Mengenal Meteran Air ~ PT. Network Data Sistem

Meteran Air – Dalam pemakaian air untuk kebutuhan sehari-hari tentu kita perlu mengetahui jumlah debit air penggunaan yang digunakan dengan membaca alat pengukur air di rumah secara tepat. 

Pembacaan meteran air adalah suatu kegiatan dalam membaca indeks meter air yang terlihat pada mesin atau totalister.

Fungsi alat ini yaitu untuk dapat mengetahui besarnya tagihan air pelanggan setiap bulan 

Badan Meter Air

Bagian yang mana alat hitung ada di tepat di tengah bagian alat ini yang disebut dengan bagian utama atau badan meter air. Yang mana sisi ini berlawanan terdapat saluran masuk dan saluran keluar, yang mana pada bagian dalamnya juga ada pada rangkaian roda gigi atau gear.

Bagian Pengukur(Register)

Bagian pengukur ini memiliki fungsi untuk menunjukan hasil hitung dalam bentuk data nilai. Ada beberapa indikasi dalam mengukur jumlah air dengan menggunakan alat yakni :

  • Debit maksimum (Q4) adalah debit paling tinggi dalam jangka pendek.
  • Debit (Q) adalah volume aktual.
  • Debit minimum (Q1) adalah debit paling rendah.
  • Debit nominal (Q3) adalah debit tertinggi dalam kondisi kerja saat air sedang mengalir.
  • Debit transisi (Q2) adalah debit yang berada di antara debit minimum dan debit nominal.
  • Volume aktual (Va) adalah total volume air yang melewati meteran air.
  • Volume indikasi adalah jumlah volume yang ditunjukkan oleh meteran air.
  • Kesalahan maksimum adalah kesalahan relative, dan kesalahan penunjukan merupakan kesalahan yang ditunjuk oleh meteran air.
  • Kehilangan tekanan (∆p) adalah hilangnya tekanan pada debit air yang telah ditentukan.
  • Diameter nominal adalah rancangan pada ukuran komponen pipa.

Bagian Display

Pada bagian display menunjukan beberapa keterangan seperti tipe meter meliputi multi-jet atau single-jet, nominal flow rate, dan metrologi class yang merupakan klasifikasi kelas meter berdasarkan nilai akurasinya.

Dengan Anda mengetahui komponen meteran air, Anda dapat dengan lebih mudah dapat memahami fungsi pada setiap bagian ataupun secara keseluruhan. Sehingga dalam hal ini dapat membantu Anda dalam menggunakan alat ini sesuai dengan fungsinya.

Fungsi Meteran Air

Meteran air memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan jenisnya antara lain :

Menghitung Biaya Produksi

Alat pengukur air ini dapat menghitung biaya taginan air, dengan begitu penggunaan banyak sedikitnya jumlah air dapat dihitung secara valid. Sehingga PDAM dapat mengontrol penggunaan air.

Mengukur Cairan di Industri Makanan

Khusus pada industri makanan, flow meter ini dapat digunakan untuk menambah hasil produksinya. Caranya perusahaan dapat menggunakan batching system sehingga mengetahui jumlah air dalam proses produksinya.

Mengolah Limbah

Meteran juga dapat mengukur bahan kimia yang digunakan, seperti flokulan dan koagulan sehingga ukuran ini dapat dijadikan acuan dalam biaya pengolahan limbah.

Mengecek Kinerja Mesin

Di beberapa perusahaan manufaktur yang juga menggunakan meteran digital. Yang mana alat ini dapat digunakan untuk mengetahui mekanisme dan kapasitas pompa, kompresor, dan cooling system. Perusahaan ini dapat mengetahui adanya kerusakan mesin sejak awal dan penyelesainnya.

Mengontrol Volume Cairan

Flow meter ini juga dapat berfungsi dalam pengawas aliran air yang mana hasil pengukuran ini dalam bentuk rekaman, penyimpanan data, dan PLC.

Keuntungan Menggunakan Flow Meter

Selain memiliki fungsi yang beragam, ada beberapa keuntungan yang dapat diraasakan dari penggunaan meteran air antara lain :

Menghemat Air

Alat ini juga dapat dijadikan acuan jumlah air yang digunakan dan menghemat penggunaan air. Salah satunya yakni adanya smart flow meter. Yang nantinya akan dapat mencegah pemborosan air yang dapat terjadi akibat kebocoran di dalam pipa.

Pengeluaran Lebih Hemat

Meteran air ini juga dapat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat. Anda tidak akan mendapatkan tagihan yang membengkak karena alat ini dapat mengatasi pemborosan air di dalam rumah.

Hasil Pengukuran Lebih Akurat

Flow meter ini menawarkan hasil pengukuran yang lebih akurat. Sehingga pada saat tagihan air muncul maka hanya pemakaian volume air yang digunakan perbulannya. Cara ini cukup ampuh untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

Terhindar dari Flow Meter Palsu

Anda dapat menghindari pemakaian flow meter palsu yang marak di pasaran sehingga dapat mengurangi kerugian pada saat pembayaran tagihan air.

Jenis Jenis Meteran Air

Ada beberapa jenis meteran air yang beredar di pasaran yang memiliki cara kerjanya masing-masing sebagai berikut :

Positive Displacement (Volume)

Meteran air kategori kelas C ini dapat sangat cocok digunakan untuk pelanggan industri kecil maupun domestik. 

Mekanik yang menggerakkan angka meter ditentukan berdasarkan ketentuan pabrik sehingga meteran ini disebut meter volumetric.

Keunggulan Jenis Positive Displacement, yaitu:

  • Memiliki tingkat akurasi yang tinggi.
  • Mudah untuk dibaca tanpa memerlukan keahlian khusus.
  • Mudah dibaca pada aliran dengan tekanan yang lemah.
  • Dapat dipasang disemua posisi.

Jenis Positif Displacement

Sayangnya meteran ini memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi sehingga kotoran atau pasir yang masuk dapat mengganggu pengukuran pada tekanana air yang besar. Meteran positive displacement terdiri dari 2 jenis, yaitu:

Nutating Disc Meter

Nutating disc meter ini memiliki ciri khas terdapatnya lempengan yang membentuk cakram pada bagian dalam body meter. Cakram ini dapat dihubungkan dengan register meter dan berputar seiring masuknya air ke dalam meteran.

Besarnya putaran cakram ini dapat dijadikan indikasi besarnya volume air yang masuk dan tercatat dalam meteran.

Oscillating Piston

Meteran ini memiliki piston atau gayung yang berputar ketika ada aliran air. Aliran air yang masuk lewat lubang input dan akan memenuhi gayung hingga berputar.

Kemudian disalurkan ke dalam ruang dibalik gayung melalui sebuah saringan. Gayung ini menggerakan mekanik yang dapat dihubungkan dengan angka register. 

Namun saringan pada gayung ini sangatlah kecil sehingga dapat mengakibatkan meteran ini mudah macet apabila terhambat pasir.

Non Displacement (Non Volume)

Jenis merteran air yang kedua adalah kebalikan dari positive displacement.  Jenis meteran ini memiliki laju aliran keluaran pompa perpindahan non-positif dapat berubah sebagai respons terhadap tekanan pada outlet. Mereka menggunakan hukum gerak pertama Newton untuk memindahkan cairan melawan resistansi sistem. Meskipun mereka memberikan aliran yang lancar dan kontinu – keluaran alirannya berkurang seiring dengan meningkatnya resistensi sistem.

Meteran non displacement ini terdiri dari beberapa jenis yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

Jenis Meteran Non Volume

Meteran non volume bisa menjadi dua bagian yaitu velocity meter dan juga meteran air turbin yang mungkin keduanya pernah Anda temukan sebelumnya, tapi Anda tidak sadar jika itu adalah jenis meteran yang merupakan non volume.

Velocity Meter

Jenis meteran velocity ini memiliki laju air sebagai penggerak dari mekanikal yang ada di dalam meter dan terhubung kepada angka register meter. Kecepatan pada air secara spesifik di konversi menjadi volume yang terbaca pada register meter. Variasi velocity meter ini ada sebagian type, antara lain adalah:

Single Jet

Meteran air yang seringkali digunakan pada pompa sumur dangkal adalah jenis single jet, berukuran kecil dan membutuhkan daya minimal untuk menjalankannya. Mereka menggunakan satu pipa yang terhubung langsung ke sumber air di bawah rumah Anda. Pompa sumur ini bekerja dengan motor kecil yang menciptakan hisapan dalam sistem jet internal tunggal untuk membantu air masuk ke rumah Anda. Motor juga berada di atas tanah, memungkinkan akses cepat untuk perawatan dan perbaikan.

Kecepatan air menggerakan impeller yang ada di dalam meter dan berputar menggerakan roda gigi mekanik dan diteruskan ke register meter. Perbedaan antara single-jet  dengan multiple-jet ialah bila single jet hanya mempunyai satu lubang input dengan konstruksi dalam meter dihasilkan sedemikian rupa hingga air yang masuk hanya mengenai satu sisi impeller saja demikian dengan lubang keluarnya. Meter ini sangat bagus dalam membaca pada aliran air rendah (low flow), termasuk meter klas C.

Multi-jet

Pompa multi-jet adalah bentuk pompa jet konvertibel. Tidak seperti singe jet, yang menggunakan satu pipa untuk menarik air melalui rakitan jetnya dan ke rumah Anda, rakitan multi-jet ditempatkan di sumber air yang terhubung dengannya. Ini membantu menciptakan lebih banyak tekanan air dari sumbernya karena airnya lebih dalam di bawah tanah. 

Pada gilirannya, dibutuhkan lebih sedikit isap dan tekanan udara untuk mendorong pasokan air Anda dari pompa sumur ke rumah Anda. Meskipun sistemnya sedikit lebih rumit, motor masih berada di atas permukaan tanah dan mudah diakses, dan masa pakainya mirip dengan single-jet.

Meteran Air Turbin

Meter ini memiliki sebagian keping kipas atau rotor yang dipasang pada sumbu as. Metode kerja meter ini sama dengan meter velocity menggunakan kecepatan air untuk memutar baling-baling dan yang diteruskan pada register untuk dikonversi menjadi volume atau kubikasi. 

Meteran turbin ini bisa dibedakan menjadi dua yaitu jenis vertical dan juga horizontal.

Meteran Vertikal (Woltmag)

Jenis meteran air turbin vertical adalah dimana sumbu as baling-baling terpasang secara vertical biasanya diaplikasikan pada aliran yang memiliki aliran turbulensi, konstruksi meter diciptakan sedemikian rupa sehingga alir tak seketika mengenai kipas/baling-baling. Hal ini memungkinkan meter ini bisa mendapatkan seluruh type aliran air sehingga pembacaan meter lebih cermat. Meter type woltman vertical ini juga disebut juga type Woltmag.

Meteran Horizontal (Woltex)

Kebalikan dari Woltmag adalah Woltex. Pada meteran air jenis ini, sumbu as terpasang secara horizontal sehingga dapat juga di sebut type woltman horizontal. Air masuk dari lubang input lantas mengenai baling-baling, meter macam ini cuma dapat mendapatkan air pada aliran dengan kecepatan tinggi, sebab kalau pada debit kecil tak akan sanggup memutar baling-baling.

Cara Membaca Meteran Air

Lihat meteran air Anda untuk menentukan apakah Anda memiliki tampilan analog (dial) atau digital. Petunjuk untuk membaca kedua jenis meter air disertakan di bagian ini.

Cara Membaca Meteran Air Untuk Mengetahui Total Pemakaian Di Rumah

Dalam membaca meteran air sangat diperlukan yang namanya pemahaman yang lebih teliti. Ini karena alat ini berguna untuk mengehtahui total pemakaian air yang ada di rumah Anda. Jika Anda tidak memahami hal tersebut, tentunya Anda bisa jadi tidak akan paham dan malah salah dalam membaca meteran tersebut sehingga bisa jadi Anda membayar pemakaian air tidak sesuai dengan dugaan Anda.

Arti Warna Merah Meteran Air

Pada meteran ini terdapat dua warna yang berbeda, yaitu merah dan juga hitam. Warna merah ini digunakan untuk menunjukkan satuan liter dan pengujian meteran air. 

Arti Warna Hitam Meteran Air

Sebaliknya yaitu hitam, menjunjukkan satuan dalam m3. Inilah yang digunakan untuk mengehtahui tagihan air pada rumah Anda. 

Odometer

Bagian yang lain adalah odometer. Odometer mencatat penggunaan air total dengan cara yang sama seperti odometer di mobil Anda mencatat jarak tempuh. Odeomter meter air mencatat penggunaan air dalam kaki kubik dan menampilkan sebagai berikut: angka dari kanan ke kiri mewakili 1 kaki kubik, 10 kaki kubik, 100 kaki kubik, dan seterusnya.

Dial Besar

Selanjutnya ada dial besar. Dial akan berputar ketika air melewati meteran. Satu putaran penuh dari dial sama dengan 1 kaki kubik air dari 748 galon.

Gerigi Kecil Berbentuk Segitiga

Yang satu ini adalah berguna sebagai indikator aliran rendam dan bisa mendeteksi sedari dini kebocoran air.

Cara Membaca Meteran Air Digital

Pengukur digital membutuhkan cahaya untuk aktivasi sehingga Anda mungkin perlu menyinarinya dengan senter. Tampilan bergantian antara pembacaan meter dan laju aliran. Pembacaan meter sama dengan galon (atau kaki kubik) yang digunakan sedangkan laju aliran sama dengan jumlah galon (atau kaki kubik) per menit yang mengalir melalui meteran air.

Cara Membaca Meteran Air Modbus

Meteran air ini memakai protokol komunikasi yang lebih gampang dibaca atau dikontrol. Kau nantinya bisa membaca jumlah volume air yang diterapkan tanpa sepatutnya mengamati segera di meteran air. Meteran ini juga tetap bisa dibaca tanpa sepatutnya mendatangi lokasi.

Petugas PDAM bisa membaca hasil pengukuran meteran air secara otomatis via data yang dikirim via Automatic Meter Reading. Data tersebut dihubungkan via jaringan ke aplikasi ponsel. 

Ketika membuka aplikasinya, secara otomatis data jumlah penggunaan air bisa dilihat, mulai dari jumlah volume air hingga flow rate. Maka dari itu, pastikan kamu sudah memilih meteran air cocok kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Tips Menghemat Meteran Air

Sudah pasti Anda tahu jika PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) adalah perusahaan yang digunakan oleh masyarakat yang menjadi kebutuhan sehari-hari dalam mendapatkan air bersih. Agar Anda tidak membayarkan tagihan bulanannya yang mahal, terdapat beberapa tips menghemat air yang perlu Anda ketahui.

Jangan Biarkan Keran Tetap Mengalir

Ini adalah cara yang sangat jitu dalam menghemat meteran air. Jangan biarkan keran tetap mengalir. Misalnya saja ketika Anda sedang sikat gigi atau sedang mencuci piring. Jangan biarkan keran tetap mengalir jika Anda tidak membutuhkan air tersebut.

Bayangkan saja, Anda dapat menhemat air sekitar 4 liter permenitnya.

Menampung Air Sebagai Cadangan

Menampung air maksudnya bagaimana? Jika musim hujan, cobalah menampung air hujan tersebut untuk bisa digunakan menyiram tanaman misalnya ketika cuaca sudah menjadi cerah ke dalam ember. Tetap ingat, tutup setelah penuh agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Gunakan Air PDAM Secara Efisien

Bayangkan saja, Anda menggunakan air PDAM untuk menyiram tanaman di siang hari. Tentunya itu tidak ada pentingnya bukan karena air cepat menguap dan tanaman tidak mendapatkan cukup air jadinya.

Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan air PDAM.

Kalibrasi Alat Pengukur

Jikalau Anda  sudah mencatat pemakaian air, tetapi tagihannya tetap membengkak, sebaiknya menyesuaikan jumlah air yang keluar dengan pergerakan angka di meteran air (kalibrasi).

Dikala air yang keluar lebih sedikit dari total angkanya yang naik, maka langsung laporkan hal hal yang demikian terhadap petugas PDAM terkait. Jadi, Anda dapat mengetahui kesalahan yang terjadi di PDAM atau kebocoran air di rumahmu.

Mengendalikan Meteran Air Dari Jarak Jauh

Semakin kesini memang teknologi semakin berkembang dan masuk ke berbagai ranah, dan salah satunya adalah dalam meteran air yang sekarang ini bisa dikendalikan dari jarak jauh. Menarik sekali bukan hal ini?

Ini adalah teknologi smart home yang bisa digunakan dalam mengukur volume air secara otomatis yang akhirnya bisa terekam pada server khusus sehingga bisa dengan otomatis enyesuaikan antara jumlah penggunaan yang menentukan biaya yang digunakan.

Kendalikan Penggunaan Meteran Air Jarak Jauh dengan Smart Home

Smart home memang menjadi solusi rumah masa kini yang bisa dibilang menjadi idaman banyak orang. Karena smart home mengusung berbagia teknologi masa kini yang bisa membantu Anda dalam mengatur berbagai urusan rumah dengan mudah dan juga bisa dikatakan berbagai aspek terdapat disini.

Aspek penggunaan meteran air jarak jauh tentunya sangat membantu bagi kehidupan sehari-hari.

Perbedaan Meteran Air Mekanik dan Smart Water Mater

Ada yang mengatakan jika smart water meter memiliki tingkat akurat yang tinggi. Entah itu benar atau tidak mungkin jika dibandingkan lebih jauh memang terdapat perbedaan yang sangat mendasar tentang keduanya.

Meteran Air Mekanik

  • Tingkat kebocoran penerapan benar-benar tinggi karena data penerapan tak terekam dari waktu ke waktu (realtime)
  • Penghitungan secara manual yang memiliki kemungkinan salah hitung
  • Tunggakan pembayaran dari konsumen

Smart Water Meter

  • Menghindari tingkat kebocoran dalam penerapan air, penerapan air bisa terekam dari waktu ke waktu, valve akan tertutup secara otomatis kalau saldo habis
  • Penghitungan dikerjakan secara otomatis dan jitu dengan metode terintegrasi
  • Tidak ada lagi tunggakan pembayaran, karena bisa dikerjakan dengan metode prabayar, jadi lebih hemat

Kesimpulan

Pengendalian meteran air jarak jauh tentunya adalah keputusan yang sangat tepat jika Anda mengambil jenis meteran ini untuk rumah Anda. Menciptakan smart home dengan pengendalian meteran air jarak jauh sangat bisa berfungsi.

NetData adalah perusahaan yang bisa menyediakan kepada Anda layanan pengendalian meteran air jarak jauh. Dengan berbagai macam keuntungan seperti biaya yang terjangkau dan instalasi yang dijamin cepat dan professional, tentu NetData pilihan terbaik untuk Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.