Mengenal Perangkat Jaringan Internet ~ PT. Network Data Sistem

Teknologi internet saat ini sudah semakin mendunia, hampir semua orang di dunia aktif menggunakan internet.  Salah satu fungsi dari internet sendiri adalah menghubungkan antara perangkat jaringan internet dengan satu sama lain.

Kali ini kita akan membahas lebih jauh lagi tentang perangkat jaringa komputer mulai dari pengertian perangkat jaringan internet, jenis-jenis perangkat jaringan internet, manfaat, hingga cara kerja dari setiap perangkat jaringan internet berikut ini:

Pengertian perangkat jaringan internet

Sebelum membahas tentang berbagai macam perangkat jaringan internet, kita harus mengenal terlebih dahulu pengertiannya.

Jaringan komputer adalah mengkoneksikan dua atau lebih perangkat komputer satu sama lain agar dapat digunakan sebagai berbagai sumber data.

Setiap endpoint perangkat jaringan internet memiliki IP address sebagai tanda pengenal atau juga bisa  disebut dengan alamat media access control.

Endpoint ini bisa mencakup perangkat server, komputer, telepon, dan juga perangkat keras jaringan lainnya. Jaringan komputer bisa berupa gabungan dari teknologi nirkabel dan juga teknologi kabel.

Jaringan sendiri bisa bersifat publik maupun private yang mana penggunaan jaringan private biasanya memerlukan akses user untuk memasukkan kredensial dalam bentuk kata sandi yang di input secara manual dari admin yang diperoleh langsung oleh pengguna.

Dalam penggunaan jaringan publik seperti internet tidak dibatasi oleh sebuah akses.

Awal Mula Terciptanya Jaringan Internet

Sejarah jaringan internet awal mulanya berasal dari sebuah ide atau gagasan dimana adanya satu komputer secara bersamaan.

Proyek ini dijalankan oleh peneliti Howard Aiken dari Universitas Havard di Laboratorium Bell

Di tahun 1950 adapun super komputer berhasil diciptakan, saat ini adlh sistem TSS atau time sharing system yang ditemukan, inilah titik penting sejarah dimana jaringan komputer pertama kali di aplikasikan.

Beberapa dekade kemudian tepatnya di tahun 1982 TCP atau Transmission Control Protocol pertama kali ditemukan. Kemudian pada tahun 1984 DNS atau Domain Name System juga ditemukan.

Sedangkan pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program World Wide Web (WWW). Sehingga beberapa tahun kemudian jaringan komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Manfaat Jaringan Internet

Adapun manfaat jaringa internet yang merupakan teknologi penting dalam berbagai sektor kehidupan. Berikut ini adalah beberapa manfaat internet yang penting dalam sebuah kehidupan:

Sumber Informasi

Manfaat jaringan internet selain menghubungkan komunikasi global, juga berguna sebagai media informasi dan hiburan.

Internet juga dapat dijadikan sebuah tempat penyimpanan semua informasi yang dapat ditelusuri oleh mesin pencarian seperti Google, Ducduckgo, serta masih banyak jenis lainnya. 

Adapun beberapa informasi dari internet yang dapat mempermudah kehidupan manusia dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Hiburan

Adapun manfaat jaringan internet adaalah sebagai hiburan yang tersedia di internet. Di zaman yang modern ini tentu kita sudah tidak asing lagi dengan berbagai platform media sosial yang efektif membuat kreasi yang inovatif yang mampu memberikan kebutuhan hiburan terhadap pengguna internet.

Sarana Pendukung Kegiatan Ekonomi

Adapun manfaat internet adalah sebagai sarana pendukung kegiatan ekonomi. Hal ini juga sudah sering terjadi karena internet ini dapat dijadikan sebagai sarana penghasil uang yakni menggunakan iklan. Contohnya adalah Youtube yang terkenal dengan monetasi iklannya sebagai pemasukan.

Yang mana manfaat internet ini juga bisa mendorong pengguna untuk berpikir lebih kreatif, kritis, serta inovatif yang semakin pesatnya kemajuan serta perkembangan teknologi.

Pendidikan dan Budaya

Kemudian manfaat internet yang lain adalah sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Ya di masa pandemi ini banyak orang yang mengakses informasi melalui online apalagi saat ini anak-anak sekolah dari SD hingga SMA diwajibkan untuk belajar online lewat internet tak terkecuali juga mahasiswa yang ada di perguruan tinggi.

Beragam jenis jaringan dan topologinya

Dalam dunia perangkat jaringan internet, tentu kita perlu mengetahui jenis-jenis topologi jaringan komputer. 

Topologi jaringan komputer adalah metode atau cara yang dipakai sebagai penghubung satu komputer dengan komputer lainnya.

Bisa dikatakan topologi ini adalah struktur yang dihubungkan satu komputer dengan komputer lainnya yang dapat menggunakan teknologi kabel maupun nirkabel.

Jaringan, MAN, LAN, WAN

Jaringan MAN, LAN, dan WAN adalah tiga jenis jaringan utama yang didesain untuk dapat beroperasi dalam area yang dicakupnya.

Perbedaan diantara ketiga jaringan MAN, LAN, dan WAN ini adalah luasnya area wilayah geografis yang dicakupnya.

Cakupan jaringan wilayah yang paling kecil adalah LAN, kemudian yang lebih besar adalah MAN, dan WAN adalah jaringan yang terbesar.

Pengertian MAN

MAN merupakan jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat lainnya dengan area lingkup kota pada jaringan yang sama. Cakupan jaringan ini lebih besar dari jaringan LAN.

Pengertian LAN

Jaringan LAN fungsi untuk menghubungkan  perangkat jaringan dengan cakupan yang cukup kecil.

Adapun contoh penggunaan jaringan LAN adalah di area perkantoran, sekolah, ataupun rumah. Jaringan LAN biasanya menggunakan konektivitas token rin dan ethernet. Sedangkan untuk teknologi nirkabel menggunakan router sebagai pusat server yang dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

Pengertian WAN

WAN adalah kumpulan dari LAN yang sangat luas secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay yang mana konektivitas jarak yang jauh lebih jauh.

Beragam topologi jaringan

Adapun beragam jenis-jenis topologi berikut ini yang paling umum digunakan di dunia perangkat jaringan internet.

topologi ring

Topologi ring atau cincin adalah topologi yang berbentuk lingkaran dimana semua perangkat saling terhubung.

Sehingga setiap workstation akan menerima informasi dari setiap perangkat yang terhubung pada topologi ring.

Sedangkan kekurangan dari topologi ring ini adalah jika salah satu node terjadi permasalahan, maka semua jaringan akan mengalami gangguan.

topologi bus

topologi bus adalah topologi yang memiliki kabel tunggal pada masing-masing workstation dan server yang saling terhubung.

Kelebihan dari topologi bus sendiri adalah pengembangan jaringan dan workstation baru maka tidak akan mengganggu workstatin lainnya.

Untuk kekurangannya adalah jika kabel putus maka akan mempengaruhi semua keseluruhan jaringan.

topologi star

Topologi star atau bintang adalah topologi yang masing-masing workstation memiliki jalur yang terhubung langsung ke server atau hub.

Kelebihan topologi ini adalah jika ada satu workstation yang mengalami gangguan, maka tidak mempengaruhi jaringan yang ada.

Namun kelemahannya yakni topologi ini membutuhkan sumber daya yang besar serta cukup mahal dalam hal biaya perawatannya.

Beragam perangkat jaringan internet

Adapun perkembangan perangkat jaringan internet untuk membantu serta mengoptimalkan operasional kinerja dalam sebuah jaringan.

Berikut ini adalah beberapa perangkat jaringan internet yang paling sering kita jumpai beserta fungsinya:

1. Switch

Switch merupakan salah satu perangkat jaringan internet yang penting dalam sebuah jaringan biasanya switch ini memiliki fungsi untuk membantu bertukarnya informasi serta data dari beberapa komputer.

Apa Itu Switch?

Pengertian switch adalah sebuah komponen jaringan internet yang berfungi dalam menghubungkan beberapa perangkat komputer sehingga dapat melakukan sebuah pertukaran informasi dan memproses data menuju perangkat lainnya.

Selain itu juga switch jaringan ini dijadikan sebagai penghubung antar hub yang membentuk sebuah topologi jaringan komputer yang lebih besar dengan bandwidth yang juga besar.

Tetapi berbeda dengan perangkat hub, switch ini memiliki kinerja yang lebih terarah, efisien, serta langsung menyasar pada alamat tujuan untuk pertukaran data, memproses ataupun mengirim data.

Dan juga switch ini juga mampu mendeteksi tujuan data agar dapat mencegah adanya tabrakan ketika data dikirim.

Fungsi Switch

Fungsi switch yakni sebagai pusat jaringan internet yang mampu menerima serta membagikan data antar perangkat komputer. Adapun beberapa fungsi switch ini yang perlu Anda ketahui seperti dibawah ini:

Looping avoidance

Looping adalah perputaran data yang terjadi di port switch saja, sehingga switch juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya looping yang terjadi akibat data yang diterima tidak diketahui darimana.

Looping adalah perputaran data yang terjadi dalam port switch saja. Sehingga switch ini mampu mencegah terjadinya looping yang ada ketika menerima data yang tidak diketahui tujuanya.

Adapun data yang diterima akan diteruskan kepada IP address tujuan lewat salah satu port yang diblok menuju ke perangkat lainnya.

Meneruskan paket data frame

Switch adapun dipergunakan untuk menyaring dan menerima data frame ke alamat yang akan dituju.

Selain mengirimkan data ke alamat yang dituju, penerusan data frame ini juga dilanjutkan ke alamat MAC dan port tertentu. Dengan begitu maka peristiwa tabrakan saat ini proses pengiriman data dapat dikurangi.

Address learning

Address learning di switch berfungsi mencatat alamat MAC antara perangkat jaringan yang sudah terhubung.

Switch jaringan akan menerima data serta switch yang juga melakukan pencatatan MAC address dari pengirim sekaligus mempelajari kemana arah data yang dikirim.

Jenis Switch

Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang apa itu switch, sebaiknya ketahui juga jenis-jenis switch. Adapun jenis-jenis switch antara lain sebagai berikut:

Unmanaged Switch

Jenis switch unmanaged ini adalah jenis switch jaringan yang paling murah dipasaran. Karena biasanya jenis switch ini digunakan untuk jaringan yang berskala kecil seperti dirumah ataupun kantor.

Unmanaged switch biasanya memiliki fungsi utama sebagai pengelola aliran data antar printer dan beberapa komputer serta antar perangkat lain.

Selain jenis switch ini dapat dipakai secara langsung tanpa membutuhkan pengaturan yang rumit, kelebihan unmanaged switch ini adalah segi instalasinya yang mudah serta harganya yang relatif lebih murah.

Managed Switch

Jenis managed switch memiliki kelebihan adanya user interface yang lengkap. User interface ini memudahkan penggunanya ketika 

Dengan kelebihan adapun maka dapat dimudahkan Anda dalam mengkonfigurasi switch. Anda dapat menggunakan metode konfigurasi seperti console, interface dan paling canggih lewat internet.

Smart Switch

Smart swich adalah modifikasi  karakteristik antara dua jenis switch unmanaged switch dan managed switch. 

Tetapi smart switch ini pengaturan dan konfigurasi yang memanfaatkan teknologi web base. Jenis switch ini juga memiliki kelebihan yang mana kemampuan pengaturan otomatis dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan jaringan internet.

Enterprise-Managed Swicth

Enterprise-managed switch adalah jenis switch yang sering dipakai oleh perusahaan besar sehingga membutuhkan jaringan sebagai pemantau sekaligus mengkonfigurasi.

Karena switch jenis ini memiliki konsep topologi jaringan yang lebih kompleks dibanding dengan jenis lain. Selain itu juga switch ini juga dari segi pengelola serta kemampuan dalam menghubungkan perangkat, yang biasanya hanya sekitar 4-8 port khusus untuk perangkat ethernet.

Cara Kerja Switch

Berbicara cara kerja switch berkaitan dengan kemampuan switch yang lebih baik dan efisien dalam memproses data dibandingkan dengan HUB.

Penerapan, switch akan menerima data yang dikirim perangkat lain yang sudah terkoneksi. Kemudian switch akan mendeteksi dan mencocokan alamat MAC ke tujuan data tabel yang dimiliki.

Tahap berikutnya yakni switch yang membuat sebuah logika koneksi dengan port yang terhubung ke perangkat yang dituju.

Dan juga demikian data yang dikirim juga bisa diterima oleh port tujuan, sedangkan untuk port lainnya tidak akan menerima datanya. Sehingga switch mampu mengurangi potensi adannya tabrakan data.

2. Router

Perangkat jaringan internet selain switch yang lain adalah router. Ya router ini tentu sudah menjadi kata yang tidak asing lagi buat kalian yang sering menggunakan internet. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang router dan bagaimana cara kerjanya.

Apa Itu Router?

Router merupakan perangkat yang mampu mengirimkan data melalui jaringan internet dan menghubungkan kesemua perangkat yang terhubung ke internet. Proses ini disebut dengan routing. 

Fungsi Router

Berikut ini adalah 3 fungsi router:

Menghubungkan Perangkat ke Internet

Dari pengertian router diatas, bahwa salah satu fungsi router yakni sebagai penghubung jaringan dengan perangkat yang terhubung dengan internet.

Menyebarkan Sinyal WiFi

Router juga dapat berperan sebagai perangkat jaringan internet yang mentransmisikan informasi serta data dari jaringan ke jaringan yang lainnya.

Seperti misalnya Anda memiliki dirumah yang memiliki 2 lantai namun untuk dapat mencakup semua lantai tentu Anda harus memasang router di lantai 1 dan lantai 2. Maka router utama akan mentransmisikan informasi atau data ke router selanjutnya akan diteruskan ke seluruh perangkat yang ada di router lainnya.

Menghubungkan Beberapa Perangkat

Fungsi router sebagai penghubung jaringan dijelaskan bahwa beberapa jaringan dapat dihubuntkan menjadi satu sehingga pengguna  dapat mengirimkan paket data ke semua perangkat jaringan internet e jaringan lainya.

Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi berikutnya adalah sebagai penghubung serta jembatan antar jaringan dengan DSL atau Digital Subscriber Line, dan dapat dipasangnya firewall agar jaringan dapat menyaring data yang diteruskan.

Jenis Router

Adapun jenis router yang dapat dibedakan dari bentuk dan konfigurasinya. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis router yang membentuk perangkat jaringan internet antara lain:

Router Perangkat Keras

Jenis router dari bentuknya adalah router hardware yang merupakan router yang memiliki bentuk fisik serta bertugas dalam membagikan IP address ke setiap perangkat jaringan internet yang terhubung.

Router jenis ini biasanya paling umum dipakai di Cisco dan Mikrotik.

Router Perangkat Lunak

Untuk jenis router perangkat lunak dapat diunduh melalui perangkat dengan sistem operasi komputer seperti Windows, Mac OS, atau Linux. 

Router jenis perangkat lunak dapat berupa aplikasi yang dipasang disebuah perangkat dan penggunannya tergantung dari perangkat yang menggunakannya.

Router pada PC

Router pada PC mirip seperti router software yang mana router ini dapat diunduh lewat personal computer atau PC yang digunakan sebagai router.

Jenis router ini berdasarkan bentuknya yang diunduh lewat komputer dengan spesifikasi minimal intel pentium 2.

Cara Kerja Router

Cara kerja router sendiri adalah bagaimana sebuah perangkat jaringan internet mampu mengarahkan lalu lintas internet yang masuk dan keluar didalam jaringan tersebut dengan cara yang paling cepat dan efisien.

Sehingga setiap informasi yang ada didalam rumah seperti misalnya film, email, gambar, dan teks masing-masing akan memerlukan bandwidth yang berbeda-beda.

Pada saat bertambahnya perangkat yang terhubung ke router maka Anda secara langsung meminta router untuk menambahkan lebih banyak pekerjaan.

Sehingga router bekerja dengan cara menghubungkan setiap perangkat yang ada pada jaringan dan meneruskan paket data ke perangkar jaringan internet tersebut.

Data ini nantinya akan dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain atau dari perangkat ke internet.

Router juga dapat melakukan hal tersebut dengan menempatkan IP address lokal untuk masing-masing perangkat yang ada dalam sebuah jaringan.

Fungsi router ini memasukan jika paket data telah sampai ke sasaran yang tepat dan tidak tersesat di dalam jaringan.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan.

3. Akses Point

Perangkat jaringan internet selanjutnya adalah akses point. Dalam pengaturan rumah yang khas, hanya ada satu akses point untuk semua perangkat, yang sering kali berupa router atau modem. Dalam pengaturan perusahaan, berbagai akses point ditempatkan di lokasi yang berbeda untuk memperluas jangkauan jaringan.

Sebuah gedung perusahaan, misalnya, akan memiliki berbagai akses point yang diposisikan di setiap lantai atau sudut kantor untuk memproyeksikan koneksi Wifi ke perangkat terdekat. Hasilnya, pengguna jaringan dapat menikmati koneksi Wifi di mana pun mereka bergerak di dalam gedung. Sistem mereka pada dasarnya hanya perlu beralih di antara akses point untuk menjaga koneksi.

Akses Point Adalah

Akses point adalah jenis perangkat keras, seperti router nirkabel, yang bertindak sebagai portal koneksi untuk perangkat lain dalam jaringan. Definisi lain berkaitan dengan titik akses sebagai perangkat mandiri yang berfungsi sebagai penghubung antara router dan Local Area Network (LAN) untuk mengaktifkan koneksi perangkat.

Fungsi Access Point

Akses point dapat digunakan untuk menyediakan konektivitas jaringan di lingkungan kantor, memungkinkan karyawan untuk bekerja di mana saja di kantor dan tetap terhubung ke jaringan. Selain itu, akses point menyediakan Internet nirkabel khusus untuk wireless access point (WAP) di tempat-tempat umum, seperti kedai kopi, bandara, dan stasiun kereta api.

Wireless akses point paling sering dipikirkan dalam konteks seri 802 standar nirkabel, umumnya dikenal sebagai Wifi. Meskipun ada standar nirkabel lainnya, sebagian besar istilah hotspot Wifi dan WAP sangatlah identik dan umumnya sama.

Jenis Access point

Akses point yang merupakan perangkat jaringan internet ini memiliki beberapa jenis yang dimana setiap jenis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, antara lain adalah:

Indoor Access Point

Akses point merupakan salah satu jenis akses point yang digunakan untuk kebutuhan dalam ruangan. Misalnya Anda ingin menggunakan akses point dalam ruangan kantor atau dalam café tentunya ini adalah salah satu yang bisa Anda terapkan. 

Outdoor Access Point

Access point untuk kebutuhan outdoor adalah yang bisa Anda gunakan untuk luar ruangan. Jangkauan wifi luar ruangan memang sangat berbeda daripada indoor. Jaringannya lebih luas dan juga terbilang sangat bagus koneksinya daripada Anda menggunakan akses point indoor untuk kebutuhan luar ruangan.

Router Access point

Wireless Router access point yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network lainnya, baik itu sebuah jaringan LAN ke LAN, atau LAN ke WAN. Sehingga kita dapat berhubungan dengan host-host yang mempunyai jaringan berbeda.

Kelebihan Access point

Access point lebih baik untuk bisnis karena jangkauan transmisinya yang luas, akses pengguna yang tinggi, dan kemampuan pengiriman dan penerimaan sinyal yang lebih kuat. AP nirkabel juga memiliki kinerja keamanan yang lebih baik, yang penting untuk bisnis apa pun. Selain itu, ada beberapa kelebihan lainnya, diantaranya:

1. Pengaturan Mudah

Pemasangan dan kesederhanaan yang cepat dalam memasang sistem LAN nirkabel dapat dilakukan dengan cepat dan mudah serta dapat menghilangkan kebutuhan untuk menarik kabel melalui dinding, lantai, dan langit-langit.

2. Tidak Diperlukan Sebuah PC Berjalan 24 jam untuk Melayani Network

Access point memiliki kelebihan yang tentunya sangat menguntungkan. Adalah jaringan internet tidak memerlukan PC yang digunakan untuk mengatur jaringan dan melayani jaringan selama 24 jam. Dalam artian, untuk melayani network tidak selalu bergantung pada PC yang terkoneksi untuk mengaturnya.

3. Sistem Security pada Model Access Point Lebih Terjamak

Keamanan nyata untuk jaringan nirkabel berasal dari pemilihan teknik keamanan yang terbukti. Saat ini, teknik terbaru dan aman adalah WPA3.

4. Bridge

Perangkat jaringan internet yang tak kalah penting adalah bridge. Bridge terdiri dari berbagai jenis dan juga memiliki berbagai fungsi.

Pengertian Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang menghubungkan beberapa LAN (jaringan area lokal) bersama-sama untuk membentuk LAN yang lebih besar. Proses penggabungan jaringan disebut network bridging. Sebuah jembatan menghubungkan komponen yang berbeda sehingga mereka muncul sebagai bagian dari satu jaringan. Bridge beroperasi pada layer data link model OSI dan karenanya juga disebut sebagai switch Layer 2.

Jenis-Jenis Bridge

Dalam bridge juga terdapat berbagai jenis yang semuanya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jenis-jenis bridge yang sering digunakan antara lain adalah:

Bridge Lokal

Local Bridge memungkinkan Anda untuk berbicara dengan teman, keluarga, dan rekan kerja di jaringan Wi-Fi pribadi tanpa menggunakan koneksi internet. Jaga percakapan Anda tetap pribadi dalam jaringan Wi-Fi Anda sendiri. Percakapan Anda tidak akan pernah meninggalkan jaringan Anda.

Bridge Remote

Dalam banyak situasi, LAN tidak mungkin bekerja secara langsung dengan bridge antar LAN. Karena banyak perusahaan terdistribusi secara luas, LAN harus sering dihubungkan dengan tautan komunikasi area luas. 

Tautan ini menghubungkan jembatan LAN sebagai topologi point-to-point. Koneksi seperti itu disebut bridge remote.

Bridge Nirkabel

Bridge nirkabel mengubah perangkat berkemampuan jaringan kabel apa pun dengan port Ethernet yang tersedia ke teknologi nirkabel terbaru. Sekarang Anda dapat membuat perangkat berkabel seperti printer, komputer berkabel, TV, konsol game, dan bahkan penyimpanan yang terpasang ke jaringan nirkabel.

Fungsi Bridge

Dengan mencegah lalu lintas yang tidak perlu menyeberang ke segmen jaringan lain, sebuah bridge dapat secara dramatis mengurangi jumlah lalu lintas jaringan pada suatu segmen. Fungsi bridge yang lainnya adalah:

  1. Sebagai Penghubung Dua Jaringan di Tempat Jauh

Bridge menghubungkan dua atau lebih LAN berbeda yang memiliki protokol serupa dan menyediakan komunikasi antar perangkat (node) di dalamnya. Ini berarti bisa dilakukan dalam jarak yang cukup jauh.

  1. Otonomi dari Masing-masing Jaringan

Dengan menggabungkan beberapa LAN, bridge membantu dalam mengalikan kapasitas jaringan dari satu LAN. Jadi, jika ingin mengatur jaringan dan terhubung ke department yang lain maka bisa dengan bantuan bridge ini.

  1. Untuk Mengakomodasi Beban Jaringan

Dengan cara ini secara efektif mengurangi arus lalu lintas melalui LAN. Sebuah bridge beroperasi dengan menentukan apakah data yang masuk (atau lalu lintas) akan diarahkan ke alamat penerusan atau dibuang. Paket data yang diterima oleh bridge membawa alamat tujuan, yang dibaca oleh bridge dan diuraikan dengan penyesuaian.

Cara Kerja Bridge

Sebuah bridge dalam jaringan komputer terhubung dengan jaringan brige lain yang menggunakan protokol serupa. Perangkat jaringan ini bekerja pada lapisan tautan data dalam model OSI untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda dan menyediakan komunikasi di antara mereka. 

Mirip dengan hub dan repeater, bridging data broadcast ke setiap node. Tapi, memelihara tabel alamat MAC (Media Access Control) untuk mengetahui segmen baru. Jadi transmisi berikut ditransmisikan ke penerima pilihan saja.

Sebuah bridge menggunakan database untuk menentukan di mana untuk mengirimkan jika tidak menghapus data frame.

5. Hub

Perangkat jaringan selanjutnya adalah hub. Hub pada dasarnya adalah repeater multiport. Sebuah hub menghubungkan beberapa kabel yang berasal dari cabang yang berbeda, misalnya konektor pada topologi star yang menghubungkan stasiun yang berbeda.

Sebenarnya jika dijabarkan secara rinci, hub memiliki beberapa jenis dan juga fungsinya juga yang mungkin masih belum banyak yang tahu. Kelebihan serta kekurangannya juga ada.

Apa Itu Hub?

Jika Anda bertanya apa itu hub, hub adalah perangkat jaringan internet yang paling sederhana dari switch, router, dan bridge di jaringan. Secara umum, hub adalah bagian tengah roda tempat jari-jari bertemu. Hub tidak dapat memfilter data sehingga paket data dikirim ke semua perangkat atau komputer yang terhubung dan tidak memiliki kecerdasan untuk menemukan jalur terbaik untuk paket data. Hal ini menyebabkan inefisiensi dan pemborosan.

Sebagai produk jaringan, hub dapat mencakup sekelompok kartu modem untuk pengguna dial-in, kartu gateway untuk koneksi ke jaringan area lokal (misalnya, Ethernet atau token ring), dan koneksi ke saluran. Hub digunakan pada jaringan kecil di mana transmisi data tidak terlalu tinggi.

Jenis hub

Hub memiliki 2 jenis, ada active hub dan juga passive hub. Kedua jenis hub ini memiliki fungsinya masing-masing dalam sebuah jaringan internet.

Passive hub

Ini adalah hub yang mengumpulkan kabel dari node dan power supply dari active hub. Hub ini menyampaikan sinyal ke jaringan tanpa membersihkan dan meningkatkannya dan tidak dapat digunakan untuk memperpanjang jarak antar node.

Active Hub

Ini adalah hub yang memiliki power supply sendiri dan dapat membersihkan, meningkatkan, dan menyampaikan sinyal bersamaan dengan jaringan. Ini berfungsi baik sebagai repeater maupun sebagai pusat kabel. Ini digunakan untuk memperpanjang jarak maksimum antara node.

Fungsi Hub

Setelah mengerti apa saja jenis dari hub, sekarang adalah bagaimana Anda mengehtahui fungsi hub. Hub memiliki 3 fungsi terpenting dalam sebuah jaringan internet. Antara lain fungsinya adalah:

1.Menambahkan Network Spacing

Fungsi hub yang pertama merupakan sebagai media untuk penambah network spacing atau jarak jaringan sehingga dapat berguna untuk repeater.

2.Menyediakan Manajemen Terpusat

Apabila ada breakdown isolator atau kekeliruan, karenanya akan ada toleransi atau peringatan dengan manajemen terfokus sehingga bisa terkontrol.

3.Memfasilitasi Removal, Penambahan Workstation

Adanya metode hub yang saling terhubung, maka akan memberikan tambahan workstation serta fasilitas removal sehingga daya kerja kian lebih efisien.

Kelebihan dan Kekurangan Hub

Hub juga memiliki kelebihan, namun dibalik kelebihan tentunya terdapat kekurangan dari hub.

Kelebihan Menggunakan Hub

  • Hub memberikan dukungan untuk berbagai jenis Media Jaringan.
  • Dapat digunakan oleh siapa saja karena sangat murah.
  • Itu dapat dengan mudah menghubungkan berbagai jenis media.
  • Penggunaan hub tidak berdampak pada kinerja jaringan.
  • Selain itu, dapat memperluas total jarak jaringan.

Kekurangan Menggunakan Hub

  • Hub tidak memiliki kemampuan untuk memilih jalur terbaik dari jaringan.
  • Itu tidak termasuk mekanisme seperti deteksi tabrakan.
  • Hub tidak beroperasi dalam mode dupleks penuh dan tidak dapat dibagi ke dalam Segmen.
  • Itu tidak dapat mengurangi lalu lintas jaringan karena tidak memiliki mekanisme.
  • Hub tidak dapat menyaring informasi karena mengirimkan paket ke semua segmen yang terhubung.
  • Selain itu, hub juga tidak mampu menghubungkan berbagai arsitektur jaringan seperti cincin, token, dan ethernet, dan banyak lagi.

6. LAN

LAN, atau jaringan area lokal, adalah sekelompok perangkat komputasi yang terhubung dalam area lokal yang biasanya berbagi koneksi Internet terpusat.

Perlu diketahui jika ini adalah salah satu perangkat jaringan internet yang bisa dikatakan lebih rumit daripada yang lainnya. Jadi, Anda harus benar-benar paham semua hal tentang LAN ketika Anda ingin membangun sebuah jaringan internet.

Apa Itu LAN?

LAN adalah singkatan dari jaringan area lokal. Jaringan adalah sekelompok dua atau lebih komputer yang terhubung, dan LAN adalah jaringan yang terdapat dalam area geografis kecil, biasanya dalam gedung yang sama. 

Jaringan Wifi rumah dan jaringan bisnis kecil adalah contoh umum LAN. LAN juga bisa cukup besar, meskipun jika mereka mengambil banyak bangunan, biasanya lebih akurat untuk mengklasifikasikannya sebagai Wide Area Network (WAN) atau Metropolitan Area Network (MAN).

Pengertian LAN Card

LAN card adalah ‘pintu’ ke jaringan dari komputer. Semua jenis aktivitas jaringan memerlukan LAN card: Internet, printer jaringan, menghubungkan komputer bersama-sama, dan sebagainya. Saat ini banyak perangkat berisi kartu jaringan (atau kemampuan untuk terhubung ke Internet), termasuk televisi untuk aplikasi Internet mereka, pemutar Blu-ray, ponsel, VoIP, telepon meja, dan bahkan lemari es. 

LAN card adalah perangkat keras yang dapat ditambahkan ke komputer, atau dapat diintegrasikan ke dalam perangkat keras utama komputer.

Jenis LAN Card

Seperti apa bentuk kartu LAN? Beberapa kartu LAN terlihat seperti kartu kredit.

Beberapa kartu, seperti kartu PCMCIA, dapat digunakan di laptop. Ada banyak cara lain untuk menghubungkan kartu LAN ke komputer.

  1. PCI Adapter

PCI card masuk ke dalam komputer PC. Kartu menunjukkan port Ethernet, yang merupakan tempat Anda mencolokkan kabel jaringan.

  1. USB Adapter

Kartu jaringan nirkabel berkecepatan tinggi yang digunakan untuk mengakses jaringan melalui port USB di komputer atau laptop. Sebagian besar adaptor LAN USB nirkabel terlihat seperti flash drive USB kecil dan biasanya didasarkan pada standar 802.11g yang menyediakan kecepatan data hingga 54-Mbps di lingkungan LAN nirkabel.

  1. CardBus /PCMCIA

Cardbus adalah perpanjangan dari standar PCMCIA terbaru, yang memperluas bandwidth bus dan throughput menjadi 32 bit pada 33MHz. Sebaliknya, standar kartu PC lama adalah 16 bit pada 8MHz. Cardbus analog dengan slot PCI di desktop, sedangkan standar kartu PC lama analog dengan ISA.

  1. ExpressCard

ExpressCard adalah papan sirkuit cetak eksklusif yang dimasukkan ke dalam slot untuk menyediakan fitur tambahan ke sistem komputer melalui bus komputer, yang mentransfer informasi antara perangkat periferal dan perangkat keras internal komputer.

Fungsi LAN Card

Fungsi LAN card dibedakan menjadi dua tipe, yaitu LAN card kabel dan juga LAN card wireless.

LAN Card Kabel

Tujuan LAN adalah untuk menciptakan koneksi fisik yang bersifat open door. Antarmuka fisik pertama yang didukung oleh LAN card melalui kabel yang dihubungkan ke kartu. Interface itu didefinisikan dengan baik dalam dokumentasi teknis yang paling cocok untuk kabel jaringan. 

LAN Card Wireless

Banyak orang dan bisnis menggunakan pengaturan kartu WLAN card setiap hari, seringkali untuk menyambung ke jaringan rumah atau kantor. Sebagian besar jaringan nirkabel menggunakan teknologi yang disebut multiplexing pembagian frekuensi untuk mengirimkan data.

Fungsi LAN 

Untuk fungsi LAN tentunya bukan hanya untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih, tetapi ada juga fungsi LAN yang lain yang mungkin lebih kompleks.

  1. Menghubungkan 2 Komputer atau Lebih

Tujuan dari ini adalah berbagi sumber daya, termasuk berbagi sumber daya perangkat keras, berbagi file, dan berbagi data inventaris perangkat lunak. Pengguna dapat berbagi perangkat lunak sistem jaringan dan perangkat lunak aplikasi.

  1. Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lainnya

Transfer file data dan jaringan merupakan fitur penting dari LAN modern tidak hanya mengirimkan file, data, informasi, tetapi juga dapat mengirim suara, gambar.

  1. Sharing Printer

Ketika dalam sebuah kantor hanya terdapat satu printer, tentunya dengan menghubungkan satu printer dengan komputer yang ada di ruangan sana bisa menjadi solusi. Jadi, satu printer bisa digunakan bersama-sama pada kantor tersebut dengan komputer yang saling terkoneksi.

  1. LAN Chatting

LAN Messenger adalah aplikasi pesan instan lintas platform gratis dan open source untuk komunikasi melalui jaringan lokal. Itu tidak memerlukan server. Sejumlah fitur berguna termasuk pemberitahuan acara, transfer file, dan pencatatan pesan disediakan.

  1. Remote Komputer

Windows Remote Desktop Connection (RDC) adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan dan menggunakan komputer Windows lain, baik di dalam LAN atau melalui Internet. Anda dapat mengakses semua program dan file Anda seolah-olah Anda sedang duduk langsung di depan komputer Anda. 

Fitur RDC beroperasi pada tulang punggung Windows Remote Desktop Protocol (RDP). Dan RDP adalah apa yang memungkinkan komputer Anda untuk berkomunikasi.

Kesimpulan

Itulah tadi berbagai macam perangkat jaringan internet yang perlu Anda ketahui. Semuanya memang sangat penting ketika Anda ingin membentuk jaringan internet dalam skala professional atau bisa dikatakan untuk sebuah kebutuhan kantor.

NetData adalah solusi yang paling tepat ketika Anda ingin beli perangkat jaringan internet. Anda bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan juga perangkat yang terdiri dari beragam merk dan juga tipe yang sangat lengkap yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda. 

Leave a comment

Your email address will not be published.