi, dan program perusahaan untuk memastikan aset dan teknologi informasi dilindungi secara memadai.

Peran dan Tanggung Jawab Security Consultant

Seorang security consultant fokus pada perlindungan, tetapi pekerjaan mereka beragam. Pada akhirnya, deskripsi pekerjaannya melibatkan penerapan dan pelaksanaan strategi untuk keamanan siber perusahaan atau klien. 

Berikut adalah beberapa penugasan dan tanggung jawab yang dibutuhkan dari konsultan:

  1. Memaksimalkan efisiensi dalam melindungi data dan sistem informasi, jaringan, dan perangkat lunak dari serangan peretas.
  2. Bekerja sama dengan departemen TI untuk memperbaiki masalah keamanan online tertentu.
  3. Bekerja dengan manajer, insinyur, dan analis keamanan lainnya untuk mengurangi risiko bagi organisasi.
  4. Mengawasi dan melakukan tes untuk kerentanan sistem.
  5. Mengawasi dan membimbing tim keamanan manajer, insinyur, dan karyawan teknis atau keamanan lainnya.
  6. Merencanakan dan merancang arsitektur keamanan untuk proyek TI.
  7. Teliti kriteria keamanan siber, sistem keamanan, dan prosedur validasi.
  8. Selidiki dan berikan solusi keamanan yang mengacu pada kriteria analisis standar bisnis.
  9. Perbarui dan tingkatkan sistem keamanan sesuai kebutuhan.
  10. Menyampaikan laporan resmi yang merangkum temuan pengujian.

Kesimpulan

Security consultant memiliki tanggung jawab utama melibatkan membantu organisasi melindungi sistem TI mereka dari serangan siber dan akses tidak sah. Para profesional ini mengidentifikasi kerentanan sistem, mengembangkan solusi keamanan, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan.

Jadi, sudah seharusnya untuk para pemilik jaringan komputer harus concern terhadap keamanan. Keamanan tentunya membuat data yang dimiliki secara pribadi yang bersifat rahasia tidak bisa diakses dengan mudahnya oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kewenangan.

NetData merupakan sebuah perusahaan security consultantakan menawarkan keahlian khusus organisasi Anda di berbagai bidang seperti arsitektur keamanan, deteksi serangan dan remediasi, dan respons insiden.

Leave a comment

Your email address will not be published.