Aruba Networks For Education ~ PT. Network Data Sistem

Aruba Networks for education atau Jaringan Aruba untuk pendidikan adalah solusi untuk memberikan sarana prasarana jaringan untuk penggunaan pembelajaran secara daring.

Aruba sendiri bergerak dibidang jaringan serta perangkat jaringan yang memang berfokus dalam memberikan solusi diberbagai lini kehidupan manusia termasuk juga pendidikan. Nah pada saat ini kita akan lebih fokus dalam membahas Aruba Network for Network, mari kita simak lebih dalam di penjelasan berikut ini.

Apa itu Network    

Untuk membahas lebih dalam Aruba Network for education, kita perlu mengetahui konsep Network itu sendiri.

Ya Network atau Network adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung untuk berbagi sumber daya dan juga data.

Network adalah jareingan dari sistem komunikasi data yang memiliki peran untuk jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu sistem.

Misalnya dalam jaringan komputer satu dengan yang lain mampu berbagi data sehingga dapat mencetak dokumen ke printer yang ada dalam satu jaringan walaupun berlainan area. Network menyediakan layanan yang berguna untuk mengintegrasikan sistem informasi dan menyalurkan arus data dari area satu ke area lainnya.

Tujuan Network

Tujuan Network yang sesuai kebutuhan adalah sebagai berikut:

  • Network menawarkan efisiensi yang memungkinkan untuk memakai printer tunggal walaupun banyak komputer yang terhubung ke printer tersebut. Dengan lisensi perangkat lunak dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand alone yang terpisah. Dan juga dapat menghemat CPU, RAM, dan hardisk.
  • Network dapat membantu kita dalam mendapatkan informasi yang selalu baru atau up to date. Serta Network mampu berbagi penyimpanan data dari pengguna dengan lokasi yang berbeda.
  • Network dapat membantu mempercepat proses pembagian data atau data sharing. Transfer data pada jaringan tentu lebih cepat dibandingkan dengan pembagian data bukan didalam jaringan.
  • Network memungkinan komunikasi kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik akan membantu tim bekerja lebih efektif dan lebih produktif.
  • Network membantu usaha dalam melayani klien agar lebih efisien. Dalam mengakses data jarak jauh yang terpusat memungkinkan karyawan mampu melayani klien di lapangan sehingga dapat berkomunikasi dengan suplier.

Jenis-Jenis Network

Beralih ke jenis Network yang ada saat ini yang mana para ahli membedakannya menjadi beberapa kategori seperti:

  • Berdasarkan luas area (ukuran)
  • Berdasarkan jenis media penghantar
  • Berdasarkan pola operasi

Seperti apa penjelasan lengkapnya? Mari kita simak berikut ini:

Berdasarkan Luas Area

Untuk jenis kategori Network yang pertama dibedakan menurut luas area berikut ini:

LAN

Local area Network atau LAN merupakan jenis jaringan komputer yang terbuat dari area yang tertutup misalnya dalam satu gedung atau ruangan. Lan biasanya memiliki ruang lingkup yang jaringannya kecil serta membagi data secara bersama seperti printer ataupun media penyimpanan data.

MAN

Metropolitan area Network adalah metode yang sama dengan LAN, namun area lingkupnya yang lebih luas.

WAN

Wide area Network memiliki area cakupan Network yang meliputi satu negara ataupun benua.

Internet

Internet adalah koneksi jaringan komputer yang mencakup wilayah diseluruh dunia. Cakupan internet ini menggunakan protokol komunikasi yang khas yakni IP atau internet protocol.

VPN

VPN adalah solusi koneksi internet yang lebih aman. VPN mampu membuatkan jalur yang aman untuk transmisi data.

Berdasarkan Media Penghantar

Berdasarkan jenis media penghantar ada dua jenis yakni:

Wire Network

Wire Network ini adalah Network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang memiliki Network biasanya terbuat dari bahan tembaga yang mana jenis kabel lainnya menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

Wireless Network

Wireless Network menggunakan gelombang radio atau cahaya sebagai media penghantar. Oleh karena itu pengguna dapat dengan mudah mengakses Network tanpa harus memasang kabel di komputernya.

Berdasarkan Pola Operasi

Network berdasarkan pola operasi yang juga dibagi menjadi dua jenis diantaranya meliputi:

Client Server

Client server merupakan jenis Network yang memiliki satu atrau lebih komputer untuk melayani perangkat jaringan lain contohnya komputer, laptop, dan smartphone. Server adalah komputer yang melayani client. Contoh server yakni web server, fire server, dan lain sebagainya.

Peer to peer

Peer to peer merupakan Network atau jaringan yang setiap komputer saling melayani satu sama lain. Peer to peer banyak di implementasikan pada jaringan lokal LAN dan jenis jaringan lain yang cakupan lainnya yang lebih besar.

Perangkat Network

Dari sekian banyak bahasan untuk menuju ke bahasan utama yakni Aruba Network for education kita tentu akan membutuhkan perangkat Network yang dapat Anda jumpai di setiap jaringan yang ada sebagai berikut.

Server

Server merupakan salah satu jenis perangkat atau media yang memiliki penyimpanan informasi serta mengelola jaringan komputer. Server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client, tujuan dari dibuatnya server dirancang untuk melayani komputer client.

NIC (Network Interface Card)

NIC atau LAN Card Expansion Board yang digunakan supaya komputer dapat terhubung ke jaringan. Ethernet saat ini dibagi menjadi empat jenis yakni ethernet 10 Mbps, fast ethernet 100 Mbps, gigabit ethernet 1000 Mbps dan Tengig 10000 Mbps.

Kabel jaringan

Kabel adalah alat yang paling penting dalam sebuah jaringan yang mana perannya untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain. Jenis kabel untuk Network sendiri ada banyak meliputi kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

Hub dan Switch

Switch adalah salah satu perangkat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi satu jaringan. Mungkin sekilas switch ini mirip dengan hub yang mana secara logika switch ini mirip dengan bridge.

Switch ini memiliki dua jenis yakni unmanaged switch yang merupakan tipe termurah. Dan managed switch yang merupakan tipe termahalnya.

Router

Router merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk menghubungkan jaringan LAN ke dalam jaringan WAN dan memiliki fungsi untuk mengelola lalu lintas data. Dimana router ini mampu memilihkan jalur yang terbaik karena memiliki tabel routing yang melakukan pencatatan terhadap semua alamat dalam jaringan.

Bridge

Bridge adalah perangkat yang berperan untuk meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan beradasarkan informasi pada sebuah data link. Bridge juga memiliki fungsi untuk membagi jaringan besar menjadi jaringan kecil.

Modem

Modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer, dengan penyedia layanan internet atau disebut dengan ISP atau internet service provider.

Repeater

Repeater merupakan jenis perangkat yang berperan untuk memperkuat dan memperluas jaringan dan sinyal WiFi.

Wireless Card

Wireless card sendiri merupakan perangkat yang wajib digunakan untuk menghubungkan perangkat melalui jaringan nirkabel atau WiFi.

Rata-rata komputer PC biasanya menambahkan wireless card sendiri untuk dapat menghubungkan komputernya ke router terdekat.

Aruba Network

Aruba Network melihat peluang di Indonesia yang membutuhkan layanan internet sehingga menawarkan sebuah solusi kepada setiap perusahaan di Indonesia.

Aruba Network ini mampu menawarkan solusi wireless yang inovatif ke pasar Indonesia yang mana memberikan solusi wireless yang diharapkan untuk memberikan bantuan ke pada setiap aktivitas bisnis maupun pendidikan yang lebih efisien.

Maka dari itu Aruba Network for education ini sangat cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan bantuan untuk membangun jaringan untuk fasilitas sarana pendidikan di Indonesia.

Aruba adalah

Aruba sendiri adalah anak perusahaan jaringan nirkabel dari Hewlett Packard Enterprise yang berbasis di Santa Clara, California.  Adapun  Aruba di Indonesia memiliki solusi jaringan yang lengkap seperti untuk Aruba Network for education seperti:

  • Access Point
  • Remote Access Point
  • Switching
  • Gateway & Controller
  • Network Management
  • SD-WAN
  • Analytic & Assurance
  • Security Solution
  • Network Access Control
  • VPN

Sekarang ini merupakan jaringan ini semakin maju yang mana zaman membuat berbagai poerusahaan untuk saling berlomba untuk membuat inovasi baru yang memancing calon pelanggan. 

Ada satu perusahaan jaringan yang sudah berpenglaaman dalam bidang jaringan yang dipercaya oleh banyak perusahaan serta pemerintahan, apalagi jika bukan Aruba Indonesia Network.

Sejarah Aruba

Aruba Network awalnya dikenal sebagai Aruba wireless networks yang mana merupakan anak perusahaan perusahaan jaringan nirkabel Hewlett Packard Enterprise yang berbasis di Santa Clara, California. Tepatnya di Sunnyvale yang California yang tahun 2002 oleh keerti Melkote dan Pankaj Manglik.

HP mengakuisisi Aruba Networks pada tanggal 2 Maret 2015 dengan harga 3 miliar dollar Amerika.

Di tanggal 19 Mei 2015 HP menyelesaikan akuisisinya kemudian di tanggal 1 November 2015 Aruba menjadi anak perusahaan Hewlett Packard Enterprise.

Produk Aruba Indonesia

Aruba Network adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi jaringan, yang mana produksinya khusus dibidang produk jaringan seperti router, access point, switch, serta perangkat jaringan lainnya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan produk Aruba Network.

  • Bidang Network: terdiri dari produk access point, ethernet switch, WLC atau wireless LAN control dan produk SD-WAN.
  • Manajemen jaringan: menyediakan server berbasis cloud, platform manajemen AirWave, mengaktifkan pengelolaan dan penyediaan inventaris aset.
  • Keamanan jaringan: terdapat manajemen kebijakan ClearPass untuk kontrol lalu lintas jaringan, IntroSpect for User & Entity Behavior Analytics (UEBA).
  • Analitik dan jaminan layanan: NetInsight, sensor jaminan layanan.
  • Layanan berbasis lokasi: Aruba Beacons, Tag Aruba, mesin layanan lokasi meridian.

Aruba Networks For Education

Setelah akuisisi oleh HPE di tahun 2015 lalu Aruba sudah ada siposisi leader Gartner report yang memperkenalkan solusi wireless yang inovatif.

Solusi ditawarkan ini dapat membantu bisnis berbagai skala, yang mana dapat small to medium enterprise, jaringan bisnis nasional hingga internasional yang mana membuat jaringan kabel dan wireless supaya lebih optimal kinerjanya.

AGIT ini salah satu partner dari HPE Aruba menawarkan solusi Aruba yang dapat diimplementasikan ke dalam sistem bisnis Anda antara lain wireless Network AP ataupun IAP, Clearpass sebagai Network access control, dan wired Network atau switching.

Wired Network

Wired Network di Aruba memiliki solusi yang sangat baik mulai dari data center, kampus, serta brand switching dari perusahaan kecil ke perusahaan besar. 

Memilih Aruba adalah pilihan yang tepat karena Aruba menyediakan berbagai solusi switch sesuai kebutuhan Anda dari managed switch dan unmanaged switch, hingga switch layer 2 hingga layer 3.

Serta Aruba menawarkan layanan wired Network purna jual seumur hidup atau garansi jaminan seumur hidup utnuk produk yang Anda beli.

Wireless Network

Teknologi wireless Aruba menawarkan fleksibilitas dengan 3 implementasi yakni:

Controller-based

Controller-based, dimana semua manajemen access point terpusat didalam satu wireless controller, agar semua jaringan wireless yang tersedia dapat terintegrasi dan gampang didalam melakukan monitoring.

Controllerless (Instant Access Point)

Controllerless (Instant Access Point) di mana Access Point bisa menjadi semi controller untuk me-manage beberapa AP dan clustering di dalam lingkup yang kecil.

Penggunaan Aruba Network Interface untuk Education

Aruba Central, yang didesain untuk memudahkan deployment, manajemen dan optimalisasi Wireless, LAN, VPN dan SD-WAN dalam skala besar yang dipusatkan ke dalam environment Cloud Aruba.

ClearPass

Salah satu produk Network access control yang menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin mempermudah dan membatasi akses jaringan LAN terutama untuk perusahaan yang memiliki karyawan yang cukup banyak

Apa itu ClearPass

ClearPass Aruba merupakan solusi access control yang dapat membatasi dan mengatur siapa dan perangkat yang dapat mengakses jaringan LAN perusahaan Anda, mulai dari karyawan dan tamu yang datang dari perusahaan Anda.

Clearpass dibutuhkan untuk menjaga keamanan jaringan perusahaan Anda secara menyeluruh dari serangan atau gangguan untuk mempengaruhi jaringan kantor Anda baik dari dalam ataupun luar.

Penggunaan Clearpass untuk education

Clearpass Anda memungkinkan memodifikasi halaman akses login, verifikasi data, mengatur akses apa saja yang dibuka oleh visitor termasuk lamanya pengunjung tersebut login, hingga mengatur masuk dengan menggunakan akun sosial media.

Clearpass tersedia dalam bentuk hardware dan VMware yang memudahkan Anda dalat memilih solusi clearpass yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang memiliki perangkat LAN atau WLAN.

EMM

Bisnis modern tentu akan membutuhkan mobilitas yang tinggi terutama dalam bidang IT. Termasuk dalam teknologi perangkat seluler yang berkembang.

BYOD dapat menuntut dukungan untuk berbagai platform OS, aplikasi, dan model perangkat semakin hari semaekin berkembang. Di saat yang sama jaringan sensor dan perangkat yang terhubung harus dapat melakukan :

  • Berkomunikasi dengan jaringan perusahaan  
  • Terlibat dengan mesin
  • Berfungsi sebagai layanan baru dan saluran pemasaran kepada konsumen
  • Semua titik kontak ini memungkinkan inovasi yang cepat, peluang bisnis baru, dan aliran pendapatan baru—tetapi juga memerlukan manajemen.

Aruba Central

Aruba central merupakan solusi yang dirancang untuk memudahkan peluncuran, manajemen, dan optimalisasi wireless, LAN, VPN, dan SD-WAN dalam skala besar yang dapat dipusatkan ke dalam lingkungan cloud Aruba.

EMM adalah

Enterprise Mobility Management EMM adalah kumpulan kebijakan, praktis, dan solusi teknologi yang memungkinkan perusahaan dalam mengontrol dan mengelola perangkat seluler untuk penggunaan perusahaan.

Perangkat yang menerapkan karyawannya untuk BYOD atau bring your own device yang digunakan utnuka mengakses informasi bisnis yang sensitif.

EMM dapat menghadirkan kemampuan manajemen yang memudahkan Anda untuk mengontrol cara pengguna seluler, perangkat, dan aplikasi berinteraksi dengan jaringan perusahaan.

Tujuan mengimplementasikan EMM adalah untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara karyawan yang bekerja secara mobile yang lebih produktif dan keamanan yang terjamin.

Fitur EMM

EMM memiliki berbagai fitur yang sangat beragam antara lain:

  • Manajemen aplikasi mengontrol aplikasi mana yang boleh di unduh perangkat serta mampu mengakses jeringan perusahaan untuk berinteraksi yang dapat memberikan akses serta informasi.
  • Manajemen Konten mengatur kebijakan perusahaan untuk menerapkan data mana saja yang disimpan di dalam perangkat, sehingga dapat memudahkan jejak audit untuk aktivitas seputar informasi bisnis yang lebih sensitif. 
  • Manajemen Jaringan dapat mengatur akses jaringan, batasan transfer data, geofencing, dan koneksi virtual private Network VPN lain untuk perangkat terdaftar yang terhubung dengan jaringan lewat remote atau jarak jauh. Perangkat dapat konfigurasi dari jarak jauh ke pengaturan jaringan yang benar. 
  • Manajemen layanan mampu mengelola layanan secara mandiir dan pembaruan aplikasi secara otomatis, konfigurasi, pengaturan, serta permintaan layanan IT yang dapat dikontrol oleh admin IT.
  • Manajemen titik akhir terpadu mampu mengelola sekaligus mengamankan semua titik akhir dari platfor terpadu. Platform EMM terpusat dapat digunakan untuk mengelola perangkat baik itu PC, laptop, smartphone, IoT, stasiun kerja seluler.
  • Analisis dan Intelijen menangkap informasi detail berkenaan perangkat, aplikasi, konten, dan aktivitas jaringan, merubah informasi selanjutnya menjadi laporan intuitif dan kecerdasan berkenaan produktivitas dan kinerja tenaga kerja seluler.
  • Manajemen Siklus Hidup Perangkat dan Aplikasi tawarkan fitur manajemen siklus hidup titik akhir, terasa dari orientasi perangkat dan penyediaan sarana hingga penonaktifan dan tindakan keamanan jarak jauh seperti penghapusan data.
  • Keamanan Data dan Manajemen Akses menerapkan lapisan keamanan tambahan untuk mengamankan informasi, terhitung enkripsi, perlindungan kata sandi, dan patching. Fitur ini menolong mengontrol cara perangkat dan aplikasi terhubung jaringan perusahaan dan information peka yang disimpan di perangkat.

Penggunaan EMM untuk edukasi

Pada konteks penggunaan EMM untuk edukasi yakni menjadikan panduan keamanan data dan mobilitas di bidang pendidikan yang dapat mengatur kebijakan EMM yang lebih efektif.

  • Penerapan prinsip hak akses yang paling sedikit, setiap siswa ataupun mahasiswa hanya dapat mengakses data minimum yang dapat diperlukan untuk melakukan kegiatan mereka.
  • Menerapkan enkripsi pada perangkat, aplikasi, serta data yang bergerak maupun diam. 
  • Siap untuk menggunakan teknologi 5G, menawarkan mobilitas data yang lebih efektif dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja.
  • Menetapkan kebijakan keamanan data apabila ada perangkat yang hilang, serangan Man-in-the-Middle (MITM), perangkat yang di-jailbreak, malware, dan potensi kerentanan.
  • Memperhitungkan elemen sumber daya manusia, tentu ada saja orang yang ingin melakukan hal yang jahat, yang mana siswa tidak merasa curiga dimana mereka dapat mengakses informasi data pada perangkat BYOD mereka.
  • Kontrol tata kelola yang di otomatisasi, dan manajemen layanan di berbagai platform, bentuk, maupun teknologi IoT.
  • Rancang kontrol manajemen yang berpusat pada pengguna untuk menjadikan mobilitas sekolah ataupun kampus sebagai pengalaman yang baik bagi siswa.

Kesimpulan

Dari bahasan Netdata tentang Aruba Networks For Education diatas kita dapat menyimpulkan bahwa solusi jaringan komunikasi untuk pendidikan adalah hal yang sangat penting.

Maka dari itu Aruba memberikan solusi bagi pemerintah Indonesia untuk merancang jaringan yang terbaik untuk bidang pendidikan yang lebih baik.

Aruba Network bekerja sama dengan nds.id untuk membantu pendidikan Indonesia dalam menerapkan jaringan komputer untuk bidang pendidikan yang lebih baik mulai dari pengadaan perangkat jaringan yang lengkap, hingga jaringan seluler yang baik sehingga meningkatkan mobilitas pelaku pendidikan yang lebih baik.

Leave a comment

Your email address will not be published.