Ini Dia Beberapa Fitur – Fitur Dari Produk Uniview CCTV ~ PT. Network Data Sistem

Alasan keamanan tentunya sekarang adalah perihal yang sangat penting. Namun, tidak semua sudur dari tempat atau ruangan bisa terus-menerus diawasi selama 24 jam dengan mata kepala sendiri, perlu adanya sebuah alat yang bisa merekam semua itu, dan tentunya itu adalah dengan menggunakan CCTV. CCTV menjadi sebuah kamera yang berguna untuk alasan keamanan. Dan Uniview CCTV adalah salah satu yang bisa diandalkan.

Membahas tentang CCTV, apakah Anda sendiri tahu apa kepanjangan dari CCTV? Carta pemasangannya dan apa saja yang bisa Anda dapatkan dari Anda membeli unit CCTV? Untuk itu, jangan terburu-buru Anda membeli CCTV, ketahui terlebih dahulu tentang CCTV secara menyeluruh terlebih dahulu.

Mari Membahas Perangkat CCTV

CCTV memang sekarang ini sudah tidak diragukan lagi jika banyak yang mengaplikasikannya entah itu pada rumah, kantor, sekolah, atau di ruang publik lainnya termasuk juga di jalan raya pun Anda bisa melihat jika terdapat CCTV di pinggir jalan bukan?

Uniview CCTV adalah salah satu produsen CCTV untuk beragam tipe CCTV sesuai dengan pengaplikasiannya. 

CCTV Adalah

Teknologi CCTV pertama kali dikembangkan pada tahun 1942 oleh ilmuwan Jerman untuk memantau peluncuran roket V2. Itu kemudian digunakan oleh para ilmuwan Amerika selama pengujian bom atom.

CCTV adalah singkatan dari closed-circuit television dan umumnya dikenal sebagai video surveillance. “Closed-circuit” berarti siaran biasanya ditransmisikan ke sejumlah monitor (tertutup), tidak seperti TV “biasa”, yang disiarkan ke publik secara luas. Jaringan CCTV biasanya digunakan untuk mendeteksi dan mencegah kegiatan kriminal, dan mencatat pelanggaran lalu lintas, tetapi mereka memiliki kegunaan lain.

Beberapa Manfaat Memasang CCTV

Memasang CCTV mempunyai beragam manfaat, apalagi Anda memasang Uniview CCTV yang sangat banyak sekali keunggulannya. Tapi, mari kita bahas secara general terlebih dahulu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memasang CCTV di tempat yang Anda butuhkan atau yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah manfaat memasang CCTV yang perlu Anda ketahui:

Dalam Segi Bisnis

Memasang CCTV merupakan langkah efektif untuk meningkatkan keamanan situs bisnis dan juga untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja operasi bisnis.

Singkatnya, sistem CCTV menguntungkan bisnis dengan:

  1. Mencegah pencurian
  2. Mencegah vandalisme
  3. Menyediakan rekaman kamera untuk bukti
  4. Memantau kinerja staf
  5. Memantau keselamatan staf
  6. Memberi Anda visibilitas seluruh tempat bisnis
  7. Membantu Anda mengklaim asuransi
  8. Mengurangi premi asuransi
  9. Memberikan ketenangan pikiran

Dalam Segi Keamanan Aset

Tanggung jawab utama Anda sebagai pemilik bisnis adalah menyediakan lingkungan yang aman, dan CCTV adalah alat yang ampuh dalam membantu Anda melakukan hal itu. Perlindungan aset mencakup perlindungan ruang fisik, produk, dan informasi pribadi perusahaan Anda. Prosesnya melibatkan mengidentifikasi aset yang akan dilindungi dan mengembangkan kebijakan untuk menjaganya agar tetap aman.

Sistem keamanan perlindungan aset adalah garis pertahanan pertama yang kuat terhadap kerugian. Hubungi Univivew CCTV untuk mendiskusikan pertanyaan keamanan perlindungan aset Anda, atau untuk bantuan terkait masalah keamanan lainnya yang mungkin Anda miliki.

Dalam Segi Keamanan Rumah

Manfaat sistem CCTV sangat banyak dan di sini kita melihat 7 keunggulan utama kamera CCTV di rumah.

Merasa aman, merasa aman dan merasa baik! Mengetahui bahwa Anda memiliki sistem CCTV yang dipasang oleh pemasang CCTV profesional cukup membantu untuk menenangkan pikiran Anda tentang keselamatan keluarga dan rumah Anda.

  • Penanggulangan dan Pencegahan Kejahatan

Penjahat dilarang membobol rumah Anda dan mencuri dari Anda atau melakukan kejahatan lain seperti vandalisme dan perilaku anti-sosial.

Jika kejahatan memang terjadi di dalam atau di luar rumah Anda, maka penuntutan memiliki peluang lebih besar untuk berhasil jika Anda memasang CCTV. 

Manfaat lain dari CCTV adalah sistem modern memungkinkan pemantauan jarak jauh di komputer, tablet, atau ponsel melalui koneksi aman melalui internet.

  • Ideal dalam hubungannya dengan Alarm Penyusup

Pemantauan jarak jauh sangat berguna jika Anda juga memasang alarm penyusup. 

Memantau Aktivitas Karyawan

Melacak kinerja karyawan Anda adalah manfaat besar memasang sistem CCTV di tempat bisnis Anda. Anda akan dapat memantau ketepatan waktu dan kehadiran mereka, alat yang berguna saat Anda sendiri tidak berada di lokasi.

Mengawasi Anggota Keluarga

Gunakan sistem keamanan Anda untuk memeriksa anak-anak atau hewan peliharaan dari jarak jauh, dan Anda akan diberi tahu jika ada ancaman. Banyak sistem keamanan juga dapat diatur untuk secara otomatis menghubungi pemadam kebakaran atau departemen kepolisian jika terjadi keadaan darurat, jadi di mana pun Anda berada, Anda tahu rumah Anda akan aman. Fitur ini sangat berguna jika Anda sering bepergian.

Bisa Jadi Barang Bukti Tindakan Kejahatan

Sistem CCTV bisnis Anda dapat membantu mengidentifikasi penjahat dan membawa mereka ke pengadilan. Menangkap penyusup atau aktivitas mencurigakan Anda di kamera bernilai lebih dari sekadar membunyikan alarm.

Polisi atau otoritas terkait akan dapat menggunakan rekaman kamera untuk bukti serta membantu mengidentifikasi penjahat yang dicari.

Mencegah Insiden Keamanan

Vandalisme juga dapat dicegah dengan adanya sistem CCTV. Penjahat tidak ingin ditangkap, jadi kemungkinan besar akan beralih ke target baru jika mereka pikir mereka akan tertangkap kamera melakukan kejahatan.

Pastikan kamera CCTV Anda visual dan menutupi kunci, jika tidak semua, area situs Anda untuk perlindungan maksimal terhadap vandalisme.

Dokumentasi Atau Arsip Kegiatan Usaha

Anda juga bisa menggunakan CCTV sebagai dokumentasi atau arsip kegiatan usaha. Kegiatan usaha yang digunakan untuk sebuah dokumentasi akan lebih mudah Anda menggunakan CCTV dibandingkan Anda merekam secara manual dengan kamera atau smartphone. Selain itu CCTV bisa digunakan untuk hal yang lain bukan?

Beberapa Tipe Kamera CCTV

Dengan banyaknya tipe kamera CCTV yang ada, Anda perlu tahu bagaimana Anda memilih CCTV yang benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

IP Camera

IP camera, atau kamera protokol Internet, adalah jenis kamera keamanan digital yang menerima dan mengirim rekaman video melalui jaringan IP. Mereka biasanya digunakan untuk pengawasan. Tidak seperti CCTV, IP camera tidak memerlukan perangkat perekaman lokal, hanya jaringan lokal. Kamera IP terhubung ke jaringan dengan cara yang sama seperti ponsel dan komputer.

Dome Camera Indoor

Kamera CCTV kubah atau dome camera mendapatkan namanya dari casing berbentuk kubah tempat kamera itu berada. Meskipun ini adalah kamera CCTV yang relatif tersembunyi, ini tidak menghentikan mereka untuk menghalangi penjahat.

CCTV Bullet Camera

Kamera CCTV Bullet memiliki desain ikonik yang sangat terlihat. Mereka berbentuk silinder dan mampu mengamati jarak jauh. Kamera peluru paling sering ditempatkan di luar ruangan sehingga casingnya dibuat tahan terhadap air, debu, dan kotoran.

CCTV PTZ Camera

Dengan PTZ camera (Pan Tilt & Zoom), tim keamanan Anda dapat memiliki kendali penuh atas apa yang direkam. Dengan satu sentuhan tombol, lensa kamera dapat menggeser ke kiri dan ke kanan, miring ke atas dan ke bawah, atau memperbesar dan memperkecil.

CCTV Day and Night Camera

CCTV ini dibuat secara khusus untuk beroperasi secara efektif, terlepas dari seberapa baik pencahayaan lingkungan mereka. Selama siang dan malam hari, mereka akan merekam gambar video yang jelas yang tidak akan dikaburkan oleh kondisi cahaya yang berbeda. Ini dicapai melalui chip pencitraan ekstra sensitif mereka.

CCTV HD Camera

Kamera CCTV HD menawarkan kualitas gambar yang tak tertandingi yang memberikan gambar dengan kejernihan tinggi. Bergantung pada anggaran Anda, mereka dapat memberikan resolusi 720p, hingga 4K.

CCTV Weatherproof

Ini merupakan jenis CCTV pengintai yang biasanya dilengkapi dengan wadah atau penutup tahan cuaca. Tujuannya adalah untuk mencegah debu, kelembapan, atau kondisi elemen lainnya yang dapat merusak komponen internal peralatan.

CCTV Explosion Proof

Kamera yang dirancang untuk daerah yang rawan akan area berbahaya kimia ini memiliki housing yang dirancang secara khusus dan menggunakan bahan yang khusus juga. 

Biasanya, kamera keamanan tahan ledakan menangani watt yang lebih tinggi dan menerapkan fitur yang lebih canggih untuk pengawasan seperti deteksi kebocoran gas, pemantauan suhu, dan pengenalan perilaku. Selain itu, pemasangan kamera keamanan anti ledakan dimaksudkan sebagai desain permanen.

Peralatan dan Perlengkapan CCTV

Ketika Anda sudah memastikan jenis apa CCTV yang akan Anda beli dan Anda gunakan dari Uniview CCTV, selanjutnya adalah tahapan dimana Anda harus mengerti dalam Anda membeli CCTV di Uniview CCTV Anda akan mendapatkan apa saja.

Biasanya, atau umumnya ketika Anda membeli CCTV akan mendapatkan peralatan dan perlengkapan sebagai berikut:

Monitor

Membeli Uniview CCTV Anda akan mendapatkan monitor. Monitor LCD panel datar dan monitor keamanan tampilan publik yang tersedia dalam beberapa ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Inilah yang bertugas untuk menampilkan apa yang dilihat oleh CCTV.

Kamera CCTV

Tentunya Anda akan mendapatkan unit CCTV nya. Unit CCTV ini Anda bisa pasang sesuai dengan tempat yang Anda inginkan, dan pastinya sesuaikan dengan jenisnya.

DVR

Digital Video Recorder. Sistem DVR memproses data video pada perekam. Kemajuan dalam definisi tinggi analog dalam lima tahun terakhir telah mengurangi kesenjangan dalam resolusi dari DVR.

Adaptor dan Power Supply

Power supply CCTV, juga dikenal sebagai unit distribusi daya keamanan, memungkinkan pemasang kamera keamanan untuk menggabungkan sumber daya beberapa kamera ke titik pusat.

Kabel Power

Inti dari Anda bisa menghidupkan ke sumber daya CCTV adalah kabel power ini. Anda bisa memilih seberapa panjang kabel ini mengarah ke pusat sumber daya listrik Anda.

Kabel Coaxial

Kabel coaxial memiliki fungsi sebagai kabel perantara antara kamera CCTV ke DVR dan menyalurkan sinyal video yang direkam kamera dan kemudian diolah oleh DVR. Walaupun kabel power berfungsi untuk memberi tenaga listrik secara terpusat yang kemudian disalurkan ke kamera CCTV.

Konektor BNC

Konektor ini berfungsi menghubungkan komponen video analog dari kamera ke monitor TV atau DVR. Itu terpasang dengan kuat pada tempatnya, menyediakan koneksi yang berkualitas dan aman.

Tang Crimp Kabel Coaxial

Ini adalah alat untuk mengupas kabel coaxial sehingga Anda bisa mencrimpingnya dan membentuknya seperti kabel LAN pada jaringan komputer.

Cara Pemasangan CCTV

Aspek terpenting dalam memasang sistem kamera CCTV adalah memilih tempat yang tepat untuk kamera dan DVR untuk memaksimalkan jangkauan kamera dan meminimalkan panjang kabel (yang pada gilirannya mengurangi kerugian saluran yang memengaruhi kualitas video).

Bagaimana Anda bisa memasang CCTV agar bisa berguna dan berfungsi secara maksimal? Sebenarnya caranya cukup mudah.

Pilih Lokasi Pemasangan CCTV

Untuk penempatan kamera keamanan rumah terbaik di dalam ruangan, pilih sudut di dalam ruangan dari mana sebagian besar titik masuk ke dalam ruangan terlihat. Soket listrik juga harus berada dalam jarak yang dekat. Untuk outdoor, pilih tempat yang lebih tinggi yang menutupi pintu, jendela, garasi, dll. Pilih tempat di atas 3 meter agar tidak mudah dirobohkan.

Langkah Pemasangan CCTV

Berikut ini adalah langkah pemasangan CCTV yang baik dan benar agar CCTV bisa bekerja secara maksimal:

      1. Memasang kamera

Tempatkan unit kamera di tempat yang diinginkan, buat tanda panduan untuk pengeboran. Bor lubang dan palu di cetakan sekrup.

      2. Menempatkan DVR

Sangat disarankan untuk menyimpan DVR di dalam kompartemen terkunci sehingga bahkan jika penyusup melihat DVR, dia tidak dapat menghancurkan video yang direkam.

      3. Mengelola kabel

Rencanakan jalur untuk semua kabel dari kamera ke unit DVR. Gunakan cetakan kawat untuk menjaga kawat tetap rapi dan aman. Paku cetakan di sepanjang jalan dan pasang kabel pengintai siam di dalamnya.

      4. Memasang kabel

Kabel video terhubung melalui port BNC. Lepaskan sekitar 1,5 cm penutup luar kabel video yang sekarang seharusnya memperlihatkan kepangan. Geser barel crimping ke kabel dengan diameter lebih lebar menghadap ke ujung kabel. 

Sekarang lepaskan isolator putih yang menutupi kabel terdalam. Sekarang masukkan kabel yang terbuka ini ke port BNC dan kencangkan crimping barrel. Ini membuat koneksi aman. Hubungkan port output DVR ke layar tempat Anda menginginkan umpan video.

      5. Nyalakan sistem

Mulailah dengan menyalakan kamera diikuti oleh layar dan DVR. Atur DVR sesuai dengan panduan pengguna yang disertakan dengan DVR. Periksa umpan setiap kamera untuk mengonfirmasi bahwa setiap kamera berfungsi dengan baik dan memberikan sudut pandang yang diinginkan.

Beberapa Tips Memilih Kamera CCTV

Ketika Anda memutuskan untuk membeli CCTV, tunggu dulu! Anda harus mengerti beberapa tips memilih CCTV yang benar agar Anda bisa memaksimalkan kegunaan dari CCTV tersebut.

Memang, jika dilihat-lihat masih banyak yang belum mengerti tips memilih kamera CCTV ini. Berikut ini adalah tips memilih kamera CCTV yang baik dan benar agar Anda tidak menyesal telah membeli kamera CCTV.

Kamera CCTV Analog, untuk Durasi Rekaman yang Lebih Panjang 

Kamera dengan jenis ini menggunakan bisa menggunakan hard disk eksternal. Jadi, Anda bisa mendapatkan durasi rekaman video yang lebih panjang.

Kamera CCTV Wi-Fi, untuk Pengecekan yang Lebih Fleksibel

Jika Anda tidak bisa memonitor CCTV dari monitoring room, Anda pilih saja kamera CCTV Wi-Fi. Kamera dengan jenis ini terhubung lewat jaringan internet, kemudian Anda bisa memeriksanya lewat aplikasi di smartphone. Profit kamera ini ialah harganya jauh lebih relatif murah diperbandingkan kamera CCTV analog.

Pilih Kamera yang Bisa Menangkap Objek dengan Jelas, Bahkan di Tempat Gelap

Sangat sial jika Anda memilih CCTV dengan kualitas gambar yang buruk dan juga jika minim cahaya maka objek tidak terlihat. Kamera dengan night vision bisa mengambil video berwarna padahal dalam kondisi minim cahaya. Tetapi, jikalau jumlah sinarnya kurang, hasil video akan menjadi gelap.

Pilih Jangkauan yang Luas, Baik Horizontal Maupun Vertikal

Menangkap objek dengan jelas dan juga dengan jangkauan yang luas adalah salah satu tujuan dari Anda memasang CCTV. Ada sebagian jenis produk yang memungkinkan untuk membatasi sudut pandang kamera. Dengan demikian, Anda tidak cuma bisa memantau salah satu sudut saja, tetapi juga sudut-sudut lainnnya.

Pertimbangkan Kualitas Gambar Full HD

Kualitas gambar maksimal adalah hal yang sangat dibutuhkan, terpenting apabila Anda ingin merekam bukti untuk pencegahan tindak kejahatan atau kriminal yang tidak diinginkan.

Sesuaikan Ketahanannya dengan Tempat Pemasangannya

Ketahanan berarti Anda harus tahu apakah kamera CCTV tersebut tahan akan air atau debu, ini berguna bagi Anda yang akan memasang CCTV untuk luar ruangan.

Beberpaa Produk Uniview CCTV

Uniview adalah pelopor dan pemimpin pengawasan video IP. Pertama kali memperkenalkan pengawasan video IP ke Cina, Uniview sekarang adalah pemain ketiga terbesar dalam pengawasan video di Cina.

Dengan eksplorasi tak terbatas selama 16 tahun, Uniview berevolusi dari pengawasan video ke AIOT: Lini produk VS termasuk kamera IP, NVR, Encoder, Decoder, Storage, Software dan aplikasi Client, AIoT berkisar dari tampilan, kontrol akses cerdas hingga smart office dan smart home.

Uniview CCTV

Sebagai penyedia layanan kamera keamanan terkemuka, Uniview dapat memenuhi kebutuhan keamanan Anda dalam skenario yang berbeda. IP camera dari Uniview CCTV menghasilkan gambar berkualitas tinggi bahkan di lingkungan dengan pencahayaan rendah sambil menampilkan fungsi cerdas berdasarkan analitik konten video, dan meminimalkan bandwidth dan penyimpanan.

Nilai bisnis yang paling penting dari mereka adalah untuk memberikan kinerja yang sangat baik dengan harga yang terjangkau, inilah mengapa Anda memilih Uniview CCTV saja.

Terdapat beberapa golongan Uniview CCTV yang bisa Anda pilih, antara lain:

Easy Series Uniview CCTV

Seri yang satu ini adalah seri dari Uniview CCTV dengan harga yang paling terjangkau. Dengan pilihan mulai dari resolusi 8MP, 5MP, 4MP, 3MP, 2MP membuat Anda bisa bebas memilih mana yang Anda butuhkan atau yang Anda inginkan. Terdapat jenis Fixed Bullet dan Dome Camera.

Jenis ini bisa Anda pasang di rumah Anda karena harganya yang terjangkau dan fitur yang sudah cocok untuk penggunaan rumahan.

Prime Series Uniview CCTV

Masih sama dengan sebelumnya, Prime Series ini terdiri dari Prime-I sampai dengan Prime-IV. Penggunaan yang satu ini bisa Anda gunakan untuk hal yang lebih professional misalnya saja kantor atua sekolah.

Pro Series Uniview CCTV

Ini adalah seri tertinggi dari Uniview CCTV, terdapat pilihan Omniview Camera. Sistem Pengawasan Omniview berada di luar sistem keamanan biasa. Ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk memantau bisnis Anda saat Anda pergi, tetapi juga memainkan peran penting dalam membantu pemilik bisnis dalam mengelola tempat kerja mereka tanpa harus berada di sana secara fisik.

Heat Tracker Uniview CCTV

Heat tracker Uniview CCTV ini menyediakan informasi panas dan kesehatan setempat sehingga masyarakat dapat lebih mempersiapkan dan merespons peristiwa panas ekstrem.

Uniview CCTV memiliki beberapa produk heat tracker camera yang bervariasi, diantaranya adalah:

CW180

  • Pengukuran suhu otomatis, video demo diputar terus menerus selama 24 jam
  • Pengukuran suhu yang akurat
  • Mendukung hubungan suara, alarm waktu nyata dari orang yang demam
  • Snapshot real-time wajah manusia selama pengukuran suhu
  • Mendukung pengingat tanpa topeng
  • Mendukung statistik waktu nyata dari jumlah total pengukuran suhu, jumlah orang normal dan tidak normal
  • Dukungan untuk mengekspor laporan data pengukuran suhu
  • Aplikasi dapat menerima alarm suhu tubuh yang tidak normal, juga dapat melihat snapshot wajah dan suhu
  • Mengurangi biaya tenaga kerja

Face Temperature Detection OET-213H-BTS1

  • Mendukung deteksi non-kontak suhu pergelangan tangan, mendukung peringatan orang dengan suhu tubuh abnormal
  • Mendukung deteksi jarak pergelangan tangan, meningkatkan akurasi pengukuran suhu
  • Mendukung deteksi suhu tubuh dan pengikatan informasi personel, yang dapat dengan cepat mengonfirmasi informasi personel dan melakukan deteksi suhu tubuh 
  • Dukungan mengkonfigurasi nilai ambang deteksi suhu, dan otoritas akses personel dapat dikonfigurasi melalui nilai ambang deteksi suhu
  • Mendukung deteksi anti-spoofing berdasarkan algoritma pembelajaran mendalam, efektif terhadap penipuan seperti foto dan video
  • Mendukung pengukuran wajah dan pengukuran manusia untuk cepat beradaptasi dengan cahaya sekitar

Body Temperature Camera USS-TIC600 Uniview CCTV

  • Jarak yang lebih jauh, adegan besar juga dapat diputar secara akurat dan cepat
  • Sistem berisi benda hitam, dan akurasi pengukuran suhu adalah 0,3℃
  • Tampilan suhu simultan dari pencitraan termal yang terlihat dan inframerah
  • Pencitraan termal waktu-nyata, pengukuran suhu otomatis multi-target
  • Mendukung penangkapan otomatis saat alarm dipicu untuk memberikan bukti setelah acara
  • Mendukung kalibrasi otomatis suhu tubuh dan permukaan untuk membuat pengukuran suhu lebih akurat
  • Dukung permintaan rekaman alarm historis
  • Seluruh sistem dikirimkan bersama dengan tripod, perangkat lunak, dll

Body Temperature Camera USS-TIC500 Uniview CCTV

  • Fungsi pencitraan termal: Resolusi 384 × 288, detektor sensitivitas tinggi
  • Posisi kursor silang suhu tertinggi
  • Mendukung mode pengukuran suhu titik, garis, persegi panjang, dan area tidak beraturan
  • Support fungsi alarm abnormal suhu tubuh manusia
  • Mendukung pengambilan otomatis dari target wajah yang bergerak
  • Dapat memakai topeng untuk mengidentifikasi area wajah untuk menghindari alarm palsu dari benda suhu tinggi non-wajah
  • Fungsi fase cahaya tampak: detektor cahaya tampak definisi tinggi 500W
  • Support kontrol eksposur otomatis dan white balance otomatis
  • Mendukung mode pengukuran suhu wajah, secara cerdas menganalisis target wajah dan mengukur suhu tubuh, mendukung beberapa hubungan alarm
  • Tautan pengukuran suhu cahaya ganda, dapat menggambar informasi pengukuran suhu biasa dan tumpang tindih pada gambar cahaya tampak

Kesimpulan

Uniview CCTV adalah sebuah kamera CCTV dengan beragam keunggulan yang tidak akan bisa Anda dapatkan di kamera CCTV yang lain. Penggunaan CCTV yang bisa maksimal akan membuat Anda merasa aman dengan adanya CCTV.

Ketika Anda ingin mendapatkan produk dari Uniview berupa CCTV terbaik, Anda bisa mengunjungi NetData untuk mendapatkan Uniview CCTV dengan harga yang sangat terjangkau dan pastinya dijamin original.

NetData juga menjual berbagai macam produk dari Uniview yang dijamin sangat lengkap. Kunjungi NetData sekarang juga untuk informasi lebih lanjutnya!

Leave a comment

Your email address will not be published.