Hal Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Network Automation ~ PT. Network Data Sistem

Dalam era digital saat ini banyak sekali perusahaan yang mulai menggunakan teknologi canggih untuk memudahkan mereke mengembangkan bisnis. Salah satu teknologi ini adalah Network Automation. Nah apa sih itu Network Automation dan apa untungnya menggunakan Network Automation dalam perusahaan? Mari kita simak artikel berikut ini.

Penjelasan Mengenai Jaringan Komputer

Sebelum membahas Network Automation, kita hendaknya mengetahui apa dasar dari Network Automation tersebut yakni jaringan komputer itu sendiri.

Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer dengan perangkat lainnya agar terintegrasi, terpusat, dan menjadi satu kesatuan.

Sehingga jaringan komputer adalah suatu kumpulan komputer dan peralatan lain yang terhubung dalam satu kesatuan. 

Tujuan Jaringan Komputer

Tujuan jaringan komputer ini tidak lain adalah untuk memberikan manfaat dalam kehidupan manusia salah satunya yakni untuk mempermudah pekerjaan dalam hal aktivitas bisnis, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Pembagian sumber daya

Jaringan komputer ini dapat digunakan untuk membagi sumber daya, misalnya komputer ingin mencetak berkas dengan menggunakan printer dalam jaringan yang sama.

Informasi

Dengan jaringan komputer kita dapat mengakses informasi di internet yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan misalnya menggunakan web browsing.

Sarana Komunikasi

Jaringan komputer yang terhubung menggunakan jaringan internet maka dapat mempermudah manusia dalam melakukan telekomunikasi. Misalnya menggunakan email, chatting, video conference, dan masih banyak lagi.

Topologi Jaringan Komputer

Di jaringan komputer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarlan tata letak perangkat yang terhubung. Topologi jaringan ini dibagi menjadi beberapa tipe dasar 

Dalam jaringan komputer, topologi mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung. Topologi jaringan komputer bisa dibilang sebagai bentuk atau struktur virtual jaringan. Bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik sebenarnya dari perangkat di jaringan.

  • Bus (bis)
  • Ring (cincin)
  • Star (bintang)
  • Tree (pohon)
  • Mesh (jala)

Bus

Topologi jaringan komputer bus ini menggunakan kabel dalam menghubungkan antar komputer. Kabel ini berfungsi sebagai media komunikasi.

Perangkat yang ingin berkomunikasi dengan perangkat yang berkomunikasi dengan perangkat lain dalam mengirim pesan, menggunakan printer, dan bersharing file.

Ring (Cincin)

Dalam jaringan cincin ini merupakan jaringan minimal dengan dua komputer untuk tujuan komunikasi. 

Jika ada kerusakaan pada kabel maka semua jaringan akan rusak dan tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Star (Bintang)

Topologi star atau bintang ini memiliki pusat atau hub node yang memungkinkan merupakan hub jaringan, switch, atau router.

Jika dibandingkan dengan bus, jaringan bintang biasanya membutuhkan lebih banyak kabel, namun jika kegagalan dalam kabel jaringan star hanya akan menurunkan satu akses jaringan. 

Tree (Pohon)

Topologi pohon ini merupakan gabungan antara topologi bintang untuk membentuk topologi bus.

Dalam bentuk yang paling sederhana, hanya perangkat hub yang terhubung ini langsung ke bus pohon, dan setiap hub ini memiliki fungsi sebagai akar jaringan dalam topologi pohon. 

Mesh

Topologi mesh memperkenalkan konsep rute yang mana tidak sama seperti topologi sebelumnya, yang mana pesan ini dapat dikirim pada jaringan mesh yang mengambil salah satu dari beberapa jalur yang mungkin dari sumber ke tujuan. Biasanya topologi mesh ini digunakan pada jaringan WAN terutama internet.

Perangkat dalam Jaringan Komputer

Adapun beberapa perangkat di dalam jaringan komputer yang dapat membangun sebuah jaringan komputer, berikut ini adalah beberapa jenis-jenis perangkat yang dapat digunakan sebagai jaringan komputer:

Hub dan Switch

Hub dan switch adalah dua perangkat berbeda yang dapat memiliki satu kegunaan yang sama yang mana dapat menghubungkan komputer dalam jaringan yang sama.

Kabel Jaringan

Untuk dapat menghubungkan client dengan server atau perangkat lainnya, yang dapat diperlukan dengan kabel jaringan. 

Setiap kabel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti kabel coaxial, fiber optic, dan twister pair.

Router

Router merupakan perangkat jaringan dalam berperan menghubungkan jaringan kabel LAN dengan jaringan nirkabel WAN dan mengelola lalu lintas data dalam sebuah jaringan.

Network Interface Card (NIC)

NIC atau LAN card ini, yang memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan. Sebagian besar komputer modern biasanya terdapat NIC yang tertanam. 

NIC ini memiliki kecepatan yang bervariasi antara ethernet (10 Mb/s), fast ethernet (100 Mb/s), gigabit ethernet (1000 Mb/s), dan tengig (10000 Mb/s).

Modem

Modem merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet dengan menggunakan penyedia layanan internet atau ISP.

Wireless Card

Wireless Card adalah perangkat yang dapat memancarkan sinyal dan menghubungkan ke perangkat jaringan nirkabel.

Repeater

Repeater adalah jaringan yang memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal jaringan wireless atau nirkabel.

Server

Server berperang sebagai media penyimpanan data dan untuk mengelola jaringan komputer. Biasanya server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan komputer client.

Manfaat Jaringan Komputer

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan jaringan komputer untuk perusahaan dengan bisnis berskala besar.

Jaringan komputer ini memiliki berbagai manfaat yang dapat menguntungkan para penggunanya. Berikut ini ada beberapa manfaat jaringan komputer antara lain:

Proses Komunikasi

Jaringan komputer ini dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi dan saling terhubung tanpa perlu khawatir jarak. Cara berkomunikasi ini bisa berupa pesan teks, gambar, audio, atau video.

Memudahkan Proses Pengiriman Data

Jaringan komputer ini dapat memudahkan orang dalam mengirimkan data lewat jaringan internet atau perangkat lainnya.

Memungkinkan Orang Lain Untuk Mengakses Data

Jaringan komputer dapat memudahkan orang dalam mengakses data yang sebelumnya sudah diizinkan untuk dapat dibagi dan diakses darimanapun dan kapanpun.

Mengurangi Pengeluaran Dana

Jaringan komputer dapat mengurangi pengeluaran biaya misalnya tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak berkas atau menelepon, dan lain sebagainya.

Menjaga Keamanan Data

Jaringan komputer ini memiliki perlindungan sehingga data yang dapat dimiliki bisa terjamin keamanannya.

Network Automation Dalam Sebuah Perusahaan

Network automation atau automasi jaringan mampu mempermudah pekerjaan dan hidup manusia. Apa saja manfaat dan alasan menggunakan automasi jaringan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Apa Itu Automation

Automasi memang penting dalam kehidupan manusia terutama dalam mempermudah pekerjaan. Disamping itu automasi jaringan diciptakan dalam mempermudah dalam pengaturan jaringan serta memiliki beberapa manfaat yang dapat mengurangi biaya pengeluaran, mengurangi tenaga ahli, dan mempercepat pekerjaan.

Automation Adalah

Apa sih itu automation? Otomasi adalah penciptaan dan penerapan teknologi dalam memproduksi dan mengirimkan barang serta jasa yang mengurangi pekerjaan manusia.

Penerapan teknologi, teknik, dan proses otomasi meningkatkan efisiensi, kecepatan, serta keandalan dalam melakukan banyak tugas sekaligus yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. 

Otomasi ini biasanya digunakan pada beberapa bidang antara lain manufaktur, transportasi, utilitas, pertahanan, fasilitas, operasi, dan informasi.

Kenapa Menggunakan Automation

Mengapa menggunakan automation, ada beberapa alasan yang utama dalam menggunakan otomasi antara lain untuk meminimalkan penggunaan tenaga kerja atau menggantikan pengoperasian dalam tugas yang paling kasar atau berulang. 

Misalnya saja pada sebuah perusahaan atau pabrik yang menggunakan otomasi dalam bentuk jalur perakitan robot. Masukan manusia yang diperlukan dalam menentukan proses dan mengawasinya, sedangkan perakitan berbagai komponen yang diserahkan kepada mesin, yang secara otomatis mengubah bahan mentah menjadi barang jadi.

 

Contoh Contoh Automation

Aplikasi yang paling sederhana hingga paling kompleks pasti ada otomatisasi di dalamnya. Contoh paling umum adalah AC atau air conditioning ruangan yang memiliki sistem otomasi yang dapat mengatur suhu ruangan agar sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Ada banyak lagi contoh misalnya boiler, switchboard telepon, sistem GPS, hingga yang paling canggih mobil self-driving.

Home Automation

Menggunakan kombinasi teknologi perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengontrol perangkat yang ada di dalam rumah.

Network Automation

Network Automation ini dapat mengotomasi konfigurasi, pengelolaan, serta pengoperasian jaringan komputer.

Office Automation

Office automation ini melibatkan beberapa komputer dan perangkat lunak untuk menyimpan, mendigitalkan, memproses, berkomunikasi pada sebagian besar tugan dan proses rutin di perusahaan.

Automated Website Testing

Automated website testing ini dapat menyederhanakan dan menstandarisasi parameter pengujian situs website dalm melakukan perubahan konfigurasi yang terjadi selama fase pengembangan.

Data Center Automation

Data center automation ini dapat memungkinkan memungkinkan sebagian besar pengoprasian  pusat data dilakukan hanya dengan program perangkat lunak. Termasuk juga dalam operasi sistem yang otomatis.

Test Automation

Jenis otomasi ini bertujuan dalam penggunaan perangkat lunak dalam melakukan pengujian jaminan kualitas secara otomatis oleh skrip dan alat otomatisasi lainnya.

Penjelasan Network Automation

Network Automation adalah metode dimana perangkat lunak dapat secara otomatis mengonfigurasi, menyediakan, mengelola, serta menguji perangkat jaringan.

Network Automation ini biasanya digunakan perusahaan dan penyedia layanan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi kesalahan manusia dan menurunkan biaya operasi.

Alat otomatisasi jaringan ini mampu mendukung fungsi mulai dari pemetaan jaringan dasar dan penemuan perangkat hingga alur pekerjaan yang lebih kompleks, misalnya dalam manajemen konfigurasu jaringan hingga penyediaan sumber daya jaringan virtual.

Otomaasi jaringan juga dapat memainkan peran kunci dalam jaringan yang dapat dilakukan oleh perangkat lunak, virtualisasi jaringan, memungkinkan penyediaanfugnsi jaringan virtual.

Beberapa Manfaat Dari Network Automation

Adapun beberapa manfaat dalam Network Automation yakni untuk membuat pekerjaan menjadi lebih andal hingga memudahkan hidup manusia. Berikut ini adalah beberapa Network Automation yakni :

Mengurangi Kesalahan Manusia (human error)

Seperti yang dikatakan sebelumnya yakni Network Automation dapat mengurangi kesalahan manusia. Tidak dipungkiri bahwa manusia dapat melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaan. Maka dari itu Network Automation diharapkan dapat mengurangi kesalahan tersebut.

Biaya Operasional

Network Automation dapat mengurangi biaya operasional. Bisnis ini dapat beroperasi dengan kecepatan dan keandalan yang lebih baik dengan menghilangkan tugas manual tertentu yang di sekitar penyediaan perangkat jaringan serta manajemen jaringan. Sehingga Anda dapat mengurangi biaya operasional yang cukup signifikan.

Meningkatkan Efisiensinya

Network Automation dapat meningkatkan efisiensi perangkat jaringan. Singkatnya Anda tidak lagi harus melakukan tugas yang dapat memakan waktu Anda lebih lama. 

Tipe Network Automation

Network Automation dapat dilakukan kesemua jenis jaringan, termasuk jaringan area lokal, WAN, jaringan pusat data, jaringan cloud, dan jaringan nirkabel. 

Singkatknya sumber daya jaringan dapat dikendalikan menggunakan CLI atau API dapat diotomatisasi.

Script-driven Network Automation

Network Automation dapat menggunakan skrip dan bahasa pemrograman untuk menjalankan tugas, yang harusnya menggunakan pemicu yang tepat dan prosedur yang konsisten. Misalnya bahasa pemrograman yang digunakan adalah Perl dan Tcl yang paling sering digunakan.

Untuk jaringan sekarang yang semakin kompleks maka bahasa pemrograman yang open source yang lebih baru seperti Ansible, Python dan Ruby, yang makin banyak digunakan karena bahasanya yang lebih mudah dipahami dan fleksibel. Ada juga bahasa pemrograman lain yang dapat melakukan Network Automation termasuk Bash dan Go.

Software-based Network Automation

Otomaasi jaringan berbasis perangkat lunak, sering disebut dengan Smart Network Automation. Jenis ini dapat menghilangkan kebutuhan untuk menggunaka skrip secara manual. Platform ini biasanya menyediakan template untuk membuat serta menjalankan tugas berdasarkan kebijakan bahasa sederhana. 

Intent-based Network Automation

Jenis Network Automation ini adalah jenis yang terbaru yang mencakup penggunaan kecerdasarn buatan AI dan pembelajaran mesin untuk memahami maksud pengguna dan bisnis serta secara otoamtis mengubah cara kebijakan jaringan yang diterapkan berdasarkan data.

Admin jaringan dapat meningkatkan jaringan secara otomatis menyesuaikan menjadi lebih baik dan meningkatkan kinjerka aplikasi untuk bisnis.

Alasan Utama Menggunakan Network Automation

Adapun beberapa alasan utama menggunakan Network Automation antara lain.

Keuangan

Keuangan adalah hal yang sangat krusial dalam membangun sebuah bisnis. Anda dapat menggunakan otomasi yang dapat mengurangi biaya pengoperasian dengan melacak inventaris perangkat jaringan dan hanya perlu mengeluarkan biaya perawatan perangkat sehingga dapat menghemat keuangan perusahaan secara signifikan.

Topologi Jaringan

Topologi jaringan ini sempat kita bahas sebelumnya yakni tata letak geografis fisik pada suatu jaringan.

Memilih topologi yang sesuai kebutuhan dan tepat adalah hal yang sangat penting untuk mencegah pemadaman jaringan dan perencanaan jaringan.

Penskalaan Proses

Dalam mengelola jaringan ada beberapa banyak proses yang dilakukan secara teratur dalam memiliki jaringan yang berjalan lancar dengan downtime yang minimal.

Namun dengan menggunakan Network Automation, proses ini dapat dilakukan secara teratur sehingga dapat mengurangi resiko kegagalan dalam jaringan yang tidak diduga.

Analisis Jaringan

Analis jaringan merupakan sebauh proses mengambil semua data yang terkait dalam jaringan yang kemudian dikumpulkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi masalah dan potensinya.

Biasanya analisis jaringan mengandalkan Network engineer dengan data yang sudah dikumpulkan. Pekerjaan ini tentu tidak sedikit, ini membatasi apa yang dapat dilakukannya. Untuk mempermudah identifikasi Anda dapat menggunakan Network Automation ketika tidak adanya network engineer.

Kesimpulan

Network Automation di era digital yang semakin maju memang sangat membantu pekerjaan manusia terutama dalam hal jaringan.

Terlebih bagi sebuah perusahaan yang baru mulai menggunakan jaringan yang memiliki banyak cabang. Sehingga dengan Network Automation maka akan dapat menhemat biaya pengeluaran, serta meningkatkan efektifitas operasional jaringan. 

Untuk Anda yang ingin menerapkan Network Automation di perusahaan maka NetData akan siap membantu Anda. Kunjungi website nds.id untuk melihat berbagai teknologi jaringan yang mungkin Anda butuhkan.

Leave a comment

Your email address will not be published.