Dimana Tempat Peletakan Pemancar Wifi yang Strategis? ~ PT. Network Data Sistem

Saat Anda memasang router atau pemancar wifi entah itu di rumah Anda atau di tempat kerja Anda, mungkin pikiran pertama yang Anda pikirkan adalah “dimana tempat peletakan pemancar wifi yang strategis?”. Pasalnya, yang menggunakan wifi tentu saja bukan diri kita sendiri. Ketika diri kita sendiri yang menggunakannya, sudah tentu tidak usah dipikirkan lagi. Tapi jika banyak orang yang menggunakan?

Sekarang adalah waktunya Anda mencari tahu sendiri bagaimana meletakkan pemancari wifi yang tepat dan bisa mengcover semua device yang terhubung.

Namun sebelum itu, tentu saja terdapat pembahasan yang penting dimana Anda harus tahu tentang seluk-beluk dari wifi itu tersebut.

Teknologi Wifi

Teknologi yang satu ini memang terkenal dengan keahliannya dalam membuat jaringan nirkabel atau tanpa kabel. Ya memang, untuk sebagian besar orang yang menggunakan PC masih percaya jika menggunakan kabel lebih efektif, tapi untuk pengguna yang anti ribet atau device yang berjalan seperti laptop atau HP, tentu saja ini adalah teknologi terbaik.

Jelaskan Wifi

Wifi adalah sinyal radio yang dikirim dari perute nirkabel ke perangkat terdekat, yang menerjemahkan sinyal tersebut menjadi data yang dapat Anda lihat dan gunakan. Perangkat mengirimkan sinyal radio kembali ke router, yang terhubung ke internet melalui kabel atau kabel.

Jaringan Wifi hanyalah koneksi internet yang digunakan bersama dengan beberapa perangkat di rumah atau bisnis melalui router nirkabel. Router terhubung langsung ke modem internet Anda dan bertindak sebagai hub untuk menyiarkan sinyal internet ke semua perangkat berkemampuan Wifi Anda. Ini memberi Anda fleksibilitas untuk tetap terhubung ke internet selama Anda berada dalam area jangkauan jaringan Anda.

Fungsi Wifi

“WiFi” hanyalah “nicname” untuk akses Nirkabel ke jaringan. Jika jaringan terhubung ke Internet, atau ke jaringan lain, perangkat juga memiliki akses ke sana. Dalam banyak kasus, terdapat wifi extender terbaik yang digunakan untuk menangkap lebih baik sinyal wifi ke device Anda.

Sebuah “hotspot” hanyalah lokasi fisik dari access point Wifi (atau lainnya) – tempat di mana “perangkat jarak jauh” terhubung ke jaringan secara nirkabel.

Dalam penggunaan umum, jika Anda melihat tanda efek “Wifi tersedia di sini”, itu berarti ada hotspot di dekatnya. Mungkin masih ada di sana, tetapi Anda mungkin tidak dapat menggunakannya. Sebagian besar perangkat berkemampuan WiFi (ponsel pintar, notebook, dll.) dapat memberi tahu Anda apakah akses aman (pribadi) atau tidak aman (publik).

Apa Itu Pemancar Wifi?

Pemancar Wifi menghasilkan gelombang pembawa. Ini adalah gelombang standar yang berdenyut pada frekuensi sistem. Adaptor jaringan nirkabel mengubah data komputer menjadi pulsa elektronik, yang juga memiliki bentuk gelombang. Ini menggabungkan gelombang data dengan gelombang pembawa untuk transportasi.

Sejarah Pemancar Wifi

Sejarah pemancar wifi ini adalah dari ilmuwan terkenal dan tergila, siapa lagi kalau bukan Nikola Tesla.

Di tengah antara Brooklyn dan Montauk, sebuah kubah baja yang ditopang dengan kaki kayu pernah menghadap ke Long Island Sound dan di balik cakrawala. Dibangun pada tahun-tahun pertama abad ke-20, Menara Wardenclyffe berfungsi sebagai pusat laboratorium ilmuwan gila kehidupan nyata. Penarikan tuas, petir, tawa maniak—di sinilah seharusnya hal semacam itu terjadi. Dan itu hampir berhasil.

Nikola Tesla yang misinya menciptakan cara untuk mengirim listrik nirkabel hingga ke London. Berkat pendanaan dari tokoh-tokoh Wall Street seperti JP Morgan, lab itu sendiri bisa menjadi tempat lahirnya masa depan nirkabel kita. Satu-satunya masalah? Kubah dan ambisinya hancur karena beberapa keputusan bisnis yang buruk dan banyak nasib buruk, jauh sebelum Tesla dapat mewujudkan mimpinya.

Sejarah Penggunaan Pemancar Wifi

Komunikasi nirkabel telah menjadi kunci utama masyarakat modern sejak penemuan telegram. Anda hampir dapat mengaitkan teknologi ini dengan Paul Reuter, yang meminta merpati untuk membawa harga saham antara Berlin dan Paris pada pertengahan abad ke-19. (Bagaimanapun, merpati secara teknis nirkabel.) Pada tahun-tahun berikutnya, bagaimanapun, sebuah teknologi baru yang disebut telegrafi nirkabel memasuki tahap baru lahir.

Telegrafi nirkabel juga dikenal sebagai telegrafi radio yang melibatkan transmisi gelombang radio melalui udara dalam pulsa pendek dan panjang. “Titik” dan “garis” ini juga dikenal sebagai Kode Morse. Kemudian diambil oleh penerima dan diterjemahkan ke dalam teks oleh operator penerima. Terus terang, metode komunikasi baru ini memungkinkan manusia untuk berkomunikasi melalui jarak yang sangat jauh dengan relatif mudah.

Kegunaan dari Pemancar Wifi

Sebagai titik inti dimana sinyal wifi ini bisa terpancar dan menghubungkan Anda dengan internet, pelajari terlebih dahulu bagaimana guna dari pemancar wifi dan apa saja fungsinya yang bisa Anda dapatkan.

Fungsi Pemancar Wifi

Fungsi pemancar wifi sendiri terdapat 4 inti, diantaranya adalah:

Sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah protokol manajemen jaringan yang digunakan untuk mengotomatisasi proses konfigurasi perangkat pada jaringan IP, sehingga memungkinkan mereka untuk menggunakan layanan jaringan seperti DNS, NTP, dan protokol komunikasi apa pun berdasarkan UDP atau TCP. Server DHCP secara dinamis memberikan alamat IP dan parameter konfigurasi jaringan lainnya ke setiap perangkat di jaringan sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan jaringan IP lainnya.

Menggantikan Fungsi Hub

Fungsi pemancar wifi selanjutnya adalah untuk menggantikan fungsi dari hub. Ini berguna untuk menghubungkan jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel.

Memberikan Fitur Keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP (Wireless Application Protocol)

Ini merupakan tingkat pengamanan jaringan nirkabel dengan otentifikasi kecocokan kunci yang di berikan client pada access point. Meski WAP yaitu metode keamanan yang diciptakan untuk melengkapi metoda WEP dengan menambahkan decryption.

Mengatur Akses yang Ada di Suatu Perangkat Berdasarkan MAC Address

Sebagai informasi saja, MAC Address ialah identifikasi unik yang dimiliki oleh network card perangkat.

Perangkat Pemancar Wifi

Ketika Anda berpikir perangkat pemancar wifi hanya ada satu jenis saja, Anda salah. Ternyata perangkat ini memiliki banyak jenis yang dimana untuk setiap perangkat memiliki fungsinya masing-masih yang mungkin saja bisa bekerja secara bersamaan.

Wireless Access Point

Sebuah Wireless Access Point (WAP) adalah perangkat jaringan yang memungkinkan perangkat berkemampuan nirkabel untuk terhubung ke jaringan kabel. Lebih sederhana dan lebih mudah untuk menginstal WAP untuk menghubungkan semua komputer atau perangkat di jaringan Anda daripada menggunakan kabel dan kabel.

Wireless Access Point Router

Kebanyakan orang yang memiliki koneksi Internet memiliki router. Router adalah perangkat yang merutekan paket antara jaringan yang berbeda. Sebuah router konsumen khas adalah router nirkabel dan memiliki dua antarmuka jaringan: LAN (termasuk WLAN) dan WAN. Ini berfungsi untuk menghubungkan Local Area Network (LAN) ke Wide Area Network – Internet (WAN). 

Artinya, jika Anda ingin terhubung ke Internet, Anda harus menggunakan router. Router di sisi lain dapat mengelola seluruh rumah atau usaha kecil memberikan kemampuan jaringan ke banyak komputer dan perangkat secara bersamaan, baik kabel atau nirkabel (bila router nirkabel digunakan).

Antena Omnidirectional

Antena omnidirectional menerima sinyal secara merata dari segala arah. Antena directional menarik sinyal lebih baik dari satu arah. Dalam arah ini, mereka dapat mendeteksi sinyal yang lebih lemah atau lebih jauh daripada antena omnidirectional yang setara. Trade-off adalah bahwa mereka melakukan ini dengan mengurangi kemampuan mereka untuk menarik sinyal dari arah lain.

Antena omnidirectional mudah diidentifikasi, karena umumnya berupa kawat vertikal yang serupa dengan yang ada pada Gambar 2.5, atau terdapat dalam wadah vertikal yang disebut radome. Radome adalah penutup yang transparan terhadap gelombang radio. Gambar 2.6 menunjukkan antena omnidirectional 2.4GHz yang terdapat dalam radome plastik. Radome memiliki panjang 7,7 inci dan dipasang pada tiang kira-kira 8 kaki di atas atap.

Antena Sectoral

Antena sectoral adalah jenis antena gelombang mikro terarah dengan pola radiasi berbentuk sektor. Penggunaan terbesar dari antena ini adalah sebagai antena untuk situs stasiun pangkalan ponsel. Mereka juga digunakan untuk jenis komunikasi seluler lainnya, misalnya dalam jaringan Wifi.

Cara Memilih Pemancar Sinyal Wifi

Ketika Anda sudah tahu apa saja jenis dari pemancar sinyal wifi, sekarang saatnya untuk mencari tahu bagaimana cara memilih pemancar wifi yang terbaik yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terdapat enam point penting dimana ini adalah dasar untuk memilih pemancar wifi untuk Anda, diantaranya adalah:

Sesuaikan Kecepatan Standar Wi-Fi dengan Koneksi Router Utama

Ketika Anda memilih penguat sinyal wifi, yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah kecepatan komunikasi antara router utama. Misalnya, kecepatan router utamanya 433 Mbps hingga 867 Mbps atau lebih tinggi lagi. Dengan demikian, Anda harus memilih Wi-Fi repeater dengan kecepatan koneksi pada kisaran angka tersebut.

Pilih Wi-Fi Repeater dengan Koneksi Simultan Dual Band

Koneksi simultan dual band dapat dipilih karena bergunga untuk koneksi wifi yang cepat. Repeater dual band bekerja dengan menangkap sinyal dari router pada satu band dan mengeluarkannya di sisi yang lain.

Pertimbangkan Bentuk Produk dengan Lokasi Pemasangan Anda Terlebih Dahulu

Mungkin ini terdengar remeh, tapi mempertimbangkan bentuk produk dengan lokasi pemasangan sangatlah penting. Pilihlah salah satu antara tipe plug-in atau tipe stasioner.

Tipe Stasioner, Menempatkan Wifi Router di mana Saja Tidak Masalah

Mungkin Anda bisa memilih bentuk pemancar sinyal wifi stationer. Ini karena Anda dapat meletakkan Wi-Fi repeater di meja maupun di atas lemari. Hal ini karena tipe stasioner menggunakan kabel sehingga tidak terpaku dengan letak stopkontak.

Pilih Produk yang Mempunyai Tombol WPS

WPS (Wifi Protected Setup) adalah cara keamanan untuk membatasi mode pada Wifi repeater. Fitur WPS ini bermanfaat untuk melakukan proses pengontrolan Wifi repeater untuk kali pertama dengan lebih mudah.

Periksa Juga Fitur Tambahan yang Terpasang pada Penguat Sinyal Wifi

Perhatikan juga fitur yang lain. Fitur yang penting adalah beamforming function yang berguna untuk jangkauan menjadi lebih jauh dan menjadi lebih kuat. Selain itu ada port kabel LAN yang bisa lebih praktis jika Anda ingin menghubungkannya dengan smart TV atau konsol game.

Bagaimana Cara Kerja Pemancar Wifi

Wifi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data dari perute nirkabel Anda ke perangkat berkemampuan Wifi seperti TV, ponsel cerdas, tablet, dan komputer Anda. Karena mereka berkomunikasi satu sama lain melalui gelombang udara, perangkat dan informasi pribadi Anda dapat menjadi rentan terhadap peretas, serangan siber, dan ancaman lainnya. 

Ini sangat jelas ketika Anda terhubung ke jaringan Wifi publik di tempat-tempat seperti kedai kopi atau bandara. Jika memungkinkan, sebaiknya sambungkan ke jaringan nirkabel yang dilindungi kata sandi atau hotspot pribadi.

Jangkauan Pemancar Wifi

Jaringan Wifi memiliki jangkauan yang dibatasi oleh frekuensi, daya transmisi, jenis antena, lokasi penggunaannya, dan lingkungan. Router nirkabel tipikal dalam pengaturan point-to-multipoint dalam ruangan menggunakan 802.11n dan antena yantg masih asli dari pabrik mungkin memiliki jangkauan 50 meter atau kurang.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakannya?

Wifi extender terbilang merupakan perangkat yang tidak wajib. Ketika pemancar wifi yang sudah Anda pasang memang menjangkau semua device dan sekiranya sinyalnya masih oke perangkat ini tidak wajib. Namun ketika setelah perangkat pemancar wifi dipasang terdapat titik buta, pertimbangkanlah untuk menggunakan wifi extender.

Apa Arti Angka Dalam Nama WiFi Extender?

Terkadang di wifi extender, Anda menemukan angka yang membingungkan, misalnya adalah Netgear N300 vs N600. Sebenarnya apa arti angka-angka ini?

Jawaban simpelnya merupakan angka ini mewakili total bandwidth gabungan yang dapat ditangani oleh extender atau router. Seumpama, Netgear N300 mempunyai bandwidth 300Mbps, dan N600 mempunyai 600Mbps. Dengan demikian, semakin tinggi angkanya, semakin banyak lalu lintas yang dapat ditangani oleh extender.

Temukan Wifi Extender Terbaik di Netdata

Setelah Anda tahu bahwa wifi extender sangat penting untuk jaringan internet yang Anda miliki, sekarang saatnya untuk mencari dimana Anda bisa menemukan wifi extender terbaik dengan banyak penawaran yang menguntungkan.

Anda bisa beli wifi extender terbaik di NetData. Terdapat berbagai macam merk berkualitas yang terdiri dari berbagai tipe yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang pasti, semua merk tersebut adalah merk original dengan harga yang dijamin terjangkau! Semuanya ada garansi dari NetData dan juga produsen. Menguntungkan sekali bukan?

Leave a comment

Your email address will not be published.