Aruba Enterprise Switching Campus Edition! ~ PT. Network Data Sistem

Kebutuhan jaringan internet pada kampus memang sangat penting. Dengan jaringan sebesar itu, tentunya harus tahu bagaimana Anda bisa memilih mana hardware dan software terbaik yang sangat memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan jaringan pada kampus. Salah satu yang bisa Anda andalkan dan bisa Anda dapatkan adalah Aruba Enterprise Switching Campus Edition. Solusi yang sangat tepat untuk campus core dan juga center switches.

Penuhi kebutuhan inti kampus dan kebutuhan jaringan pusat data Anda yang terus berkembang. Sederhanakan operasi dengan otomatisasi cerdas, analitik terdistribusi, dan infrastruktur yang selalu aktif. Dengan switch dari Aruba.

Penjelasan Aruba

Aruba menyediakan solusi kabel dan nirkabel terjangkau yang aman dan andal bagi usaha kecil bahkan untuk kelas jaringan untuk kampus yang sangat besar. Aruba networks dapat didukung oleh sumber daya IT yang terbatas dan mudah diatur dan dikelola.

Aruba Adalah

Aruba, sebuah perusahaan Hewlett Packard Enterprise, adalah penyedia terkemuka solusi akses jaringan generasi berikutnya untuk perusahaan seluler. Aruba Networks, Inc. menyediakan layanan akses jaringan seluler. Perusahaan mengembangkan sistem operasi untuk infrastruktur jaringan kabel dan nirkabel, menyediakan layanan akses jarak jauh, dan menawarkan solusi keamanan data. Aruba Networks melayani klien di seluruh dunia.

Salah satu keunggulan dari Aruba adalah berupa ESP. Aruba ESP adalah satu-satunya arsitektur yang memungkinkan organisasi untuk menerapkan arsitektur jaringan ujung ke ujung yang terdiri dari WLAN, switching, SD-WAN, AIOps, semuanya dengan keamanan bawaan sejak awal.

Sejarah Aruba

Aruba Network berdiri sejak tahun 2002. Ini adalah perusahaan yang bertindak sebagai penyedia layanan akses jaringan yang dirancang untuk mendefinisikan kembali keunggulan cerdas dengan mobilitas dan sistem IoT untuk organisasi. 

Layanan akses jaringan perusahaan mencakup manajemen akses, infrastruktur jaringan, dan layanan aplikasi mobilitas, memungkinkan organisasi untuk melayani pengguna mereka yang mengandalkan aplikasi bisnis berbasis cloud untuk setiap aspek pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka dan untuk memanfaatkan kekuatan wawasan untuk mengubah proses bisnis.

Dengan Aruba, hak akses ditautkan ke identitas pengguna. Itu berarti tenaga kerja perusahaan Anda memiliki akses yang konsisten dan aman ke sumber daya jaringan berdasarkan siapa mereka di mana pun mereka berada, perangkat apa yang mereka gunakan, atau bagaimana mereka terhubung.

Produk Aruba Indonesia

Aruba memiliki berbagai produk jaringan yang sangat beragam. Mulai dari Mobility Controllers, Aruba Instant yang digunakan untuk manage in the cloud, Mobility Access Switches, Wireless Mesh Routers, Remote Access Points, VPN Clients, AirWave, Aruba Central, ClearPass, dan juga Meridian Apps.

Namun, yang menjadi produk unggulan dari Aruba adalah Switch Aruba yang dijamin bisa membuat kebutuhan switch Anda terpenuhi dengan baik.

Produk Unggulan Switch Aruba Indonesia

Mobility Access Switches adalah produk kelas baru yang menghadirkan akses kontekstual ke jaringan kabel. Dirancang untuk lemari kabel dan kantor cabang, Mobility Access Switches memberikan akses aman kepada pengguna, terlepas dari lokasi, metode akses, perangkat, atau aplikasi mereka.

Aruba Switch 1820

Perangkat HPE OfficeConnect 1820 Switch Series adalah switch Gigabit Ethernet Layer 2 dengan konfigurasi tetap yang dasar, terkelola dengan cerdas, yang dirancang untuk bisnis kecil yang mencari fitur utama dalam solusi yang mudah dikelola.

Seri ini merupakan bagian dari portofolio OfficeConnect dari produk jaringan bisnis kecil Hewlett Packard Enterprise.

Aruba Indonesia Switch 1920

HPE OfficeConnect 1920S Switch Series terdiri dari switch Gigabit dengan konfigurasi tetap terkelola cerdas yang dirancang untuk bisnis kecil dalam solusi yang mudah dikelola.

Seri ini terdiri dari tujuh switch termasuk switch Gigabit Ethernet 8- 24- dan 48-port dan model PoE+ 8-, 24- dan 48-port yang setengahnya mampu POE+. Tersedia model PoE+ 24 port tambahan yang menyediakan PoE+ di semua 24 port.

Aruba Indonesia Switch 2930

Aruba 2930 Switch Series dirancang untuk pelanggan yang menciptakan tempat kerja digital cerdas yang dioptimalkan untuk pengguna seluler dengan pendekatan kabel dan nirkabel terintegrasi.

Switch jaringan Layer 3 yang nyaman ini mencakup uplink bawaan dan daya PoE dan mudah digunakan dan dikelola dengan alat keamanan dan manajemen jaringan canggih seperti Aruba ClearPass Policy Manager, Aruba AirWave, dan Aruba Central berbasis cloud.

Aruba Switch 2540

Seri switch Layer 2 ini menyediakan akses Ethernet yang andal, aman, dan sederhana untuk perusahaan, usaha kecil dan menengah, dan jaringan kantor cabang.

Dirancang untuk tempat kerja digital, Aruba 2540 Switch Series dioptimalkan untuk pengguna seluler. Dengan alat keamanan dan manajemen jaringan tingkat lanjut, switch akses Layer 2 ini mudah digunakan dan dikelola.

Preparing Switches

Setelah Anda sudah tahu mana sekiranya switch yang cocok dengan apa yang Anda butuhkan, sekarang adalah bagaimana Anda untuk menyiapkan untuk memasangnya dan bisa menggunakannya. Caranya cukup mudah, Anda bisa mempelajari step by stepnya dibawah ini.

Switch Installation

Langkah pertama untuk menggunakan switch adalah menginstallnya. Instalasi ini bisa Anda lakukan dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Step 1 Pemasangan Rak

Pemasangan di rak selain 19 inci memerlukan kit braket yang tidak disertakan dengan switch.

Gambar ini menunjukkan braket standar 19 inci dan braket pemasangan opsional lainnya. Anda dapat memesan braket opsional.

Step 2 Memasang Braket Rack-Mount

Gunakan dua sekrup untuk memasang sisi panjang braket ke setiap sisi switch. 

  • Langkah 1: Gunakan empat sekrup yang disertakan untuk memasang braket ke rak.
  • Langkah 2: Gunakan sekrup hitam untuk memasang pemandu kabel ke braket kiri atau kanan.
Step 3 Pemasangan di Dinding

Jika Anda ingin memasangnya di dinding, berikut ini adalah cara yang bisa Anda terapkan:

  • Langkah 1: Pasang braket 19 inci ke satu sisi switch.
  • Langkah 2: Ikuti langkah yang sama untuk memasang braket kedua ke sisi yang berlawanan.
Step 4 Memasang Penutup Konektor RPS

Jika Anda tidak menggunakan RPS dengan switch Anda, gunakan dua sekrup pan-head untuk memasang penutup konektor RPS ke bagian belakang switch.

Step 5 Memasang Swtich di Meja atau Rak

Langkah 1: Untuk memasang switch di atas meja atau rak, temukan strip perekat dengan kaki karet di kit pemasangan envelope.

Langkah 2: Pasang keempat kaki karet ke empat goresan melingkar di bagian bawah sasis.

Langkah 3: Letakkan switch di atas meja atau rak di dekat sumber listrik AC.

Setelah semua terinstall, lakukan perhatikan dibawah ini:

  • Konfigurasikan switch dengan menjalankan Express Setup untuk masuk ke konfigurasi switch awal. 
  • Gunakan program pengaturan Aruba Switch untuk memasukkan konfigurasi switch awal.
  • Hubungkan ke port tumpukan.
  • Pasang penahan kabel listrik (opsional).
  • Hubungkan ke port panel depan.

Physical Cabling

Perhatian: Port intrabuilding dari peralatan atau subassembly cocok untuk koneksi ke intrabuilding atau kabel atau kabel yang tidak terpapar saja. Port intrabuilding dari peralatan atau sub-rakitan tidak boleh terhubung secara logam ke antarmuka yang terhubung ke Instalasi Luar (OSP) atau kabelnya. 

Antarmuka ini dirancang untuk digunakan sebagai antarmuka intrabangunan saja (port Tipe 2 atau Tipe 4 seperti yang dijelaskan dalam GR-1089-CORE, Edisi 4) dan memerlukan isolasi dari kabel OSP yang terbuka. Penambahan Pelindung Utama bukanlah perlindungan yang cukup untuk menghubungkan antarmuka ini secara logam ke kabel OSP.

Saat menjalankan kabel daya dan kabel data bersama-sama di baki kabel di atas atau di baki kabel di bawah lantai, perhatikan peringatan berikut:

Perhatian: Sangat disarankan agar pengkabelan listrik berjalan dan sumber kebisingan potensial lainnya ditempatkan sejauh mungkin dari pemasangan kabel LAN yang berakhir pada peralatan Aruba. Dalam situasi, di mana jenis kabel paralel panjang ini ada yang tidak dapat dipisahkan oleh setidaknya 3,3 kaki (1 meter), lindungilah sumber kebisingan potensial ini. Untuk menghindari interferensi, sumber harus dilindungi dengan menempatkannya dalam saluran logam yang diarde.

Network Management

Manajemen jaringan atau network management adalah jumlah total aplikasi, alat, dan proses yang digunakan untuk menyediakan, mengoperasikan, memelihara, mengelola, dan mengamankan infrastruktur jaringan. Peran menyeluruh dari manajemen jaringan adalah memastikan sumber daya jaringan tersedia bagi pengguna secara efisien, efektif, dan cepat.

Dengan adanya network management, tentunya jaringan yang Anda miliki memiliki cara kerja yang lebih terstruktur dan juga tidak terjadi banyak kendala.

Pentingnya Network Management

Network management memiliki peranan yang sangat penting ketika Anda memiliki jaringan. Baik itu jaringan yang kecil pun harus diatus network managementnya agar bisa berjalan dengan lancar.

Tujuan utama dari manajemen jaringan adalah untuk memastikan infrastruktur jaringan Anda berjalan secara efisien dan lancar. Dengan demikian, itu mencapai tujuan berikut.

  • Meminimalkan Gangguan Jaringan yang Mahal
  • Peningkatan Produktivitas
  • Peningkatan Keamanan Jaringan
  • Tampilan Holistik dari Kinerja Jaringan

Komponen Network Management

Definisi network management seringkali luas, karena network management melibatkan beberapa komponen yang berbeda.

Network Device

Ini adalah perangkat yang menghubungkan client dan server (dan terkadang jaringan lain) ke saluran disebut perangkat antarmuka. Contoh umum adalah modem dan kartu antarmuka jaringan.

Management Agent

Untuk dikelola, elemen jaringan harus menawarkan antarmuka manajemen di mana sistem pengelolaan dapat berkomunikasi dengan elemen jaringan untuk tujuan manajemen. Misalnya, interface manajemen memungkinkan sistem pengelolaan mengirim permintaan ke elemen jaringan.

Management System

Network Mangement System (NMS) adalah aplikasi atau kumpulan aplikasi yang memungkinkan administrator jaringan mengelola komponen independen jaringan di dalam kerangka kerja manajemen jaringan yang lebih besar. NMS dapat digunakan untuk memantau komponen perangkat lunak dan perangkat keras dalam jaringan.

Management Support Organization

Ini adalah komponen dimana seperti pusat operasi bank, melakukan tugas-tugas rutin yang melintasi operasi dan administrasi masing-masing cabangnya.

Web GUI

Berbicara tentang network management tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya Web GUI. Web GUI adalah aplikasi berbasis web yang memproses peristiwa jaringan dari satu atau lebih sumber data dan menyajikan data peristiwa kepada pengguna dalam berbagai format grafis di browser web. Data tertentu juga dapat ditampilkan pada perangkat seluler yang didukung.

Mungkin Anda masih awam dengan yang namanya web GUI ini, tapi ketika berbicara tentang GUI mungkin Anda sudah pernah mendengarnya atau setidaknya tidak asing dengan istilah tersebut.

Web GUI menggunakan arsitektur client-server. Server GUI Web berjalan di dalam Tivoli Integrated Portal. Client terhubung ke Portal Terintegrasi Tivoli untuk mengakses Web GUI. Web GUI dapat dikonfigurasi untuk integrasi dengan produk Tivoli lainnya.

Apa Itu Graphical User Interface?

GUI atau Graphical User Interface merupakan antarmuka di mana pengguna berinteraksi dengan perangkat elektronik seperti komputer dan smartphone melalui penggunaan ikon, menu, dan indikator atau representasi visual lainnya.

Pengaplikasiannya sudah sangat banyak. Aplikasi perangkat lunak menggunakan ini dan menambahkan GUI tambahan mereka sendiri, misalnya Microsoft Word dan Excel, atau Adobe Photoshop. Semua browser internet, seperti Chrome, Internet Explorer, dan Firefox menggunakan GUI mereka sendiri untuk memungkinkan pengguna menavigasi melalui situs web yang mungkin juga memiliki GUI mereka sendiri (seperti situs Facebook, Instagram, atau WordPress).

Cara Kerja GUI

Sebagai contoh untuk menjelaskan bagaimana GUI bekerja, contohnya adalah pada sistem operasi Windows. GUI menggunakan windows, ikon, dan menu untuk menjalankan perintah, seperti membuka, menghapus, dan memindahkan file. Meskipun sistem operasi GUI terutama dinavigasi menggunakan mouse, keyboard juga dapat digunakan melalui pintasan keyboard atau tombol panah.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membuka program pada sistem GUI, Anda akan memindahkan penunjuk tetikus ke ikon program dan klik dua kali. Dengan interface baris perintah, Anda perlu mengetahui perintah untuk menavigasi ke direktori yang berisi program, membuat daftar file, dan kemudian menjalankan file.

Aruba Networks Airwave

Salah satu bagaimana Anda bisa melakukan network management pada campus adalah dengan menggunakan Aruba Networks Airwave. Aruba AirWave adalah sistem manajemen jaringan kabel dan nirkabel multi-vendor yang serbaguna. AirWave adalah solusi manajemen jaringan terkemuka yang menyederhanakan operasi sehari-hari untuk lingkungan kampus skala besar.

Jika Anda mencari skala tak terbatas, AIOps, dan banyak lagi, pertimbangkan untuk pindah ke Aruba Central: solusi jaringan yang dikelola cloud.

Aruba Central

Aruba Central merupakan komponen kedua untuk network management yang digunakan pada jaringan kampus. Ini merupakan versi selanjutnya dari Aruba Networks Airwave. Ini adalah solusi jaringan cloud yang kuat dengan wawasan yang didukung AI, otomatisasi alur kerja, dan keamanan tangguh yang memungkinkan IT dalam pengelolaan dan pengoptimalan jaringan kampus, cabang, jarak jauh, pusat data, dan IoT dari satu dasbor.

Aruba Simple and Fast Network Deployment

Paling baru dan paling bisa diandalkan karena simple dan juga network development yang cepat adalah dengan menggunakan Aruba Instant On. Aruba Instant On adalah rangkaian access point (AP) dan switch dengan teknologi terbaru yang dirancang untuk mengatasi saat ini dan masa depan kebutuhan usaha kecil.

Temukan Aruba Enterprise Switching Campus Edition dengan kualitas terbaik hana di Netdata.

Leave a comment

Your email address will not be published.